Beranda Kesehatan Herbal Khasiat Lemon Campur Lada dan Garam, Sembuhkan Berbagai Penyakit

Khasiat Lemon Campur Lada dan Garam, Sembuhkan Berbagai Penyakit

Khasiat lemon campur lada
Garam, bubuk lada dan lemon

Saat ini, banyak orang sudah mulai beralih ke pengobatan alamiah guna menyembuhkan penyakit-penyakit yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari. Selain murah dan minim efek samping, bahan-bahan obat rumahan juga relatif mudah ditemukan.

Bahkan ahli kesehatan pun menyarankan bahwa agar seseorang tidak ketergantungan menggunakan obat-obatan kimiawi. Untuk menyembuhkan penyakit yang sifatnya ringan hingga sedang, misalnya sakit tenggorokan atau demam, kita baiknya mencoba pengobatan alami terlebih dahulu. Tidak seperti sirup dan obat-obatan yang dijual bebas, obat-obatan alami cenderung lebih murni, segar, dan tentu saja alami.

Sering kali, obat-obatan yang diolah menggunakan bahan kimia dapat lebih membahayakan tubuh daripada manfaat kebaikannya. Sebagai contoh, penelitian telah membuktikan bahwa minum antibiotik secara rutin justru dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Apa efeknya?, tubuh kita akan jadi lebih gampang terserang penyakit bahkan yang sifatnya ringan sekalipun karena keseringan minum obat.

Pada artikel ini, kita akan mengetahui efek ajaib dari kombinasi lada, garam, dan lemon pada tubuh manusia. Bahan-bahan yang mudah ditemukan dan seringkali sudah tersedia di dapur kita. Jadi tidak repot untuk mencarinya ya kan?.

Manfaat Lemon, Garam Dan Lada Untuk Kesehatan

Obat alami yang kita bicarakan ini bahkan lebih efektif daripada antibiotik apa pun yang biasanya sarat dengan efek samping lain pada tubuh. Jus lemon dikenal sebagai agen sangat kuat yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan dapat memperkuat kekebalan tubuh.

Kandungan lainnya juga diperkaya dengan bioflavonoid, pektin, limonene, asam sitrat, magnesium, kalsium dan vitamin. Sedangkan lada hitam memiliki sifat antibakteri, antioksidan, penambah kekebalan tubuh, serta penurun demam.

Jus lemon, ketika dicampur dengan lada dan garam, diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Tiga bahan ini dapat membebaskan tubuh dari rasa sakit serta peradangan. Untuk membuat obat alami ini, kita bisa mengambil satu sendok teh jus lemon, tambahkan sejumput bubuk lada dan sedikit garam.

Bahan-bahan: Garam (1 sendok teh), bubuk lada (½ sendok teh) dan beberapa tetes air jeruk nipis. Semuanya dicampur, diaduk-aduk dan siap langsung diminum sebagai obat.

Adapun beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dari kombinasi lemon, lada dan garam diantaranya adalah:

Mengobati Flu Dan Pilek

Peras setengah irisan lemon dalam secangkir air mendidih. Biarkan selama kurang lebih 10 menit, setelah itu tambahkan 1 sendok teh madu dan sejumput lada hitam ke dalam campuran. Minumlah larutan ini 2-3 kali sehari untuk hasil yang efektif.

Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Campurkan perasan air dari tiga buah lemon segar dengan satu sendok teh lada hitam dan garam laut. Boleh ditambahkan dengan satu sendok makan madu dan isi sisanya dengan air hangat. Untuk digunakan sebagai obat alami menyembuhkan sakit tenggorokan, minumlah beberapa kali sehari. Ramuan ini juga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati batuk.

Menyembuhkan Hidung Tersumbat

Kombinasi dari ketiga bahan alami ini juga dapat merangsang bersin dan melancarkan hidung yang tersumbat. Buat campuran dalam jumlah yang sama antara kayu manis, lada hitam, biji kapulaga dan jintan. Giling campuran sampai menyatu dan lembut lalu Anda dapat menciumnya guna membersihkan hidung yang tersumbat.

Mengobati Mual

Perut yang sakit dapat diringankan gejalanya dengan campuran satu sendok makan perasan lemon dan satu sendok teh lada hitam serta garam. Campurkan ketiga bahan ke dalam gelas yang diisi dengan air hangat dan minum secara perlahan-lahan. Aroma lemon memiliki efek menghentikan rasa mual sedangkan lada hitam dapat menenangkan perut yang sakit.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Lemon kaya akan polifenol yang dapat membantu mencegah naiknya berat badan secara berlebihan, mengatur kadar insulin dan juga mempercepat metabolisme. Ambil ¼ sendok lada, dengan satu sendok madu dan 2 sendok perasan lemon, lalu campur dengan air hangat bersama garam dan minum larutan ini saat perut kosong setiap pagi.

Mengobati Batu Empedu

Jika diminum secara teratur, campuran garam, lada dan jus lemon, bersama dengan beberapa tetes minyak zaitun, diketahui dapat melarutkan batu-batu yang terakumulasi dalam kantong empedu.

Menyembuhkan Sakit Gigi

Buat campuran menggunakan ½ sendok minyak cengkeh, lada, perasan jus lemon secukupnya dengan garam. Lalu, oleskan ke gigi yang sakit. Karena campuran ini (dengan air hangat) memiliki sifat anti-inflamasi, ketika kita menggunakannya untuk berkumur, khasiatnya dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi hingga batas tertentu.

Menyembuhkan Serangan Asma

Rebus air dalam panci dan tambahkan 10 biji lada, 15 daun kemangi dan 2 tunas cengkeh. Biarkan mendidih selama 15 menit dan kemudian saring campuran. Tambahkan madu organik secukupnya, dengan jus lemon dan garam. Konsumsilah campuran ini setiap hari pagi siang dan sore.

Catatan: Bicarakan dengan dokter mengenai hal ini.

Mengobati Sakit Kepala Migrain

Campuran lemon dan garam dengan lada juga berkhasiat dapat menghentikan serangan migrain. Ketika merasakan sakit kepala mulai menjalar, buat ramuan obat dari campuran perasan jus satu buah lemon dan dua sendok teh garam serta sejumput bubuk lada dalam segelas air. Minum segera ramuan ini untuk meringankan sakit kepala yang Anda derita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here