Beranda Lainnya Kisah-kisah Misteri di Jawa Barat yang Pernah Bikin Heboh

Kisah-kisah Misteri di Jawa Barat yang Pernah Bikin Heboh

Ilustrasi gambar setan
Ilustrasi gambar setan

Masyarakat kita bermula dari masyarakat pemeluk animisme, yakni kepercayaan terhadap roh yang mendiami benda-benda di alam raya. Kepercayaan terhadap makhluk selain manusia yang menempati benda, menempati tempat, dan dapat berubah wujud, hingga saat ini masih tinggi intensitasnya. Kepercayaan itu terangkum dalam kisah-kisah misteri.

Kisah-kisah misteri bukan lagi menjadi hal yang aneh dan mengherankan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Mengingat jika memang masyarakat Indonesia sudah akrab dengan hal-hal gaib sejak zaman dahulu. Sebelum masuknya beberapa agama ke Indonesia, para nenek moyang terdahulu seperti sudah sangat akrab dengan “makhluk-makhluk gaib”.

Karena saking akrabnya dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Kisah-kisah misteri juga bahkan bisa dikategorikan sebagai legenda. Kisah-kisah misteri yang khas Indonesia memang berbeda di setiap wilayahnya.

Dalam kisah-kisah misteri, cerita mengenai jin dan berbagai makhluk halus seperti sudah satu paket. Banyak tempat yang ditabukan menjadi salah satu indikatornya. Juga banyak tempat yang dikeramatkan karena dianggap ada penunggunya. Jelas saja, penunggu yang mereka maksud bukanlah dalam wujud manusia. Untuk tempat keramat, biasanya roh leluhur dianggap masih hidup dan berkeliaran di area yang dikeramatkan. Sesungguhnya, penunggu-penunggu itu dari golongan jin dan setan.

Kegemaran masyarakat Indonesia terhadap kisah-kisah misteri terbukti dengan masih banyaknya peminat dari tayangan-tayangan televisi yang bertemakan misteri. Meskpiun sempat dihapuskan beberapa waktu lalu, nyatanya kisah-kisah misteri tersebut hingga kini masih ditayangkan dan cukup banyak memiliki penonton setia.

Rasa penasaran sepertinya mengalahkan ketakutan ketika seseorang dihadapkan dengan kisah-kisah misteri. Ketegangan berdiri sejajar dengan rasa ingin tahu yang cukup besar. Dua sensasi inilah yang sepertinya membuat kisah-kisah misteri tetap mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia.

Kisah-kisah Misteri – Sang Penunggu

Dalam kisah-kisah misteri, mendengar nama jin atau setan pasti bukan lagi menjadi hal yang asing. Dua makhluk gaib tersebut menjadi “peramai” kisah-kisah misteri yang beredar di masyarakat. Jin maupun setan kerap menampakkan perwujudan yang sama sekali bukanlah perwujudan aslinya. Jika menunjukkan wujud aslinya, mereka akan hangus menjadi abu. Oleh sebab itu, mereka terlihat atau memperlihatkan wujudnya yang lain.

Dalam kisah-kisah misteri, setan atau jin berbentuk dalam banyak “versi”. Ada kuntilanak, sosok perempuan berjubah putih, berambut panjang, dan kerap berjuntai-juntai di atas pohon; wewe gombel, sosok kolaborasi antara perempuan bersusu delapan dan memiliki sayap seperti kelelawar. Dengan demikian, umur mereka berkurang ratusan tahun sebab Tuhan memberi mereka umur panjang hingga akhir dunia alias kiamat.

Jika kita menemukan golongan jin atau setan hadir dalam wujud kuntilanak, binatang, bahkan sebagai orang yang kita kenal dan telah meninggal, sesungguhnya mereka meminjam rupa saja. Mereka memerlukan media fisik dalam bentuk wujud. Jadi, sesungguhnya tidak ada orang yang sudah meninggal dapat kita temui sedang melakukan aktivitas yang biasa dilakukannya. Semua itu merupakan jelmaan jin atau setan. Kisah-kisah misteri seperti itu seperti sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Kisah-kisah misteri yang ada di sekitar masyarakat hampir tidak bisa dibedakan dengan mitos. Bagi yang percaya, hal tersebut mungkin benar-benar dianggap ada, tapi bagi yang tidak, tanggapan bahwa hal tersebut mitos pasti tidak bisa dihindarkan. Karena kisah-kisah misteri memang jarang sekali ada yang masuk akal, semuanya di luar nalar manusia.

Kepercayaan Masyarakat Akan Kisah-kisah Misteri

Meski demikian, banyak kisah yang menjadi momok bagi masyarakat sebab masyarakat memang sangat percaya terhadap hal-hal bersifat gaib atau metafisik. Tiap tempat pasti memiliki riwayat yang berkaitan erat dengan jin atau setan. Kisah-kisah misteri itu selalu menjadi perbincangan hangat. Terlebih, jika ada kejadian yang baru menimpa masyarakat dan terpublikasikan di media.

Ada kalanya, kisah-kisah misteri yang terjadi di masyarakat menjadi sebuah teror tersendiri. Karena bagaimanapun juga kisah misteri tetap menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Pernah ingat teror kolor ijo beberapa waktu yang lalu? Yang ternyata terbukti tidak benar. Kolor ijo tersebut merupakan salah satu contoh kisah misteri yang menjadi teror di masyarakat.

Kisah-kisah Misteri di Jawa Barat

Untuk Anda yang tinggal di kawasan Jawa Barat pasti tidak asing dengan kisah-kisah misteri di Jawa Barat. Kisah-kisah misteri di Jawa Barat, antara lain yang cukup terkenal salah satunya adalah tanjakan Emen. Konon, setiap kendaraan yang lewat tanjakan Emen ini harus melemparkan satu buah rokok ke jalanan agar selamat.

Kisah-kisah Misteri Jawa Barat – Tanjakan Emen
Kisah-kisah misteri Jawa Barat ini tepatnya terjadi di kawasan Subang. Tanjakan Emen ini berupa jalan yang biasa dilintasi mobil-mobil umum. Setiap tahunnya selalu memakan korban jiwa. Masyarakat sekitar percaya bahwa tempat tersebut dihuni oleh sesosok lelaki tua bernama Emen. Abah Emen, seorang lelaki tua, akan muncul secara tiba-tiba di hadapan kendaraan sembari tertawa dan menghisap rokok. Lantas, kita akan kehilangan kendali sehingga akan terjadi kecelakaan atau kendaraan terguling ke dalam jurang.

Kisah-kisah Misteri Jawa Barat – Patung Kuda
Ada pula kisah-kisah misteri lainnya. Kali ini bercerita mengenai empat patung kuda yang berada di halaman belakang sebuah rumah mewah di kawasan Cipaganti, Bandung. Beredar kabar bahwa tiap hari Kamis malam atau kita kenal dengan malam Jumat, keempat patung kuda berwarna putih tersebut hidup, bergerak, dan terbang. Malah, pernah ada yang melihat kuda tersebut ditunggangi makhluk yang begitu besar.

Kisah-kisah Misteri – Pesugihan di Padalarang

Belum lagi, kisah-kisah misteri pesugihan di Padalarang, Bandung. Jika ingin kaya raya, kita harus berani mengunjungi sebuah kuburan keramat yang terdapat di salah satu hutan kecil yang dilewati tol Cipularang.

Di sana, hanya terdapat satu kuburan dan konon penunggunya berwujud ular. Kita harus memberikan tumbal seorang anak kecil sebagai bentuk kesepakatannya. Jika kita ingkar, bukan hanya kekayaan yang akan lenyap, melainkan nyawa kita pun akan jadi bayarannya. Kisah-kisah misteri yang mengandalkan tumbal sangat lumrah terjadi di sekitar masyarakat.

Kisah-kisah Misteri Jawa Barat – Hantu Ambulans

Kisah-kisah misteri yang dimiliki wilayah Jawa Barat lainnya adalah kisah tentang hantu ambulans. Kisah mengenai hantu ambulans beredar di sekitar jalan Gempol-Trunojoyo, Bandung. Sementara kisah mengenai mobil ambulans dengan bunyi sirine yang nyaring, terdapat di Cikole, Lembang. Terdengar pada pukul 01.00 dini hari.

Namun, tidak setiap penduduk dapat melihat mobil ambulans tersebut. Rata-rata hanya mendengar bunyi sirine ambulans. Menurut kepercayaan masyarakat di sana, jika terdengar bunyi sirine ambulans, tidak lama lagi akan terjadi kecelakaan maut di sana. Hadirnya kisah-kisah misteri tersebut juga seringkali diartikan sebagai sebuah pertanda.

Kisah-kisah Misteri Jawa Barat – Hantu Loklok

Kisah-kisah misteri Jawa Barat selanjutnya adalah tentang kisah hantu pemakan otak. Hantu ini bernama loklok. Hantu ini konon mengincar isi otak manusia. Sempat pula ditemukan dua mayat yang bagian ubun-ubun tengkorak kepalanya bolong.

Sungguh menakutkan jika hantu tidak hanya menakuti, tetapi mengancam. Bahkan, membunuh manusia. Menurut cerita, hantu loklok memiliki bentuk mirip orang kerdil, berkepala besar dengan rambut tipis, jari-jarinya berselaput, dan giginya bertaring. Kisah misteri yang satu ini lebih mirip mitos atau legenda masyarakat. Entahlah, bergantung Anda menyikapinya seperti apa.

Kisah-kisah misteri tersebut bisa jadi hanya sugesti masyarakat, namun bisa jadi karena penampakan yang disaksikan sendiri oleh masyarakat. Benar atau tidaknya kisah tersebut, jika kita bertakwa dan berlindung kepada Tuhan, niscaya Tuhan pun akan melindungi kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here