Beranda Kesehatan Apakah Makan Telur Saat Sarapan Setiap Hari Bagus untuk Kesehatan?

Apakah Makan Telur Saat Sarapan Setiap Hari Bagus untuk Kesehatan?

Telur rebus
Telur rebus

Meskipun telur mengandung vitamin C yang relatif tidak banyak, faktanya telur masih memiliki sebagian besar nutrisi penting bagi tubuh manusia.

Jadi pada intinya, makan telur memang memiliki manfaat bagus untuk tubuh. Lebih lanjut, berikut ini akan kita bahas mengenai manfaat-manfaat kesehatan makan telur saat sarapan beserta dengan mitos-mitosnya yang umum dipercayai orang.

Manfaat makan telur

Menyediakan protein: Protein yang terkandung dalam telur sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Dibandingkan dengan makanan lain misalnya bubur, komposisi asam amino protein dalam telur terbukti lebih baik. Komposisi asam amino telur pada dasarnya sama dengan proporsi tubuh manusia.

Meningkatkan daya ingat: Kuning telur kaya akan kalsium dan manfaat esensial seperti lesitin, zat besi dan vitamin. Kolin dalam telur adalah zat penting untuk mensintesis struktur saraf otak. Asetilkolin, yang juga merupakan komponen penting dari membran sel, membantu memusatkan memori, meningkatkan daya ingat. Karena itu, bagi pekerja kantoran dan pelajar, sangat dianjurkan makan telur saat sarapan setiap hari.

Meningkatkan rasa kenyang: Telur tidak hanya menyediakan protein yang cukup tetapi juga dapat menunda rasa lapar dan memperpanjang rasa kenyang setelah makan. Selain telur, makan makanan lain yang mengandung atau berbahan telur juga bisa meningkatkan rasa kenyang. Kandunga lemak sehat dalam telur juga bisa menyuplai bahan bakar tubuh dan membuat perut kenyang lebih lama.

Mitos umum Berkaitan dengan Makan Telur

Makan telur mentah: Makan telur mentah membuat tubuh rentan terhadap paparan mikroorganisme berbahaya seperti Salmonella, yang dapat menyebabkan penyakit demam tifus akibat infeksi bakteri ke dalam pembuluh darah dan gastroenteritis. Selain itu, protein dalam telur mentah juga tidak rusak oleh panas sehingga sulit dicerna oleh sistem metabolisme tubuh. Jadi makan telur mentah dalam kondisi-kondisi tertentu tidak baik ya bagi kesehatan.

Menggoreng telur terlalu matang (gosong): Telur goreng adalah makanan yang praktis dan mudah disajikan. Pun demikian, terlalu lama menggoreng telur hingga menyebabkan gosong juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya yang pahit, nutrisi dalam telur tersebut juga akan hilang dan justru bisa menjadi karsinogen yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here