Beranda Kesehatan Makanan dan Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Orang Kena Stroke Mendadak

Makanan dan Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Orang Kena Stroke Mendadak

Daging bacon
Daging bacon

Apa Itu Stroke?

Stroke adalah terjadinya gangguan tiba-tiba pada suplai darah otak. Kebanyakan stroke disebabkan oleh penyumbatan arteri secara mendadak yang mengarah ke otak (stroke iskemik). Stroke lain disebabkan oleh pendarahan ke jaringan otak ketika pembuluh darah pecah (stroke hemoragik).

Karena bisa terjadi dengan cepat dan memerlukan perawatan segera, stroke juga disebut sebagai serangan otak. Saat gejala stroke berlangsung hanya dalam waktu singkat (kurang dari satu jam), kondisi ini disebut dengan transient ischemic attack (TIA) atau mini-stroke.

Efek dari stroke tergantung pada bagian otak mana yang terluka, dan seberapa parah luka tersebut. Stroke dapat menyebabkan kelemahan tiba-tiba, kehilangan rasa, kesulitan berbicara, melihat, atau berjalan. Terkadang penderita stroke bisa mengalami sakit kepala luar biasa, tetapi bahkan juga tidak ada rasa sakit yang dirasakan sama sekali. Sangat penting untuk mengenali tanda-tanda peringatan stroke dan segera mendapat perawatan medis yang diperlukan jika hal itu terjadi.

Ada banyak alasan dan penyebab seseorang bisa terserang stroke secara tidak terduga. Hal yang bisa kita lakukan adalah mengetahui penyebab dan segera memperbaikinya jika ada perilaku salah yang selama ini kita lakukan.

Berikut adalah beberapa hal berupa makanan dan kebiasaan yang sebaiknya dihindari karena bisa memicu seseorang terkena stroke secara mendadak.

Makanan yang dapat menyebabkan stroke jika dikonsumsi secara berlebihan

Daging babi asap

Bacon atau daging babi yang diasin dan dikukus mengandung banyak garam, yang cenderung dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan jantung bekerja lebih ekstra. Tentu saja, asupan sodium yang tinggi ini dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke dan gagal jantung.

Penelitian juga menunjukkan bahwa, lebih dari setengah kalori dalam bacon berasal dari lemak jenuh, yang akan meningkatkan LDL atau kolesterol jahat serta meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Selain itu, aditif dan pengawet yang ditambahkan dalam bacon juga semakin memperkuat efek yang ditimbulkannya.

Minuman ringan berpemanis dan berpengawet

Penelitian menemukan bahwa minuman untuk para pelaku diet – seperti diet coca, dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan bahkan demensia. Jika Anda sering melakukan kebiasaan ini dan sebelum terlambat, disarankan untuk membatasi penggunaan, atau yang terbaik adalah mengehentikannya sama sekal untuk mengurangi risiko membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

Pizza

Pizza adalah makanan khas yang berasal dari Italia dan paling terkenal di dunia. Sebuah produk makanan cepat saji yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Menurut penelitian terbaru, pizza tidaklah sebagus yang banyak orang pikirkan dari segi kesehatan. Ada risiko penyakit mengintai seperti: meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah, rentan terhadap penyakit kardiovaskular; Lemak jenuh dalam kerak utama pizza dapat menekan arteri dan menyebabkan masalah serius seperti infark miokard.

Kandungan kalori yang tinggi dari pizza juga dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan dan obesitas. Sepotong pizza mengandung 250 hingga 350 kalori dan 10 hingga 17 gram lemak. Kandungan lemak yang tinggi dalam pizza terutama berasal dari lemak jenuh, memakannya secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kebiasaan berbahaya yang dapat menyebabkan stroke

Konsumsi alkohol

Alkohol dan stimulan lainnya juga memiliki dampak serius bagi kesehatan tubuh. Jika dikonsumsi tidak melebihi 1-2 cangkir per hari, menurut studi alkohol memang dapat mencegah aterosklerosis dan penyakit arteri koroner. Tetapi sebaliknya, jika minum terlalu banyak atau bahkan sudah jadi kebiasaan, alkohol dapat meningkatkan risiko terjadinya insiden kardiovaskular karena meningkatnya tekanan darah, peningkatan risiko kerusakan hati, komplikasi otak (terutama pendarahan otak) dan beberapa patologi kardiovaskular lainnya.

Merokok

Merokok adalah faktor risiko independen terpenting terkait infark miokard pada orang muda dan sekolah menengah, yang dapat meningkatkan risikonya sebanyak 7 kali. Dengan kandungan nikotin dan karbon monoksidanya, rokok dapat menyebabkan masalah vasokonstriksi dan takikardia setelah asapnya masuk ke dalam aliran darah, menyebabkan kejang arteri koroner dan memicu infark miokard.

Mandi Malam

Bagi banyak orang yang memiliki kehidupan sibuk dan terburu-buru, mandi malam sering menjadi pilihan untuk menyingkat aktivitas keesokan harinya. Terutama ketika cuaca sedang panas-panasnya, banyak orang sering melakoni kebiasaan mandi malam karena anggapan bahwa hal tersebut akan membantu tubuh menjadi nyaman dan tidur lebih rileks.

Namun, sebenarnya ini adalah konsepsi yang sepenuhnya menyesatkan. Mandi malam mudah membuat tubuh terkena angin atau kedinginan sehingga menyebabkan pembuluh darah melar dan tekanan darah menurun. Dengan tekanan darah rendah, mandi malam akan menyebabkan anemia otak yang parah. Menjadikannya salah satu penyebab utama stroke dan kematian mendadak.

Kiat Sehat

Setelah mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kecenderungan terserang stroke, yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah menyingkirkan kebiasaan buruk tersebut dan melatih kebiasaan positif demi kesehatan lebih baik. Kebiasaan baik tersebut seperti: latihan fisik harian, meditasi, suplementasi nutrisi sehat, menjaga berat badan ideal atau bahkan pembatasan penggunaan stimulan yang tidak perlu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here