Beranda Kesehatan 6 Makanan Jika Dimakan Setelah Jam 7 Malam Bisa Bikin Obesitas

6 Makanan Jika Dimakan Setelah Jam 7 Malam Bisa Bikin Obesitas

Mie instan
Mie instan

Gemuk itu sehat asalkan tidak berlebihan alias obesitas. Karena jika sudah obesitas, maka efeknya akan mengarah ke berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, jantung, kanker dan lain-lain.

Setelah jam 7 malam adalah saat metabolisme tubuh kita cenderung melambat, sehingga makanan yang dikonsumsi saat ini akan sulit untuk dicerna. Bukannya diubah menjadi energi, makanan-makanan ini justru akan berubah menjadi lemak, yang membuat tubuh, terutama perut bagian bawah, menjadi gemuk dengan cepat.

Toh misalnya karena masalah pekerjaan yang sibuk atau tidak dapat mengatur waktu makan sebelum jam 7 malam, Anda tetap harus memperhatikan makanan apa yang dimakan. Sebaiknya, hindarilah mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini agar tubuh tidak mengalami kenaikan berat badan ekstrem yang menjuru ke obesitas.

Mie instan

Jika tidak ingin mengalami obesitas, maka jauhilah segala macam mie instan terutama setelah pukul 19:00. Meski tergolong makanan ringan, hidangan ini dapat membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan tidak sehat lebih cepat. Selain itu, makan mie di malam hari juga memiliki konsekuensi negatif bagi sistem pencernaan, terutama pada orang-orang dengan masalah perut. Juga bisa membuat tubuh jadi terasa panas dan mudah berjerawat pada hari berikutnya.

Makanan berminyak

Makanan cepat saji seperti: ayam goreng, keripik, sosis, hamburger terlalu banyak menggunakan lemak minyak saat memprosesnya. Inilah yang membuat kolesterol jadi tinggi, meningkatkan persentase lemak darah, meningkatkan risiko obesitas dan tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Berapapun jumlah porsi yang Anda makan meski sedikit, makan makanan jenis ini tetap akan memengaruhi masalah berat badan. Apalagi jika mengonsumsi makanan ini setelah jam 7 malam akan membuat sistem pencernaan terganggu, sehingga menimbulkan efek buruk pada perut.

Keju

Keju tidak hanya mengandung lemak, tetapi juga mengandung sejumlah besar protein, mineral, dan kalori yang cukup besar. Makan keju di malam hari, setelah jam 7 malam bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Meskipun keju adalah hidangan yang sangat lezat dan bergizi, namun jika Anda ingin menurunkan berat badan, disarankan jangan makan makanan ini setelah jam 7 malam.

Cokelat

Jika Anda makan banyak cokelat yang mengandung gula, mentega dan susu, tidak hanya sulit kehilangan berat badan tetapi juga menyebabkan kenaikan berat badan karena mengandung lemak yang tidak sehat, mengandung lebih banyak energi.

Cokelat adalah makanan tinggi lemak, rendah protein dengan banyak energi sehingga tidak cocok untuk dimakan setelah jam 7 malam terlebih jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan.

Permen dan manis-manisan

Makan permen setelah jam 7 malam tidak hanya menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat, tetapi insulin juga tidak bekerja pada kapasitas penuh untuk mengontrol kadar gula dan mudah menyebabkan diabetes. Tidak hanya itu, manisnya gula juga bisa membuat kita susah tidur, memengaruhi cara kerja metabolisme tubuh.

Permen mengandung kadar gula dan lemak yang sangat tinggi, menyebabkan bertambahnya berat badan, kembung dan sulit tidur jika dimakan setelah jam 7 malam.

Es krim

Dalam es krim terdapat kandungan lemak tinggi, jika dimakan setelah makan malam, tubuh tidak akan punya cukup waktu untuk memprosesnya. Selain itu, jika jumlah gula yang disuplai ke tubuh berlebih, maka akan secara otomatis disimpan dan diubah menjadi lemak.

Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa makan makanan manis dan kaya lemak seperti es krim di malam hari juga meningkatkan risiko diabetes dan mengganggu kemampuan tubuh untuk membakar lemak serta gula yang menyebabkan bertambahnya berat badan dengan cepat. .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here