Beranda Pengetahuan 6 Makanan Terenak yang Kaya Rasa dari Berbagai Negara

6 Makanan Terenak yang Kaya Rasa dari Berbagai Negara

Soto ayam yang lezat
Soto ayam yang lezat

Makanan terenak siapapun pasti ingin mencobanya. Setelah mencoba, sebagian besar pasti jadi menyukainya. Ya, citarasa yang super enak memang sudah pasti menjadi daya pikat luar biasa dari makanan terenak. Tidak ada yang bisa menafikan mengenai hal tersebut. Bahkan seorang koki handal sekalipun.Makanan Terenak – Lahir dari Tradisi dan Proses Panjang

Predikat makanan terenak memang disanding oleh olahan-olahan masakan yang memang terpercaya secara rasa. Sebagian besar masyarakat yang lidahnya “hidup” dan bisa membedakan mana makanan yang diolah dengan sepenuh hati, dan mana yang tidak pasti bisa mengidentifikasikan makanan seperti apa yang pantas dikategorikan sebagai makanan terenak.

Menyoal citarasa, itu memang selera dan relatif. Tidak bisa dipaksakan. Tetapi, akan berbeda jika makanan tersebut sudah berkategori sebagai makanan terenak. Ketika dalam satu kelompok terdiri dari sepuluh orang dan tujuh di antaranya mengatakan makanan itu enak, maka makanan tersebut layak disebut sebagai makanan enak. Pun dengan makanan terenak.

Sebut saja proses, ketika sebuah makanan hadir di dalam kehidupan masyarakat, kemudian digemari karena citarasanya yang enak, dan akhirnya menyebar seperti debu tertiup angin. Sebuah proses yang hingga akhirnya membuat satu makanan berpredikat sebagai makanan terenak memang cukup panjang. Berawal dari tradisi, hingga akhirnya diakui oleh banyak orang.

Variasi makanan sekarang ini sudah sangat banyak. Anda bebas memilih apapun sesuai selera Anda. Apakah berdasarkan cara pengolahannya, citarasanya,  bahan-bahan pembuatannya, bahkan asal makanan itu. Dan yang pasti makanan terenak pasti cukup menarik perhatian Anda bukan?

Ya, berbicara mengenai makanan, termasuk makanan terenak, sudah tentu juga ikut membicarakan resep di dalamnya. Dan berbicara tentang resep, keberadaan resep tradisional terkadang justru menjadi daya pikat tersendiri.

Tradisi mengolah makanan dari berbagai negara cenderung memiliki keunikan yang juga berbeda. Begitu halnya dengan resep tradisional. Dari perbedaan tersebutlah, ragam makanan terenak yang ada di dunia hadir. Lagi-lagi tradisi adalah hal terdekat dari keberadaan makanan terenak yang hadir di masyarakat.

Kehadiran resep tradisional ternyata tidak terkikis oleh zaman. Juga tidak tersaingi oleh hadirnya aneka resep makanan modern yang sudah menjamur. Resep tradisional nyatanya memang menjadi rahasia terselubung dari banyak makanan terenak yang diakui dunia.
Makanan Terenak dari Resep Tradisional Berbagai Negara

Berbicara masalah makanan terenak, bisa diwakili dari makanan tradisional. Salah satunya bisa jadi berasal dari negeri kita sendiri, Indonesia. Juga bisa berkenaan dengan makanan khas dari mancanegara. Memang benar masing-masing lidah punya cita rasa sendiri. Namun, secara umum –berdasarkan penilaian para ahli– di dunia kuliner dikenal makanan terenak lengkap dengan asal negeri makanan tersebut.

1. Makanan Terenak – Resep Tradisional dari Libanon

Masakan Libanon telah terkenal di dunia kuliner sebagai salah satu masakan terbaik dari Timur Tengah. Makanan khas dari Libanon ini tergolong sebagai salah satu variasi makanan terenak yang ada di dunia.

Masakan Libanon umumnya terkenal dengan perpaduan kaya rasa antara sayuran, bumbu, rempah-rempah dan potongan daging kecil-kecil. Jika dilihat berdasarkan kriteria seperti itu, makanan terenak dari Libanon ini cenderung memiliki kesamaan dengan makanan khas yang ada di Indonesia.

Makanan terenak dari Libanon yang biasa disajikan sebagai makanan pembuka salah satunya bernama Mezze. Makanan ini termasuk salah satu makanan khas dari Libanon yang paling terkenal di dunia. Makanan pembuka ini campuran acar, salad, serpihan roti Arab, mengandung banyak buah-buahan, ikan segar dan sedikit lemak hewan.

Satu lagi salad dari Libanon yang tergolong makanan terenak, yaitu Tabouleh. Makanan ini dibuat dari potongan parsley, daun mint, bawang bombay, bulgur atau sejenis sereal dan disiram saus lemon serta olive oil. Komposisi dalam makanan ini mewakilkan citarasa makanan yang segar dan menyehatkan.

2. Makanan Terenak – Resep Tradisional dari Spanyol

Makanan terenak selanjutnya datang dari negara Matador. Ya, Spanyol juga memiliki banyak makanan dengan citarasa enak yang sudah cukup diakui oleh warga dunia. Bagi anda yang menyenangi variasi campuran daging, ikan dan sayuran, Spanyol akan menyuguhkannya untuk Anda.

Negeri Spanyol yang dikelilingi lautan menjadi inspirasi untuk para ahli masak Spanyol dalam menyajikan aneka masakan yang bersumber dari laut. Dibanding masakan dari eropa barat dan tengah lainnya, masakan Spanyol termasuk masakan yang royal dalam menggunakan minyak. Sehingga citarasa masakan Spanyol lebih kaya dibanding yang lain. Makanan terenak pun disandang oleh berbagai olahan ikan dari Spanyol ini.

Makanan terenak dari Spanyol berbahan ikan ini enak dinikmati dengan minuman khas Spanyol yang bernama Sangria, yakni campuran yang harmonis dari wine dan buah-buahan. Bagi anda yang tak menyukai minuman sejenis wine, bisa diganti minuman lain, dan tak akan mengurangi kelezatan masakan Spanyol ini.

3. Makanan Terenak – Resep Tradisional dari Jepang

Salah satu negara dengan aneka masakan yang langsung melejit dan menjadi trend di dunia adalah Jepang. Masakan Jepang terkenal nyaman di lidah siapa pun, terkenal dengan pilihan bahan bercita rasa enak dan terbaik. Ya, makanan terenak selanjutnya datang dari resep tradisional yang dimiliki negara Jepang.

Menurut catatan Micheline Guide –salah satu lembaga yang memberi penilaian terhadap restoran terbaik di dunia– Tokyo dianggap sebagai kota terenak makannya dengan 150 restoran terbaik dunia, mengalahkan Paris dan London yang masing-masing memiliki 148 restaurant terbaik di dunia. Hasil penilaian tersebut jelas semakin menasbihkan bahwa Jepang adalah gudangnya makanan terenak di dunia.

4. Makanan Terenak – Resep Tradisional dari China

Menurut data paling mutakhir, masakan China kini dinikmati tidak kurang oleh sepertiga populasi dunia setiap hari.  Sungguh angka yang cukup untuk mengategorikan makanan China sebagai salah satu makanan terenak di dunia.

Masakannya biasanya gampang dibuat, namun tetap enak. Beberapa masakan khas China dimasak dengan bahan langka yang sulit ditemui di dunia seperti lumut facai. Jadi wajar jika makanan China menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Begitu pula dengan daging. Namun, bagi Anda yang beragam muslim, berhati-hatilah karena beberapa masakan khas China ada yang mengkhususkan dengan mengolah daging anjing.

5. Makanan Terenak – Resep Tradisional dari Prancis

Prancis termasuk negeri yang punya tradisi menjamu tamu paling tua di dunia. Di Paris sendiri terdapat sekitar 148 restaurant terbaik di dunia yang selalu menyajikan makanan terenak khas Prancis, ditambah tidak kurang dari 5000 tempat makan. Keju dan wine biasanya mendominasi masakan Prancis. Teknik sempurna memasak para juru masak handal, membuat masakan Prancis dikenal salah satu makanan terenak di dunia.

6. Makanan Terenak – Resep Tradisional dari Indonesia

Lalu, bagaimana dengan makanan tradisional? Tentu saja resep tradisional Indonesia juga termasuk dalam kategori makanan terenak di dunia. Perpaduan daging, sayur dan buah-buahan, sebenarnya hampir dikenal di semua suku di Indonesia. Rasa gurih, sedikit asam atau sangat pedas, menjadi ciri khas daerah tertentu dalam menyajikan masakan.

Bergantung selera lidah Anda sendiri, mencari makanan terenak yang berasal dari negeri sendiri, tak akan pernah kehabisan pilihan. Sebut saja misalnya ketoprak, soto ayam, sayur asem, makanan enak yang telah memenuhi standar kebutuhan gizi dan kalori.

Masakan-masakan khas tanah air bisa diperoleh di restoran hotel bintang lima sampai dengan pedagang kaki lima di pinggir jalan dan pusat keramaian. Namun dari sisi kelezatannya, tak berbeda secara signifikan. Tinggal sesuaikan saja dengan isi kocek Anda, menikmati makanan enak tapi murah, juga tetap dijamin puas. Siap mencoba makanan terenak lainnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here