Beranda Pengetahuan 7 Makanan yang Aman Disimpan di Kulkas Selama Pandemik Covid-19

7 Makanan yang Aman Disimpan di Kulkas Selama Pandemik Covid-19

Saat pandemik COVID-19 telah mewabah di seluruh dunia, banyak orang kemudian mulai mengubah kebiasaannya. Dari yang dulu suka makan di luar, kini mereka membeli dalam jumlah banyak makanan sekaligus untuk disimpan sebagai persediaan.

Mau tidak mau, bencana virus global ini juga berdampak pada sektor usaha rumah-rumah makan atau warung yang kini mulai sepi lantaran orang-orang takut makan di luar rumah terkait ancaman terinfeksi virus corona Covid-19. Kini justru supermarket dan toko yang menjual bahan makanan segar ramai, bahkan mungkin bisa lebih sibuk dari biasanya.

Di supermarket tersebut orang ingin membeli bahan makanan sekaligus sebagai persediaan selama beberapa hari ke depan. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda pilih karena memiliki ketahanan lama (tidak mudah basi) saat disimpan di kulkas.

Berikut adalah 7 makanan yang bisa Anda jadikan persediaan di kulkas untuk jaga-jaga selama wabah COVID-19 seperti sekarang ini:

Telur

Telur
Telur

Dari telur dapat diolah menjadi makanan berbagai rasa, seperti puding dan pancake, hingga telur ceplok yang bisa disantap langsung tanpa banyak repot.

Telur yang disimpan di dalam kulkas bisa bertahan hingga beberapa bulan. Cukup pecahkan kulit telur dan tuangkan ke dalam nampan, tambahkan garam atau gula. Maka telur sudah siap dan bisa langsung dinikmati sesuai kebutuhan.

Keju

Keju
Keju

Siapa yang tidak suka makanan dari keju?. Keju juga dapat disimpan di dalam kulkas untuk persediaan selama beberapa waktu. Cukup masukkan dalam kantong zipper lalu ditaruh di kulkas dan digunakan saat Anda membutuhkannya.

Susu

Susu botol

Di antara makanan yang bisa dibekukan, susu juga masuk dalam daftar ini. Susu beku harus dicairkan sebelum digunakan dan pastikan untuk dikocok terlebih dahulu sebelum diminum untuk mencairkan padatannya. Susu juga bisa mengembang saat beku, jadi jangan dibiarkan terlampau lama dalam wadah kedap udara.

Untuk membantu menjaga susu lebih lama, Anda bisa memasukkannya ke dalam baki es batu dan menaruhnya di dalam freezer. Setiap kali ingin menggunakannya untuk membuat kopi susu atau teh susu, cukup ambil es batunya batu susunya saja.

Roti

Roti
Roti

Roti akan cepat kering saat disimpan dalam pendingin kulkas. Namun, jika Anda menyimpannya di freezer, bahkan sampai enam bulan kemudian, roti masih akan tetap segar. Yang perlu Anda lakukan adalah, tutupi setiap roti dengan plastik, lalu simpan di dalam freezer.

Saat Anda ingin makan, defrost dan letakkan roti dalam oven pada suhu 180 derajat C selama 10 menit.

Cokelat

Cokelat batangan
Cokelat batangan

Cokelat tidak mengandung banyak air, yang berarti tidak akan banyak berubah seperti jenis makanan lainnya saat dibekukan dan setelah dicairkan. Untuk cokelat batangan, dapat disimpan selama 2-4 bulan di pabrik sebelum pengemasan, dari 6-8 bulan dalam kotak tertutup, di lemari es dan selama 2-3 tahun dalam freezer.

Beras dan mie

Beras
Beras

Beras dan mie juga dapat disimpan di lemari pendingin untuk persediaan makanan dalam waktu yang lumayan lama. Beras dan mie yang beku bisa dituang dengan air panas untuk mencairkannya sebelum diolah (dikonsumsi).

Yogurt

Yogurt

Makanan yang paling mudah beku adalah yogurt biasa (plain) karena kita tidak harus mencairkannya untuk dapat dimakan. Namun, perlu diingat bahwa beberapa jenis yogurt mungkin ada yang gampang mengalami perubahan selama proses pembekuan, jadi penting untuk mencoba dalam jumlah kecil terlebih dahulu untuk memastikan rasanya tidak banyak berubah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here