Beranda Kesehatan Selain Awet Muda, Ini 8 Manfaat Makan Anggur Rutin Dua Bulan

Selain Awet Muda, Ini 8 Manfaat Makan Anggur Rutin Dua Bulan

Makan anggur hijau
Makan anggur hijau

Anggur adalah buah bercitarasa lezat yang telah lama dibudidayakan selama ribuan tahun. Buah anggur memiliki karakter tumbuh di daerah beriklim sedang, jadi sangat cocok untuk tanah tropis seperti Indonesia. Anggur juga terdiri dari jenis dan warna seperti hijau, merah, hitam, kuning dan merah muda. Anggur bisa dimakan segar langsung, dibuat menjadi jus atau dikeringkan untuk kismis.

Anggur juga memiliki kandungan nutrisi alami yang luar biasa dengan sejumlah besar vitamin C dan K, serta vitamin B1, B2, B6, potasium, copper serta mangan. Dalam secangkir anggur (151 gram), mengandung pula 1,1 gram protein dan 1,4 gram serat. Kesemua itu merupakan senyawa yang ampuh mengurangi risiko kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Jadi makan anggur setiap hari bisa dikatakan adalah kebiasaan yang bagus untuk kesehatan, terutama buat para lansia.

Jika kita rutin makan anggur setiap hari, dalam dua bulan berikutnya kita akan menuai beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa berikut ini:

Pencegahan penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular

Anggur dapat mencegah pembentukan trombus lebih baik daripada aspirin, juga dapat menurunkan kadar kolesterol serum, mengurangi kohesi trombosit, serta berperan dalam mencegah penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular.

Bagus untuk kesehatan otak

Glukosa, asam organik, asam amino, dan vitamin dalam anggur memiliki efek stimulasi pada saraf otak. Karena itu, makan anggur secara teratur juga bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan mental dan kelelahan yang berlebihan.

Menyembuhkan Dahak Akibat Rokok

Merokok dalam jangka panjang bisa memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh. salah satu dampaknya adalah sering merasakan dahak yang tak kunjung sembuh.

Salah satu cara alami yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi hal itu adalah dengan makan lebih banyak anggur. Anggur dapat membantu mendetoksifikasi sel paru-paru dan juga memiliki efek pencahar, yang dapat mengurangi gejala infeksi pernapasan serta rasa gatal yang disebabkan oleh efek samping merokok.

Anti Virus

Mengonsumsi anggur secara rutin memiliki efek tambahan positif pada pemulihan pasien yang menderita arteriosklerosis serta pasien dengan peradangan ginjal. Juga bagus untuk pemulihan lebih cepat serta mengurangi efek komplikasi bagi pasien sehabis menjalani operasi transplantasi organ. Minum jus anggur secara langsung juga memiliki efek anti-virus agar tubuh tidak gampang sakit.

Penurunan berat badan

Makan anggur tidak menambah berat badan. Sebaliknya, makan anggur, baik anggur hitam atau anggur hijau, yang mengandung banyak vitamin, justru dapat membantu menurunkan berat badan serta melindungi kesehatan jantung.

Meningkatkan kesehatan tulang

Anggur menyediakan banyak mineral penting untuk kesehatan tulang, di antaranya vitamin K. Vitamin K memainkan peran penting dalam menjaga kalsium di dalam tulang, mencegahnya masuk ke aliran darah.

Anggur juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, kalium dan mangan. Studi pada tikus menunjukkan bahwa Resveratrol (senyawa dalam anggur)juga dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, tetapi studi lebih lanjut pada manusia masih diperlukan untuk mengkonfirmasi akan hal ini.

Anti-hepatitis

Karena anggur mengandung zat aktif alami, glukosa, vitamin dan selulosa, anggur sangat efektif melindungi hati, mengurangi asites dan edema pada ekstremitas bawah. Selain itu, senyawa dalam anggur juga dapat meningkatkan albumin plasma serta mengurangi transaminase, sangat bermanfaat bagi orang dengan hati yang tidak sehat, bahkan hepatitis.

Memperlambat penuaan (Awet muda)

Kita semua tentunya ingin tetap awet muda guna menikmati hidup yang lebih lama. Beberapa senyawa tanaman yang ditemukan dalam anggur, termasuk Resveratrol, telah terbukti dapat memperlambat penuaan dan umur panjang. Resveratrol mengaktifkan gen yang disebut SIRT1. Gen ini dikaitkan dengan rentang hidup yang lebih lama dalam penelitian pada hewan.

Sementara Resveratrol merawat bagian dalam tubuh, vitamin C dalam anggur membantu menjaga kulit kita tetap sehat. Hal ini memainkan bagian penting dalam produksi kolagen, zat yang menjaga kulit halus, elastis dan bebas kerut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here