Beranda Kecantikan Manfaat Tak Terduga Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tak Terduga Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat jambu biji
Jambu biji segar

Jambu biji adalah buah yang diketahui sangat kaya akan vitamin C dan kolagen alami, mampu membentuk struktur sel, meningkatkan elastisitas untuk membuat kulit halus sehat, mencegah kerutan dini dan kulit layu.

Tak hanya itu saja, makan buah jambu biji secara teratur juga dapat membantu menghilangkan bekas luka pada kulit, sehingga kulit akan tampak jadi lebih halus dan indah berseri. Di bawah ini adalah beberapa manfaat tak terduga dari jambu biji baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Untuk mempercantik kulit

Jika kamu ingin kulit kering menjadi lebih lembut dan bercahaya, kamu bisa membuat masker dari jus jambu biji yang dicampur dengan kuning telur ayam. Oleskan campuran ke wajah lalu bilas dengan air hangat setelah 20 menit. Untuk mendapatkan efek terbaik, disarankan menggunakan masker jambu ini setidaknya 1-2 kali seminggu.

Saat mengoleskannya di wajah, lakukan sedikit pijatan dan gosok perlahan guna menghilangkan sel kulit mati, sehingga membuat kulit lebih tampak putih, berseri, halus dan cerah.

Melindungi kulit dari sinar UV

Jambu biji mengandung dua kali jumlah likopen yang ditemukan dalam tomat, antioksidan yang bermanfaat dalam melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UV serta polusi lingkungan. Satu jambu biji menyediakan sekitar 2,9 gram likopen. Kamu bisa makan jambu biji secara langsung atau minum dalam bentuk jus setiap hari untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari, asap, dan kotoran seiring aktivitas luar rumah yang dijalani.

Mencegah keriput dini

Jambu biji kaya akan vitamin A, B, C dan kalium yang merupakan antioksidan yang baik dan memiliki efek detoksifikasi tubuh, sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel kulit dan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput.

Selain itu, likopen dalam jambu biji tidak hanya melindungi sel-sel kulit tetapi juga membantu tubuh menghilangkan racun yang terkumpul di dalam, meningkatkan aktivitas metabolisme, membantu kulit tetap awet muda dan cantik.

Mengobati dan mencegah jerawat

Jambu biji mengandung banyak vitamin C, asam alami, agen antiinflamasi dan antibakteri yang dapat mencegah serta menghilangkan bakteri jahat masuk pori-pori sehingga menimbulkan menyebabkan jerawat. Jus jambu biji secara efektif mampu mengobati dan mencegah masalah kulit.

Membantu penurunan berat badan

Jus jambu biji rendah kalori, kaya vitamin dan serat tinggi. Sehingga jika dikonsumsi secara teratur juga dapat membantu dalam penurunan berat badan. Jambu biji juga melindungi usus besar dari penumpukan zat beracun. Selain tetap berolahraga secara teratur, minum jus jambu biji akan membantu penurunan berat badan secara lebih efektif.

Melawan bakteri

Jambu biji mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, K, E, mineral seperti kalium, zat besi, kalsium, mangan dan folat, termasuk juga kandungan seratnya yang sangat tinggi. Selain itu, jambu biji juga dikenal memiliki sifat antibakteri.

Minum jus jambu biji secara teratur akan membantu menghilangkan patogen, bakteri serta racun yang berbahaya bagi tubuh. Jadi dalam al ini minum jus jambu biji adalah cara yang efektif untuk membersihkan tubuh dari racun atau bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

Kurangi stres

Stres dapat berdampak pada masalah kesehatan dan kecantikan, termasuk jerawat, pigmentasi dan kerutan. Jambu biji mengandung magnesium, yang memiliki efek menenangkan pada saraf dan otot. Studi juga menunjukkan bahwa magnesium dalam jambu biji dapat membantu meningkatkan energi, mengendurkan saraf dan mengurangi jumlah hormon stres dalam tubuh.

Kapan waktu terbaik mengonsumsi jambu biji?

Jambu biji kaya akan asam alami dan vitamin C, dan memiliki rasa asam, jadi tidak disarankan mengonsumsinya di pagi hari. Terlebih pada saat perut kosong, karena justru dapat menyebabkan perut kembung.

Idealnya, kita harus minum segelas jus jambu setelah makan siang atau makan malam. Kebiasaan ini juga membantu mempercepat sistem pencernaan, mencegah penyerapan lemak berlebih dari makanan berkalori tinggi yang kita makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here