Beranda Sains Peneliti Temukan Minum Kopi di Waktu Ini Mencegah Kanker Hati

Peneliti Temukan Minum Kopi di Waktu Ini Mencegah Kanker Hati

Minum segelas kopi
Minum segelas kopi

Ya kopi, salah satu minuman universal yang banyak disukai oleh orang di seluruh dunia. Kopi biasa diminum saat sedang bersantai dan bahkan untuk membantu tetap terjaga di kala tengah bekerja.

Jika diminum dengan tidak berlebihan, kopi ternyata memiliki manfaat bagus untuk kesehatan tubuh. Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang-orang yang secara teratur minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kanker terutama jenis kanker hati yang paling umum.

Penelitian ini dipresentasikan pada konferensi National Cancer Research Institute (NCRI) di Glasgow. Para peneliti dari Queen’s University Belfast melakukan penelitian pada hampir setengah juta orang, di antaranya sekitar seperempatnya adalah pecinta minuman kopi.

Kopi mencegah kanker hati secara efektif

Para peneliti melakukan pengujian data gaya hidup terhadap 365.157 orang yang minum kopi dan lebih dari 100.000 orang yang tidak minum kopi selama lebih dari tujuh setengah tahun melalui catatan kanker nasional.

Saat itu, 88 orang didiagnosis menderita kanker hati paling umum di Inggris. Peminum kopi memiliki risiko penyakit ini 50% lebih rendah daripada bukan peminum. Faktor risiko dalam kasus-kasus ini termasuk alkohol, tembakau, dan obesitas.

Menjelaskan efek ajaib kopi, para ilmuwan lalu menunjukkan bahwa biji kopi mengandung polifenol yang dapat mencegah pembelahan sel kanker.

Penulis utama studi ini – Kim Tu Tran – mengatakan: ÔÇťOrang yang memiliki kebiasaan minum kopi dapat merasa yakin bahwa kebiasaan ini baik untuk kesehatan. Hal itu lantaran kopi mengandung antioksidan dan kafein – zat yang dapat melindungi tubuh dan melawan kanker. Namun demikian, minum kopi tidak memiliki efek anti kanker lengkap jika tidak dibarengi pula dengan berhenti merokok, mengurangi alkohol atau menurunkan berat badan. “

World Cancer Research Fund juga menyimpulkan bahwa kopi “mampu” mengurangi risiko kanker hati. Selain itu, para peneliti juga mensintesis subyek yang secara teratur minum kopi termasuk orang tua, orang dengan gelar sarjana, orang yang secara teratur minum alkohol dan laki-laki.

Namun, para ahli juga mengatakan bahwa tidak semua jenis kopi memiliki efek yang sama. Sebagian besar peminum kopi di Inggris mengonsumsi kopi bubuk. Tetapi beberapa ahli menduga ada jenis kopi yang justru juga dapat meningkatkan risiko kanker. Buktinya adalah adanya kandungan kadar akrilamida yang lebih tinggi, bahan kimia karsinogenik yang diproduksi saat kopi dipanggang.

Studi di Queen’s yang membandingkan antara kopi bubuk dan kopi instan menunjukkan bahwa risiko HCC lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang minum kopi instan. Kopi jenis ini juga diyakini mengandung banyak senyawa anti kanker, seperti asam klorogen, yang dapat mencegah peradangan berbahaya di dalam tubuh.

Peneliti menyarankan bahwa kopi baiknya diminum pada waktu pagi hari, setelah menikmati sarapan. Minum kopi di waktu ini juga bagus untuk menjaga stamina dan agar tidak gampang letih saat bekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here