Beranda Kecantikan 5 Buah yang Mampu Memperlambat Penuaan, Lebih Baik dari Kosmetik

5 Buah yang Mampu Memperlambat Penuaan, Lebih Baik dari Kosmetik

Buah delima
Buah delima

Dari segi usia masih muda, namun tidak sebanding dengan keadaan fisik. Kulit sudah mulai keriput, wajah nampak layu dan kendur, muncul flek hitam yang tidak kunjung hilang. Jika demikian yang Anda alami saat ini, itu berarti Anda tengah mengalami proses penuaan dini. Tua secara fisik yang sebenarnya belum waktunya tua.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang menjadi tua terlalu cepat. Namun yang paling umum adalah dari pola gaya hidup dan jenis makanan yang yang sering dikonsumsi. Sering begadang hingga kurang tidur, tidak mampu mengontrol stres, cenderung lebih banyak makan makanan tidak alami adalah penyebab paling umum fisik cepat tua.

Seiring dengan kosmetik, diet atau pola makan juga berkontribusi besar dalam membantu kulit mempertahankan citra awet mudanya. Jika Anda masih punya banyak mimpi yang harus diwujudkan dan tak ingin cepat-cepat tua, baiknya konsumsilah buah-buahan ini secara teratur karena kandungan alaminya dapat menghambat proses penuaan dini atau belum waktunya.

Buah apel

Apel juga bermanfaat sebagai terapi kecantikan atau sebagai “obat” untuk membantu tubuh mempercepat proses pengurangan lemak berlebih. Apel kaya akan air, kaya akan vitamin C dan A, yang dapat melembabkan kulit serta memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh bekas jerawat di wajah. Nutrisi dan vitamin dalam apel juga membantu mencegah kulit terhadap semua efek negatif dari sinar UV.

Serat dalam apel baik untuk kulit. Apel mengandung senyawa organik dan enzim yang membantu mengurangi lemak serta menahan air agar kulit tampak lebih muda dan lebih sehat. Apel juga berkontribusi pada keseimbangan pH kulit, agar senantiasa nampak sehat dan berseri alami.

Banyak ahli merekomendasikan agar seseorang makan satu buah apel sehari untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Buah Kiwi

Sejumlah penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa buah Kiwi memiliki kemampuan untuk melawan penuaan secara efektif. Jumlah vitamin C yang terdapt dalam buah Kiwi berkontribusi besar terhadap produksi kolagen, zat yang membantu kulit agar nampak lebih kencang, halus, dan mencegah penuaan dini.

Banyak pula orang yang menggunakan kiwi segar sebagai masker kulit. Makanlah 2-3 buah Kiwi setiap minggu, masalah kulit seperti kulit kasar, kulit kering, kulit gelap akan berangsur-angsur hilang, menjadi halus dan nampak bercahaya.

Buah Anggur

Anggur adalah buah dengan kandungan tinggi antioksidan yang baik untuk kulit. Menurut penelitian, kulit anggur dan sekaligus bijinya adalah sumber antioksidan yang paling terkonsentrasi dan mengandung 59 kali jumlah vitamin E. Jadi jika Anda ingin memaksimalkan efek anti-penuaan dari buah ini, maka Anda harus memakan semuanya tidak perlu dikupas atau dibuang bijinya.

Anggur mengandung proanthocyanidins dan resveratrol, merupakan senyawa antioksidan kuat. Menggunakan anggur sebagai masker kulit juga bagus sebagai tabir surya dan dapat membantu mengurangi gejala terbakar sinar matahari dengan sangat efektif. Jika Anda mengalami tanda-tanda penuaan seperti keriput, bintik-bintik hitam, maka makanlah anggur secara teratur.

Buah Delima

Delima mengandung vitamin seperti A, vitamin C dan terutama vitamin E, yang sangat baik untuk kulit, anti-penuaan dan membantu meremajakan kulit baik dari dalam maupun luar. Dalam buah delima, ada flavonoid yang membantu kulit agar tidak gampang mengering, efek penyeimbang kulit, membantu sel-sel untuk mengoptimalkan metabolisme, menghaluskan pori-pori. Berkat senyawa ini, delima juga dianggap sebagai sumber yang efektif untuk mengobati melasma serta bintik-bintik hitam secara efektif.

Penelitian oleh para ilmuwan di Queen Margaret University (UK), yang diterbitkan pada 2010, juga membuktikan bahwa delima mengandung banyak punicalagins, antioksidan kuat dengan kapasitas jauh lebih banyak daripada sumber buah-buahan lain. Selain kemampuan anti-penuaan, vitamin C dalam buah delima juga membantu mengatur produksi minyak, penyebab utama jerawat.

Buah Stroberi

Daging stroberi kaya akan vitamin A, B1 dan B2, terutama jumlah vitamin C-nya yang lebih tinggi dari semangka dan jeruk. Stroberi adalah buah yang identik dengan kecantikan. Banyak kaum hawa yang memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan kulit dan awet muda, melawan stres serta mencegah penuaan dini. Stroberi juga memiliki alfa hidroksi – zat asam yang mampu menghilangkan sel-sel mati, membantu sel-sel baru tumbuh dengan cepat dan kuat.

Stroberi kaya akan asam salisilat – bahan yang banyak ditemukan dalam krim obat anti jerawat. Oleh karena itu, disarankan agar seseorang makan banyak stroberi ketika sedang mengalami kulit wajah berjerawat, agar kondisi kulitnya lekas membaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here