Beranda Kesehatan Mendeteksi Penyakit dalam Tubuh dari Tanda yang Muncul di Kaki

Mendeteksi Penyakit dalam Tubuh dari Tanda yang Muncul di Kaki

Ada beberapa penyakit pada organ internal tubuh yang dapat menyebabkan atau munculnya tanda-tanda tidak biasa di kaki kita. Misalnya, diabetes dapat menyebabkan lambatnya sirkulasi darah dan menimbulkan masalah serius dengan pembuluh darah.

Untuk mencegah gejala lebih buruk yang tidak diinginkan terjadi, kita perlu mencari tahu organ dalam mana yang rusak dan menyebabkan komplikasi.

Terdapat beberapa tanda kelainan kaki paling umum yang dapat membantu kita mengidentifikasi masalah yang terjadi pada organ internal tubuh atau jeroan.

Berikut adalah enam tanda tidak biasa pada kaki yang bisa menjadi gejala adanya masalah internal dalam tubuh kita:

Bengkak di area kaki dan tungkai bawah

Pembengkakan di kaki dan tungkai bagian bawah bisa muncul jika kita habis berdiri dalam waktu lama, tetapi juga bisa menjadi tanda adanya gejala dari banyak kondisi lain di tubuh.

Meskipun pembengkakan dapat terjadi pada bagian tubuh lain, namun yang paling sering adalah di lengan, kaki, pergelangan kaki, dan kaki.

Apa artinya tanda ini:

Penyakit jantung: Banyak gejala yang terjadi pada orang dengan kondisi penyakit jantung mengalami penyumbatan cairan tubuh di kaki dan kaki bagian bawah.

Masalah dengan vena: Vena dalam kondisi abnormal dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk memompa darah dengan cara yang konsisten dengan aturan normal, menyebabkan darah terpompa ke kaki dan membuat kaki terasa bengkak. .

Masalah sistem limfatik: Kita memiliki kelenjar getah bening dan pembuluh darah dalam tubuh yang membantu membawa cairan ke seluruh tubuh. Ketika ada penyumbatan pada sistem limfatik, hal ini menyebabkan terjadinya pembengkakan di kaki dan lengan.

Masalah pada hati: Kaki bengkak mungkin juga disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh membuat protein yang cukup dalam darah.

Muncul garis biru atau ungu di kulit kaki

Pada kondisi cuaca yang sangat dingin, tanda garis biru juga bisa muncul di kaki, ini normal. Tetapi ada beberapa kasus di mana jari-jari kaki bisa berubah warna, bahkan ketika cuaca hangat dan kaki sedang tidak dingin.

Apa artinya tanda ini:

Ada suatu kondisi yang disebut sindrom jari kaki, terjadi ketika pembuluh darah tersumbat. Karena itu, jika kaki tiba-tiba tampak biru atau ungu, Anda harus segera memeriksa kondisi pembuluh darah ke dokter yang berkompeten.

Benjolan menyakitkan di jari tangan dan kaki

Tumor yang menyakitkan juga dapat berkembang secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari. Jangan abaikan ketika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera periksa ke dokter.

Apa artinya tanda ini:

Anda mungkin menderita infeksi jantung bakteri. Biasanya kondisi penyakit semacam ini dapat diobati dengan mudah menggunakan antibiotik dan tidak sampai memerlukan operasi.

Memar yang tidak biasa pada kaki

Memar yang muncul bukan karena efek trauma akibat hantaman benda keras adalah tanda adanya masalah pada organ tubuh. Terlebih jika memar tersebut tidak kunjung hilang dalam beberapa hari.

Apa artinya tanda ini:

  • Gagal hati
  • Penyakit autoimun, ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang tubuhnya sendiri.
  • Peradangan pembuluh darah
  • Gangguan pendarahan

Ruam di kaki

Ruam kulit adalah kondisi umum. Bintik-bintik ini mungkin bisa berwarna merah terang, merah tua atau bahkan ungu. Dalam beberapa kasus, ruam ini bisa memicu rasa gatal, jadi kemungkinan itu hanya reaksi alergi. Tetapi dalam kasus lain, hal itu bisa menjadi gejala penyakit serius.

Apa arti tanda ini:

  • Peradangan pembuluh darah.
  • Beberapa penyakit autoimun seperti lupus atau rheumatoid arthritis sedang tahap awal terbentuk dan berkembang.

Vena muncul seperti jaring di kaki

Spider veins atau jaring vena dapat muncul selama kehamilan atau karena obesitas dan tidak cukup berolahraga. Biasanya kondisi ini juga bisa menjadi gejala varises dan kadang-kadang juga disertai dengan rasa sakit di area yang terkena.

Apa artinya tanda ini:

Varises saat ini tidak jarang, dan bahkan telah mempengaruhi sekitar 30% orang dengan kondisi spider vein. Inilah yang terjadi ketika pembuluh darah superfisial menjadi membesar dan memuntir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here