Beranda Pengetahuan Metamorfosis: Waktu yang Dibutuhkan Kecebong Menjadi Katak Muda

Metamorfosis: Waktu yang Dibutuhkan Kecebong Menjadi Katak Muda

metamorfosis katak
Proses metamorfosis katak

Kecebong atau Berudu (sama saja) menetas dari butiran-butiran telur katak yang diletakkan di dalam air. Saat mereka tumbuh, kecebong secara perlahan akan mulai berubah bentuk.

Mereka akan menumbuhkan kaki dan kehilangan ekornya saat berkembang menjadi seekor katak muda yang dapat hidup di darat. Perubahan dari berudu menjadi katak ini dalam ilmu biologi disebut dengan istilah metamorfosis.

Melalui gambar ilustrasi di atas, kita akan belajar memahami bagaimana proses dan waktu yang dibutuhkan oleh seekor kecebong atau berudu hingga bermetamorfosis menjadi seekor katak yang mampu hidup di darat.

Dari gambar panah berwarna merah, diurutkan dari kiri ke kanan, berikut ini penjelasan selengkapnya:

Telur-telur yang menetas

Katak betina bertelur dengan bentuk seperti gumpalan-gumpalan telur yang disebut frogspawn di kolam dan sungai. Telur-telur ini kemudian menetas menjadi berudu kecil-kecil yang dapat berenang seperti ikan.

Hidup di air

Berudu menghabiskan minggu-minggu pertama hidupnya di air. Mereka berenang menggunakan ekor panjang dan bernapas menggunakan insang, layaknya ikan.

Tumbuh kaki

Setelah dua bulan, berudu akan menumbuhkan dua kaki belakang. Mereka mulai membutuhkan banyak makan untuk berkembang menjadi katak, dengan menggigit alga di dalam air.

Menghirup udara

Setelah tiga bulan, berudu-berudu tersebut akan mulai menumbuhkan paru-paru agar bisa menghirup udara dari permukaan air. Mereka juga menumbuhkan kaki depan dan ekornya mulai layu.

Hidup di darat

Menjelang empat bulan, katak sudah dewasa penuh, dengan kaki belakang kuat, yang dapat membantu mereka berenang, memanjat, dan melompat di darat. Katak dewasa akan kembali ke air untuk mencari pasangan kawinnya dan bertelur.

Tahukah kamu

Katak yang dijuluki sebagai goliath adalah yang berukuran terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 13 inchi (32 cm).

Kelompok hewan

Katak, kadal air dan cecillian
Katak, kadal air dan cecillian

Katak, kadal air, dan makhluk cacing seperti cecilian membentuk tiga kelompok hewan yang disebut amfibi. Seperti halnya katak, kehidupan awal dari hewan-hewan ini juga melalui proses menetas dari telur dan terlihat sangat berbeda dari bentuk fisiknya saat sudah dewasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here