Beranda Kesehatan Herbal Obat Diabetes Herbal dengan Biji Lamtoro dan Daun Sambiloto

Obat Diabetes Herbal dengan Biji Lamtoro dan Daun Sambiloto

Obat diabetes
Biji lamtoro kering

Sebelum ke inti pembuatan obat diabetes herbal, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu penyakit diabetes sebenarnya.

Apa yang Dimaksud Diabetes?

Diabetes mellitus, atau DM, adalah gangguan kesehatan jangka panjang di mana tubuh penderitanya tidak dapat lagi mengatur kadar glukosa (gula) dalam darah. Hal ini biasanya disebabkan oleh terlalu sedikit insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk membantu tubuh menggunakan glukosa dengan baik atau memperkuat daya tahan tubuh untuk menggunakan insulin yang dikeluarkan oleh pankreas.

Jenis-jenis Diabetes

Ada tiga jenis utama diabetes yang perlu Anda ketahui:

Diabetes tipe 1, terkadang disebut juga dengan diabetes dependen-insulin karena penderitanya harus minum insulin setiap hari untuk bertahan hidup, adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin. Jenis diabetes ini biasanya berkembang dalam waktu singkat, paling sering pada anak-anak dan dewasa muda.

Diabetes tipe 2. Tipe 2, terkadang disebut juga dengan diabetes orang dewasa, adalah tipe yang paling umum, terhitung 90-95 persen dari kasus yang terjadi di dunia. Biasanya berkembang relatif lambat dan dikaitkan dengan kelebihan berat badan dan riwayat keluarga penderita diabetes sebelumnya. Kebanyakan orang dengan diabetes tipe 2 resisten terhadap insulin dibanding memiliki pankreas yang tidak cukup memproduksi hormon.

Diabetes gestasional. Beberapa wanita ada yang mengalami bentuk sementara jenis diabetes menjelang akhir kehamilannya yang biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah bayi lahir. Wanita dengan diabetes gestasional memiliki peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2 dalam lima hingga sepuluh tahun kemudian.

Dalam dunia medis juga ada kondisi yang dikenal sebagai pra-diabetes atau gangguan toleransi glukosa yang berkembang menjadi masalah kesehatan. Orang dengan kondisi ini memiliki kadar glukosa darah yang lebih tinggi dari normalnya tetapi tidak cukup tepat memenuhi kriteria penderita diabetes. Banyak orang dengan pra-diabetes akan mengalami diabetes tipe 2 dalam sepuluh tahun ke depan.

Baca juga: Turunkan Gula Darah Tinggi dengan 11 Makanan Alami Ini

Gejala dan Pengobatannya

Penderita diabetes tipe 1 cenderung merasakan sakit secara tiba-tiba. Gejala yang paling umum adalah meningkatnya rasa haus, penurunan berat badan meskipun nafsu makan meningkat, mual dan muntah, dan penglihatan kabur. Jika orang tersebut tidak didiagnosis dan diobati dengan insulin secepatnya, bisa jadi ia akan mengalami koma dan meninggal dunia.

Orang dengan diabetes tipe 2 bisa saja tidak memiliki gejala yang terlihat selama beberapa tahun. Jika merasakan gejalanya, mereka mungkin akan merasa mudah haus dan lapar, lebih sering kencing, mudah lelah, memiliki masalah penglihatan, atau luka yang sulit atau lama sembuh. Wanita dengan diabetes gestasional biasanya tidak memiliki gejala sama sekali.

Diabetes adalah penyakit serius karena sering menyebabkan komplikasi yang bisa mengarah ke organ tubuh lainnya. Penderita diabetes berisiko tinggi mengalami cedera pembuluh darah, stroke, kebutaan, penyakit jantung, gagal ginjal, gangren yang menyebabkan amputasi ekstremitas, dan kerusakan saraf. Wanita dengan diabetes gestasional lebih cenderung memiliki bayi dengan cacat lahir.

Secara tradisional, penyakit diabetes bisa diupayakan kesembuhannya dengan mengonsumsi ramu-ramuan herbal yang terbukti akan khasiatnya. Di bawah ini kami berikan beberapa racikan jamu untuk menyembuhkan diabetes.

Jika Anda merasakan gejala awal yang mirip dengan diabetes, misalnya kadar gula darah tinggi, maka segera minum ramuan obat herbal di bawah ini, jangan menunggu sampai terlambat.

Ramuan Obat Diabetes Herbal Pertama

Bahan-bahan:

  • 1/3 genggam daun sambiloto;
  • 1/3 genggam daun kums kucing;
  • 2/4 jari (6 cm) batang brotowali.

Caranya:

Batang brotowali dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan air 3 gelas hingga menjadi sisa 2 gelas. Diminum setelah makan, sehari 2 x 1 gelas.

Lakukan selama beberapa hari, kemudian periksakan diri ke dokter. Jika kadar gula masih tinggi, lanjutkan pengobatannya. Bisa dikombinasikan dengan ramuan biji lamtoro agar lebih cepat sembuhnya.

Caranya, ambil beberapa batang lamtoro yang sudah agak tua dan sudah kering di pohon. Kupas kulitnya, ambil biji-bijinya saja.

Biji lamtoro ini kemudian disangrai (digoreng tanpa minyak) sampai matang. Tumbuk sampai halus hingga menyerupai bubuk kopi.

Cara Minumnya:

Bubuk lamtoro diseduh dengan air panas, minumlah dalam keadaan hangat kuku. Waktu minum, ikukan pula sekalian ampasnya. Lakukan dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore atau malam hari.

Di atas adalah ramuan obat diabetes herbal paling ampuh, yang bisa Anda lihat dan nilai sendiri komposisinya menggunakan bahan-bahan yang sangat aman dan tidak membahayakan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here