Cara Mengetahui Organ Hati Masih Sehat atau Bermasalah, Ini Tandanya

Organ hati manusia
Ilustrasi organ hati yang sehat dan bermasalah (tidak sehat)

Hati adalah organ internal yang paling penting peranannya bagi tubuh untuk menyaring racun yang bersumber dari makanan yang kita makan sebelum diolah lebih lanjut oleh sistem pencernaan. Sehingga dalam hal ini, hati juga memiliki kerentanan terhadap toksisitas.

Hati adalah organ detoksifikasi tubuh yang terus menerus bekerja tanpa henti selama ia masih dalam keadaan sehat, sehingga risiko penyakit hati juga relatif tinggi jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat. Bahkan kanker hati saat ini memiliki tingkat rasio kematian relatif tinggi dari semua jenis kanker lainnya.

Meskipun hati fungsinya adalah untuk mendetoksifikasi alias membersihkan racun, namun ia juga bisa mengalami kerusakan akibat banyaknya toksin racun dalam tubuh. Jika kemampuan hati untuk detoksifikasi tidak maksimal lagi, masalah-masalah kesehatan serius dapat terjadi. Lihatlah perubahan dalam tubuh untuk mengetahui apakah hati Anda masih dalam keadaan sehat atau sedang bermasalah.

Tanda-tanda untuk mengetahui hati sehat atau tidak

Kuku

Kinerja fungsi hati baik atau tidak dapat diketahui dengan melihat kuku. Jika kuku tidak rata (bukan dari lahir), hal ini dapat menunjukkan kesehatan hati yang bermasalah. Termasuk kuku yang pucat atau lunak, bisa menjadi tanda peringatan anemia.

Emosi

Tinjauan medis memang menyebutkan bahwa kemarahan sangat erat kaitannya dengan kerusakan hati. Orang-orang dengan kesehatan hati yang buruk juga rentan terhadap depresi, kesedihan, ketidakstabilan emosi, dan lain sebagainya. Hal ini dapat disebabkan oleh stagnasi udara di hati.

Jika seseorang memiliki fungsi hati yang baik, ketika dihadapkan dengan ketidaknyamanan yang serupa, ia cenderung dapat dengan cepat pulih. Tetapi jika itu dialami orang dengan masalah kesehatan hati, dampak emosinya justru sulit lepas bisa ditandai dengan perasaan kesal berkepanjangan, menangis, depresi. dan penderitaan. Dalam jangka panjang, sangat mungkin terjadi depresi kronis.

Tulang rusuk

Tulang rusuk terletak di sisi dada dan dekat dengan area yang berhubungan dengan hati serta kantong empedu dalam tubuh. Jika Anda merasakan sakit di daerah tulang rusuk yang tidak disebabkan oleh trauma sebelumnya, bisa jadi itu merupakan salah satu tanda peringatan dini hati sedang bermasalah.

Terkadang, gejala tersebut bisa terasa jelas setelah mengalami kelelahan atau terlalu banyak bekerja. Untuk memastikan penyebabnya, baiknya langsung periksakan diri ke dokter yang berkompeten.

Rambut

Secara umum, orang dengan kesehatan hati yang buruk cenderung memiliki rambut yang kering dan rapuh. Hal ini lantaran kurangnya darah di hati dan ginjal.

Rambut mudah berminyak, rambut rontok, atau kulit cenderung berjerawat sering muncul, bisa jadi itu merupakan tanda peringatan bahwa ada banyak racun di hati, atau kinerja hati terganggu. Mulai gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan hati kini dan nanti.

Leave a Comment