Beranda Kesehatan Peneliti Oxford: Makan Daging Ayam Bisa Sebabkan 3 Jenis Kanker Ini

Peneliti Oxford: Makan Daging Ayam Bisa Sebabkan 3 Jenis Kanker Ini

Makan daging ayam

Ayam adalah jenis makanan daging paling umum yang biasa kita temukan di rumah-rumah makan di seluruh dunia. Beberapa orang juga beranggapan bahwa daging ayam adalah makanan yang bagus untuk diet tertentu.

Namun, sebuah penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Oxford mengonfirmasi bahwa makan ayam dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker lebih tinggi.

Studi ini melibatkan 475.000 orang Inggris paruh baya yang dipantau kesehatannya selama 8 tahun dari 2006 hingga 2014. Selama waktu itu, 23.000 dari para peserta penelitian tersebut terdiagnosis menderita kanker.

Para peneliti menemukan bahwa konsumsi ayam dapat membuat seseorang berisiko lebih tinggi terkena limfoma non-Hodgkin, adalah jenis kanker yang berawal dari gangguan sel darah putih serta kanker prostat pada pria.

Studi yang dipublikasikan dalam the Journal of Epidemiology and Community Health itu, menemukan bahwa makan ayam dan unggas lainnya dikaitkan dengan tiga jenis kanker, termasuk melanoma, kanker prostat, dan limfoma non-Hodgkin.

Melanoma

Adalah jenis kanker kulit paling berbahaya yang dimulai dengan terjadinya kelainan melanoma. Kebanyakan ditandai dengan munculnya seperti tahi lalat kemudian lambat laun menyebar ke daerah terdekatnya. Tumor ini kemudian menyerang kulit, retina, vena, kelenjar getah bening, dan akhirnya bermetastasis ke hati, otak, paru-paru dan tulang.

Kanker prostat

Menurut Mayo Clinic, kanker prostat adalah salah satu kanker paling umum pada pria. Biasanya kanker prostat tumbuh lambat dan pada awalnya terbatas pada prostat saja, yang mungkin tidak sampai menyebabkan kerusakan serius. Namun, beberapa jenis tumor lainnya bisa lebih ganas dan menyebar dengan cepat.

Limfoma non-Hodgkin

Adalah kanker yang berasal dari sistem limfatik. Pada limfoma non-Hodgkin, tumor berkembang awal dari limfosit, sejenis sel darah putih.

Meski hasil penelitian menemukan bahwa makan ayam dan unggas berlebihan terkait dengan 3 jenis kanker yang telah disebutkan di atas, penelitian masih belum mengungkapkan alasan pasti mengapa orang bisa terkena kanker karena konsumsi unggas. Hal ini berarti penelitian masih hanya sebatas mengungkapkan korelasi antara makan ayam dan jenis kanker tertentu.

Di antara berbagai faktor yang dapat menyebabkan korelasi ini, salah satu alasannya mungkin karena ayam atau unggas yang sudah terkontaminasi dengan karsinogen,  suatu zat yang dapat menyebabkan kanker pada jaringan tubuh hidup. Tapi alasan lainnya mungkin berkaitan dengan bagaimana cara daging tersebut diproses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here