Pengertian dan Jenis-jenis Hobi yang Perlu Kita Ketahui

Hobi memasak
Hobi memasak

Bosen dan jenuh pasti akan dialami oleh mereka yang @diRumahAja tanpa melakukan aktivitas atau hobi khusus untuk mengisi waktu luang yang ada. Berbicara tentang hobi, akan banyak orang yang berpendapat mengenai hobinya. Semua orang memiliki hobi, disadari atau tidak. Kamu juga pasti memiliki hobi, bukan? Lalu, apa hobi kamu sebenarnya?

Hobi merupakan kegemaran. Cenderung berkenaan dengan kegiatan, meski pun tidak semua hobi berkaitan dengan hal tersebut. Hobi umumnya dilakukan pada waktu luang. Fungsinya untuk menyegarkan kembali pikiran atau badan.

Kegemaran manusia terhadap sesuatu memungkinkan mereka melakukan banyak hal untuk itu. Kepuasan serta kesenangan yang didapat setelah melakukan sesuatu yang disukainya, dalam hal ini hobi, tidak bisa ditukar dengan apa pun.

Ketika mengetahui hobi seseorang, kita akan melihat gairah dalam orang tersebut. Kita akan melihat emosi, kita akan melihat betapa di dalam pikirannya, dunia ternyata masih memiliki hal-hal menarik. Mengikuti sepak terjang para pehobi tersebut, mengetahui alasan serta seberapa besar pengaruh hobi tersebut dalam kehidupannya, adalah sebuah pelajaran tersendiri.

Kata hobi sendiri merupakan serapan dari bahasa Inggris, hobby. Secara jenisnya, hobi dibedakan menjadi beberapa, yaitu:

  • Hobi mengumpulkan sesuatu
  • Hobi membuat sesuatu
  • Hobi memainkan sesuatu
  • Hobi melakukan sesuatu yang tidak berkenaan dengan mengumpulkan, membuat serta memainkan.

Adakah di antara kategori itu termasuk yang kamu gemari?

Hobi Mengumpulkan Sesuatu

Hobi mengumpulkan sesuatu tentu saja berkenaan dengan hobi mengumpulkan sesuatu. Biasanya berhubungan dengan benda. Benda yang dikoleksi dan dijadikan hobi oleh masyarakat juga tidak terhitung jenisnya, bahkan ada beberapa yang tidak masuk akal.

Ketika mengumpulkan barang-barang tersebut, seseorang merasakan kesenangan serta kepuasan yang luar biasa. Kamu mungkin akan berpendapat bahwa orang-orang seperti itu adalah aneh. Tapi tidak, mereka tidak aneh, mereka keren!

Berikut ini merupakan barang-barang atau benda yang paling banyak dikumpulkan oleh para pehobi.

a. Sepatu

Hobi mengumpulkan sepatu sepertinya banyak terjadi di masyarakat, baik pria dan wanita. Sepatu yang dikumpulkan juga bisa bermacam-macam. Dari semua sepatu tersebut, sedikit di antaranya yang memang benar-benar sering dipakai. Biasanya, sepatu koleksian itu hanya akan terpampang di kotak sepatu. Tidak ada alasan khusus, yang jelas, ketika membelinya ada sebuah perasaan bahagia, puas yang mereka rasakan.

Jenis sepatu yang paling banyak dikoleksi adalah memang oleh para wanita. Mereka bisa berbelanja sepatu hingga jutaan rupiah. Sepatu yang dikoleksi pun modelnya bermacam-macam, tetapi yang paling dominan adalah sepatu-sepatu berhak tinggi, sepatu kets, dan sepatu-sepatu dengan model terbatas.

Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan oleh mereka untuk menebus satu pasang sepatu sama sekali tidak menjadi masalah. Tak jarang, orang-orang dari kalangan atas mencarinya hingga ke luar Indonesia.

b. Tas

Mengumpulkan tas juga menjadi salah satu hobi yang paling banyak. Bisa dipastikan sebagian besar pelakunya adalah para wanita. Aksesori tersebut memang sudah menjadi pegangan penting bagi sebagian besar kaum wanita. Bentuk-bentuk tas yang lucu adalah alasan mengapa mereka sampai mengumpulkan tas hingga jumlahnya ratusan.

Tas-tas yang dikoleksi juga datang dari berbagai merek. Jenis tas yang biasa dikoleksi adalah clutch bag. Clutch bag merupakan tas dengan bentuk yang mungil, mudah digenggam dan hanya untuk menyimpan benda-benda kecil. Kemudian baguette bag. Tas ini juga berukuran kecil, tetapi dilengkapi dengan tali pundak, dan terakhir Kelly bag. Tas ini berukuran besar dengan tali kecil, membawanya dengan cara dijinjing.

c. Mainan

Mainan merupakan salah satu hobi. Mengumpulkan berbagai mainan bukan hanya hobi yang dimiliki oleh anak-anak, orang dewasa juga melakukannya. Mainan yang paling banyak dikoleksi seperti miniature dari mobil, motor, tokoh, dsb.

Mereka yang hobi mengumpulkan barang-barang ini biasanya akan menyimpannya dalam sebuah lemari kaca. Perawatan terhadap mainan ini juga tergolong mudah, berbeda dengan hobi mengumpulkan sepatu dan tas. Jenis mainan juga diketahui tidak mudah rusak, meski pun itu hanya untuk dipajang.

Hobi Membuat Sesuatu

Hobi membuat sesuatu bisa berkenaan dengan makanan atau pajangan. Hobi jenis ini biasanya bisa sekaligus dijadikan mata pencaharian. Apa saja hobi membuat sesuatu yang umum ditemui?

a. Memasak

Wah! Hobi yang satu ini diamini oleh para ibu-ibu rumah tangga. Pasalnya, mereka lah yang memang kerap berlama-lama di dapur. Bermula dari karena kebutuhan dan keharusan menyiapkan makanan, memasak berubah menjadi sebuah kegemaran. Melakukannya akan membuat hati senang, apalagi jika mendapatkan banyak pujian dari orang-orang terdekat.

Hobi yang lekat dengan wanita ini ternyata mewabah juga di kalangan pria. Banyak di antara mereka yang secara diam-diam mengagumi keahlian ibunya dalam memasak lalu coba mempraktikkan beberapa resep di dapur.

Masakan yang diolah juga beragam. Ada yang gemar memasak masakan Indonesia, Jepang, India, aneka kue, dan makanan ringan. Keahlian yang dimiliki oleh masing-masing pehobi tentu berbeda. Jika ditekuni dengan baik, hobi ini bisa menjadi bisnis, lho. Menyenangkan bukan, dibayar untuk sesuatu yang kita gemari?!

b. Barang Kerajinan dan Kesenian

Kamu mungkin tergolong orang yang tidak betah melihat barang-barang bekas menganggur. Akhirnya, disulap lah barang-barang tersebut menjadi sebuah kerajinan. Lama-kelamaan hal tersebut akan menjadi sesuatu yang unik dan berdaya jual.
Misalnya, hobi mengolah kulit bawang menjadi aneka hiasan. Atau hobi mengolah bungkus-bungkus deterjen menjadi tas atau kebutuhan lain yang lebih bermanfaat. Melakukan ini bagi sebagian orang adalah sangat menyenangkan.

Juga orang yang gemar melukis. Berawal dari hobinya menggoreskan kuas di atas kanvas, siapa tahu ada yang tertarik lalu membeli lukisannya. Tetapi, meski pun demikian, rata-rata pelukis melukis hanya untuk memenuhi kebutuhan rohaniahnya saja. Maksudnya, dengan melukis mereka merasa akan mendapatkan ketenangan dan kesenangan.

Hobi Memainkan Sesuatu

Hobi ini digemari oleh mereka yang senang belajar hal-hal baru, salam seperti hobi membuat sesuatu tadi. Hobi memainkan sesuatu ini tidak dibatasi oleh jenis kelamin. Apa saja? Berikut di antaranya:

a. Memainkan Alat Musik

Ya. Ini adalah hobi memainkan sesuatu yang paling banyak diminati. Alat musik, seperti gitar, drum, piano, biola, suling, atau bahkan alat musik tradisional memiliki magnet sendiri di mata para pehobi ini.

Suara-suara alat musik yang dihasilkan dari tangan-tangannya adalah hal yang bisa membuat para pehobi ini senang dan tenang. Sama seperti hobi menghasilkan sesuatu, hobi bermain alat-alat musik hingga akhirnya mahir juga bisa menghasilkan. Para pehobi ini bisa bergabunng bersama band atau orchestra tertentu.

b. Bermain Permainan Modern

Hobi yang satu ini peminatnya adalah para game freak. Kesenangan mereka akan didapat ketika duduk di depan perangkat komputer. Di sana, mereka seperti menemukan dunianya. Permainan-permainan seperti PES, atau permainan modern lainnya adalah hal yang menarik bagi mereka.

Hobi Bentuk Lain

Hobi bentuk lain tidak berkenaan dengan mengumpulkan, membuat atau memainkan. Hobi bentuk ini lebih kepada menikmati. Ada yang tahu hobi apa saja yang tergolong ke dalam kategori ini? Hobi ini bisa jadi memiliki “pelaku” paling banyak. Apa saja? Berikut di antaranya:

a. Bernyanyi, Mendengarkan Musik

Siapa yang hobi terhadap sua hal ini? Pastinya cukup banyak! Musik merupakan kegemaran bagi banyak orang. Musik merupakan bahasa universal yang bisa dinikmati oleh banyak orang, tanpa peduli memikirkan bahasa. Bahkan, menurut penelitian, bernyanyi dan mendengarkan musik memang dapat membuat siapa pun menjadi tenang.

Hal tersebut sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian. Maka dari itu, takheran bukan jika setiap kali kamu mendengarkan sebuah musik, ada perasaan tenang yang aneh di dalam dada. Sebenarnya, musik hampir tidak pantas digolongkan menjadi hobi, karena musik sudah mulai masuk dalam ranah kebutuhan manusia. Terutama kebutuhan rohani. Sehari tanpa musik, hidup kamu rasanya pasti akan hampa. Coba saja!

b. Menonton Film

Siapa yang hobi menonton film? Rasanya akan banyak yang mengangkat tangan di luaran sana. Film, memang menjadi zat adiktif jenis baru, sama seperti musik. Film mengandung candu yang membuat siapa pun ketagihan. Penggemar film juga tidak dibatasi oleh usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi dan faktor-faktor lain. Semua suka menonton film.

Jenis film yang dijadikan hobi juga bermacam-macam. Ada yang menyukai film genre drama, drama comedy, comedy, thriller, horror atau film musical. Bagi mereka yang menyukai jenis-jenis film tersebut, berjam-jam waktu yang dihabiskan untuk menikmatinya, sama sekali bukan masalah.

c. Berolahraga

Hobi yang satu ini juga banyak diiyakan. Pasalnya, olah raga memang kegiatan yang mengasyikkan. Selain tentunya menyehatkan. Olah raga yang banyak dijadikan hobi adalah sepak bola, bulu tangkis, futsal, lari, dan sebagainya. Menyaksikan pertandingan olah raga di televisi juga menjadi hobi banyak orang. Dengan melakukan itu, semangat yang asalnya kendur bisa kembali kencang.

Mengisi keseharian dengan kegiatan yang itu-itu saja tentu sangat membosankan. Bekerja dari jam 8 hingga 5 sore, bersekolah dengan berbagai tuntutan nilai atau kegiatan lainnya yang dilakukan secara rutin tentu akan membuat stress jika dilakukan tanpa jeda. Nah. Kehadiran hobi sebagai pengisi jeda ini ampuh untuk membuat pikiranmu kembali segar.

Leave a Comment