Beranda Pengetahuan Ini Perbedaan Antara Murni Cinta atau Hanya Sekedar Nafsu

Ini Perbedaan Antara Murni Cinta atau Hanya Sekedar Nafsu

Cinta dan Nafsu
Ilustrasi cinta dan nafsu

Cinta dan Nafsu dalam kaitannya satu sama lain seringkali sulit dibedakan. Contohnya, saat sudah dilanda asmara banyak orang tidak mampu lagi membedakan apakah itu memang cinta atau hanya sekedar ingin tidur semalam saja dan setelah itu selesai.

Cinta sebenarnya lebih berkaitan dengan tujuan spiritual sedangkan nafsu cenderung lebih berkaitan dengan keinginan fisik atau seksual semata. Cinta berpadu dengan kasih sayang sedangkan nafsu hanya soal memenuhi keinginan sahaja. Lebih lengkapnya akan dijelaskan di bawah ini:

Apa arti Cinta?

Cinta itu lebih universal dalam pengertiannya. Cinta menunjukkan perasaan saling menyayangi dan mengasihi, perasaan ini diibaratkan seperti orang tua yang mencintai anaknya. Ada ekspresi seperti,

Cinta berhubungan dengan kesenangan yang tidak bersifat duniawi. Seperti telah disebutkan sebelumnya, cinta sifatnya lebih spiritualisme, sebuah kebahagiaan yang universal. Kata cinta juga bisa diartikan sebagai kebahagiaan tertinggi.

Apa yang dimaksud dengan Nafsu?

Tidak seperti cinta, nafsu cenderung lebih bersifat fisik dalam pengertiannya. Selain itu, nafsu juga condong lebih ke soal sensualitas. Di sisi lain, kata ‘nafsu’ juga digunakan hanya dalam satu konotasi utama saja.

Berbicara soal nafsu, pasti akan terasa adanya makna sensualitas yang melekat padanya. Makna nafsu lebih ke soal arti ‘daya tarik seksual’ atau ‘daya tarik fisik’ semata. Kata nafsu biasanya juga digunakan dalam arti sekunder, kadang-kadang sehubungan dengan kata-kata seperti harta dan materi. Artinya nafsu juga ditujukan untuk mengungkapkan hal-hal yang sifatnya materiil atau keduniaan.

Apa perbedaan antara Cinta dan Nafsu?

• Cinta lebih universal dalam pengertiannya sedangkan nafsu adalah soal fisik dan pemuasan suatu keinginan saja.

• Cinta mencerminkan rasa kasih dan sayang sedangkan nafsu lebih ke soal sensualitas.

• Cinta dapat digunakan dalam konotasi yang berbeda. Nafsu hanya dapat digunakan untuk satu konotasi utama.

• Cinta berhubungan dengan kesenangan yang tidak duniawi sedangkan nafsu berhubungan dengan kesenangan yang sifatnya material.

Demikian penjelasan beberapa perbedaan utama antara dua kata cinta dan nafsu. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here