Beranda Pengetahuan Perbedaan Domain .COM dan .NET, Bagus yang Mana untuk SEO?

Perbedaan Domain .COM dan .NET, Bagus yang Mana untuk SEO?

Top Level Domain .COM
Ilustrasi Top Level Domain .COM dan lainnya

Dilihat dari namanya saja sudah beda ya, .COM dan .NET. Tapi bisakah kalian menjelaskan secara lebih spesifik kegunaan sebenarnya dari ekstensi nama Top Level Domain (TLD) tersebut?.

Awalnya .COM dibuat khusus untuk tujuan commersial dan .NET dibuat untuk organisasi terkait jaringan, biasanya Internet Service Provider (ISP) menggunakan .NET. Pedoman untuk pendaftaran domain telah diuraikan dalam RFC 1591, (Request for Comments 1591).

Saat itu pedoman ini dikelola secara ketat oleh sebuah organisasi bernama Network Solutions. Pendaftaran nama domain ditolak jika tidak mematuhi RFC 1591. Namun karena peminat dan permintaannya sangat tinggi, pemrosesan domain ini menjadi tugas yang tidak dapat dikelola dengan baik. Operator kewalahan menangani permintaan yang begitu tingginya. Akhirnya, pendaftaran domain .NET tidak diperlukan lagi persyaratan khusus seperti sebelumnya.

Domain .COM

Sesuai uraian RFC 1591 – domain ini sebenarnya ditujukan untuk entitas komersial, yaitu perusahaan. Namun lantaran peminatnya yang sudah sangat tinggi, semua orang pun kini bisa memiliki nama domain .COM meskipun mereka individual atau bukan perusahaan komersial secara khusus.

Domain .NET

Sesuai uraian di RFC 1591 – domain ini sebenarnya hanya diperuntukan untuk menampung komputer penyedia jaringan, yaitu komputer NIC dan NOC, komputer administratif, dan komputer node jaringan. Pelanggan dari penyedia jaringan tersebut akan disediakan nama domain mereka sendiri (namun bukan dalam TLD NET).

Bisnis organisasi jaringan yang kurang transparan dan pertumbuhan internet yang begitu pesatnya menyebabkan proses validasi tipe organisasi ini memerlukan biaya sangat mahal. Akhirnya, ekstensi domain TLD .COM dan .NET pun dibuka untuk siapa saja / pendaftar tanpa perlu memerlukan persyaratan khusus,

Pengguna dapat mendaftarkan nama domain dari registrar mana pun yang telah diakreditasi oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Registri menerima informasi pendaftaran dari setiap pendaftar nama domain yang diotorisasi untuk menetapkan nama dalam TLD yang sesuai dan menerbitkan informasi menggunakan layanan khusus, protokol WHOIS. Namun saat ini sudah ada layanan berbayar (tambahan) untuk menyembunyikan identitas pemilik nama domain sehingga jika dicek dari informasi WHOIS tidak terlihat oleh publik siapa pemilik sebenarnya.

Rangkuman Perbedaan Domain .COM dan .NET

.COM dan .NET adalah domain TLD yang tersedia dan terbuka untuk siapa saja yang ingin mendaftarkan alamat internetnya tanpa perlu syarat khusus. Namuni, banyak orang lebih suka menggunakan domain .COM, karena ini paling populer dan mudah diingat dalam pikiran orang. Kecuali organisasi nirlaba, sebagian besar organisasi lebih suka .COM. Secara teknis tidak ada perbedaan antara .COM dan .NET baik dari segi SEO (Search Engine Optimization) atau hal-hal lainnya. Tergantung dari pemilik website itu sendiri bagaimana ia mengelola dan mengoptimalkannya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here