Beranda Pengetahuan Perbedaan Hotel Bintang 1 Sampai 5, Begini Cara Penilaiannya

Perbedaan Hotel Bintang 1 Sampai 5, Begini Cara Penilaiannya

Hotel bintang 5
Ilustrasi hotel mewah bintang 5 (sumber: Wikipedia)

Restoran, hotel, film, dan produk serta layanan lainnya sering diberi peringkat menggunakan berbagai sistem yang berbeda. Peringkat ini membantu calon pelanggan untuk mendapatkan gambaran umum tentang kualitas sebelum menggunakan produk atau layanan tersebut. Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang bagaimana sebuah hotel diberi peringkat.

Artikel ini secara umum akan menjelaskan,

  1. Bagaimana Cara Penilaian Sebuah Hotel
  2. Apa saja Sistem Penilaian yang Digunakan pada Hotel?
  3. Apa yang Dimaksud Peringkat Bintang

Bagaimana Cara Penilaian Sebuah Hotel

Hotel biasanya dinilai berdasarkan kualitasnya. Kualitas ini diukur oleh fasilitas dan pelayanan yang disediakan oleh hotel. Elemen-elemen seperti ukuran kamar, fasilitas tambahan, pemandangan, kemudahan akses, makanan, hiburan, spa, pusat kebugaran, dan denah lokasi akan dipertimbangkan dalam klasifikasi perhotelan.

Namun begitu, sebenarnya tidak ada sistem global untuk mengklasifikasikan hotel secara tetap. Terdapat berbagai skema klasifikasi di seluruh dunia mengingat berbagai organisasi perjalanan, situs web wisata dan pariwisata, serta pemerintah dari berbagai negara memiliki sistem peringkat mereka sendiri-sendiri. Namun demikian, sebagian besar sistem peringkat ini cenderung serupa.

Ketika Anda melihat peringkat sebuah hotel, penting untuk mengetahui bahwa peringkat tersebut dapat menyiratkan pendapat pengulas tentang hotel, tetapi bukan kualitas sebenarnya dari hotel tersebut. Misalnya, satu pengulas bisa saja memberi peringkat hotel bintang lima, sedangkan yang lainnya menilai hotel yang sama bintang empat. Penting juga untuk mengetahui siapa yang memberi peringkat hotel; misalnya, peringkat hotel bintang lima mungkin diberikan oleh blogger perjalanan atau organisasi perjalanan standar.

Apa saja Sistem Penilaian yang Digunakan pada Hotel?

Seperti disebutkan di atas, ada berbagai sistem peringkat hotel di seluruh dunia. Negara yang berbeda memiliki sistem peringkat yang berbeda, tetapi kebanyakan darinya memiliki cara pemeringkatan yang serupa. Sebagian besar sistem ini melibatkan bintang, dengan jumlah bintang yang lebih besar menunjukkan kualitas hotel yang lebih bagus. Sebagai contoh dijelaskan lebih lanjut di bawah ini:

Inggris Raya: Asosiasi Otomotif (AA) dan dewan pariwisata Inggris, Wales, dan Skotlandia adalah organisasi utama yang memberi peringkat hotel menggunakan sistem bintang.

Australia: Peringkat Bintang Australia adalah sistem bintang 1-5 yang dioperasikan oleh Australian Motoring Services.

Selandia Baru: Qualmark, sistem bintang 1-5 yang dimiliki oleh Tourism New Zealand, sebuah organisasi pemerintah.

Kanada: Kanada Select, sistem bintang 1-5, adalah agen peringkat Kanada terbesar.

Amerika Serikat: AAA (American Auto Association) menggunakan berlian alih-alih bintang untuk menentukan peringkat sebuah hotel.

Apa yang Dimaksud Peringkat Bintang

Selain ada perbedaan antara peringkat hotel bintang 1 – 5, terdapat pula beberapa kesamaan di antara semuanya. Penjelasan lebih lanjutnya bisa Anda baca di bawah ini:

Hotel Bintang 1

Hotel yang memiliki 1 bintang cocok untuk pelancong dengan anggaran terbatas. Hotel bintang 1 akan menyediakan akomodasi yang bersih dan sederhana. Kamar yang berukuran kecil dan bisa jadi juga tidak memiliki kamar mandi pribadi, telepon kamar, atau fasilitas lainnya. Hotel ini umumnya berlokasi di dekat tempat wisata utama, pusat transportasi umum, dll.

Hotel bintang 2

Hotel yang dianugerahi 2 bintang memiliki lebih banyak fasilitas dan layanan daripada hotel bintang 1. Hotel bintang 2 menyediakan akomodasi yang bersih, layak dan sederhana. Kamar-kamarnya ada yang berukuran kecil hingga sedang dan memiliki kamar mandi pribadi, telepon kamar, dan televisi. Gratis makan pada jam-jam tertentu biasanya juga akan disediakan.

Hotel bintang 3

Hotel-hotel yang memiliki 3 bintang akan memiliki perbedaan yang jelas di antara rating bintang sebelumnya. Sudah mencakup kamar-kamar yang lebih luas dengan fasilitas berkualitas, layanan kamar, layanan makan yang baik, kolam renang, pusat kebugaran, dan lobi yang tertata apik. Hotel bintang 3 juga dapat memiliki fasilitas pertemuan dan konferensi.

Hotel bintang 4

Hotel bintang empat adalah akomodasi kelas atas, menawarkan fasilitas yang luas, layanan kamar lengkap, beberapa restoran, bar, dan ruang santai. Layanan pribadi, parkir valet, layanan concierge (penjaga pintu), spa dan pusat kebugaran, seprai dan linen berkualitas tinggi, lantai, serta berbagai layanan lainnya tersedia di hotel-hotel ini. Dekorasinya sangat bergaya dan terkesan mewah.

Hotel bintang 5

Hotel bintang lima adalah hotel paling mewah dan termahal dari semua jenis hotel sebelumnya. Hotel bintang 5 adalah yang terbaik dalam fasilitasnya serta kemewahan. Pelayanannya sangat bagus teliti dan personal. Hotel bintang 5 juga akan diperaboti secara elegan dan seringkali juga berlokasi di tempat-tempat yang menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here