Beranda Pengetahuan Perbedaan Kung Fu dan Taekwondo Serta Pengertian Keduanya

Perbedaan Kung Fu dan Taekwondo Serta Pengertian Keduanya

Seni bela diri Taekwondo
Seni bela diri Taekwondo

Kung fu adalah ungkapan yang digunakan secara umum untuk semua seni bela diri Tiongkok. Uniknya, orang barat tahu perihal Kung fu lantaran Bruce Lee, yang mempopulerkannya lewat film-film action Hollywood. Taekwondo adalah seni bela diri taktis dari Korea yang sangat populer di seluruh dunia dengan jutaan orang praktisinya.

Banyak orang bingung memahami perbedaan antara Kung fu maupun Taekwondo sehingga kesulitan menentukan pilihan seni bela diri yang paling diminatinya. Artikel ini akan menjelaskan secara gamblang mengenai perbedaan antara Taekwondo dan Kung fu serta pengertian dalam artian sederhananya.

Kung Fu adalah?

Dalam dunia hiburan, istilah Kung fu lebih identik dengan film Bruce Lee. Dia dikenal banyak orang karena mempopulerkan kata Kung fu di seluruh dunia. Kung fu secara harfiah berarti keterampilan yang telah dicapai, dengan mengorbankan waktu dan usaha yang tidak mudah. Kung fu bukanlah seni bela diri tunggal seperti karate, Jujutsu, atau Muay Thai tetapi mengacu pada beberapa seni bela diri yang berasal dan dikembangkan di Cina selama ribuan tahun.

Tahukah teman-teman semua, Kung fu bukanlah istilah yang diakui oleh pihak berwenang di Cina. Mereka menggunakan istilah lain yang disebut Wushu untuk mempromosikan seni bela diri Tiongkok. Kung fu, oleh karena itu, adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk bukan hanya satu tetapi berbagai seni bela diri.

Taekwondo adalah?

Taekwondo adalah seni bela diri sangat populer yang berasal dari Korea. Taekwondo adalah sistem pertahanan diri dan juga olahraga tempur yang saat ini diikutkan dalam perlombaan di tingkat Olimpiade. Sejarah Taekwondo berawal ribuan tahun yang lalu di Korea kuno ketika ada tiga kerajaan saingan dan para pemuda harus dilatih untuk mempertahankan diri melawan para pejuang bersenjata.

Tiga seni tempur dan sistem pertahanan diri yang berkembang di kerajaan-kerajaan ini adalah ssireum, subak, dan teaekkyeon. Ketika Jepang menaklukkan Korea pada awal abad ke-20, Jepang mencoba menekan seni bela diri tradisional Korea tersebut. Seni bela diri modern yang disebut taekwondo berevolusi dari seni bela diri Korea kuno taekkyeon. Taekwondo adalah salah satu seni bela diri yang lebih berfokus pada menendang daripada memukul dengan tangan yang membuatnya berbeda dari seni bela diri populer lainnya yang disebut karate.

Kung Fu vs Taekwondo

• Kung fu adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut seni bela diri Tiongkok, dan bukan merupakan seni bela diri.

• Taekwondo adalah seni bela diri sangat populer dari Korea yang memiliki jutaan praktisi di seluruh dunia.

• Kung fu yang sebenarnya hanya ungkapan menjadi sangat populer karena upaya Bruce Lee yang adalah seorang seniman bela diri dan juga aktor Hollywood terkenal.

• Terjemahan harfiah Kung fu adalah seni bela diri.

• Taekwondo bisa disebut Kung fu, tetapi kebalikannya salah atau tidak benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here