Jelaskan Perbedaan Antara Ninja dan Samurai Jepang?

Samurai Ninja
Ilustrasi gambaran seorang Ninja

Perbedaan antara Ninja dan Samurai bisa dilihat dari kelas tempat mereka dipekerjakan. Ninja sebagian besar disewa dari kelas bawah sementara Samura direkrut dari kelas bangsawan. Seperti kita ketahui, Ninja dan Samurai adalah nama yang diberikan kepada tentara di Jepang abad pertengahan.

Di zaman modern, para sutradara Hollywood telah membuat nama-nama ini jadi begitu umum dan populer sehingga bahkan seorang anak kecil sekalipun tahu apa itu Ninja atau Samurai. Baik ninja maupun samurai adalah pejuang hebat, tetapi memiliki peran yang sangat berbeda. Ninja dilatih untuk menjadi seperti agen rahasia seperti agen-agen rahasia jaman sekarang sedangkan Samura dilatih secara khusus seperti tentara elit.

Siapa Ninja sebenarnya?

Ninja juga dikenal sebagai Shinobi. Fakta paling jelas yang membedakan keduanya adalah soal kategori (golongannya) yang berbeda, Ninja dipekerjakan oleh tentara bayaran, yang bekerja untuk uang dan menggunakan cara apa pun yang mereka suka untuk menyelesaikan misi.

Karena Ninja adalah tentara bayaran, mereka siap melayani siapa pun, yang mampu membayar biaya yang telah disepakati. Ninja selalu bekerja secara anonim dan menyembunyikan identitas aslinya dari publik.

Ninja memiliki pekerjaan yang berbeda dalam setiap tugasnya, mulai dari spionase hingga pembunuhan dan disewa oleh klan yang berbeda untuk melakukan pekerjaannya. Ninja tidak pernah dibatasi oleh etika dan akan menyelesaikan pekerjaannya dengan cara apa pun dengan brutal sekalipun.

Ninja menggunakan senjata yang berbeda pada waktu yang berbeda pula tergantung pada situasinya. Biasanya, mereka lebih suka senjata yang lebih kecil seperti senjata tajam bintang Ninja yang bisa digunakan secara diam-diam dan licik untuk menyerang target dari jarak jauh.

Ninja jarang mengambil bagian dalam pertempuran terbuka dan serangan sembunyi-sembunyi adalah senjata utamanya. Kode pakaian mereka juga dibuat khusus untuk semakin memperkuat aksi seangan diam-diamnya karena ninja akan selalu mengenakan pakaian hitam untuk menutupi segalanya kecuali mata.

Siapa Samurai sebenarnya?

Samurai adalah prajurit yang disiplin dan tidak pernah goyah demi sebuah kehormatan. Samura memiliki status elit di masyarakat dan tidak pernah perlu menjadi anonim dalam menjalankan misinya.

Samurai selalu diidentifikasi oleh klan tempat mereka bekerja dan begitu bergabung dengan para klannya, mereka tidak akan pernah mengkhianati atau meninggalkannya. Kehormatan seorang Samurai adalah nyawanya dan hal itu bisa dicontohkan ketika seorang Samurai harus bunuh diri karena kalah dalam pertempuran sehingga nantinya mereka tidak harus melayani tuan lain.

Pedang Samurai Katana dan Samurai hampir tidak dapat terpisahkan dalam setiap langkahnya. Hal itu lantaran mereka sering terlibat dalam pertempuran terbuka sehingga akan selalu siap untuk menggunakan pedangnya. Para Samurai mengenakan baju kokoh yang berbalut dengan lempengan-lempengan besi.

Perbedaan antara Ninja dan Samurai

Ninja dan Samurai yang menjadi dua kelas prajurit berbeda adalah prajurit yang tidak kenal takut dan sangat pemberani dimana legenda-legendanya masih tetap bergema di Jepang hingga saat ini. Para prajurit ini dipandang sebagai pahlawan dan masih disembah di dunia modern.

• Baik Ninja dan Samurai adalah prajurit pemberani di Jepang Abad Pertengahan.

• Ninja juga dikenal sebagai Shinobi.

• Ninja sebagian besar direkrut dari kelas bawah sementara Samurai direkrut dari kelas elit.

• Ninja adalah klandestin, sedangkan samurai terhormat.

• Ninja menggunakan metode apa pun untuk mencapai tujuan mereka sedangkan bagi para samurai, kehormatannya adalah yang tertinggi.

• Ninja mengenakan pakaian hitam yang menutupi segalanya kecuali mata mereka.

• Samurai mengenakan baju kokoh yang berbalut lempengan-lempengan besi.

NinjaSamurai
Disewa sebagai tentara bayaranTentara yang sangat disiplin
Bekerja secara diam-diamStatus elit di masyarakat
Klandestin (rahasia)Terhormat
Senjata yang berbeda bergantung pada waktu dan situasinyaPedangKatana

Leave a Comment