Beranda Pengetahuan Perbedaan Tai Chi dan Qigong Serta Pengertian Keduanya

Perbedaan Tai Chi dan Qigong Serta Pengertian Keduanya

Gerakan Tai Chi
Gerakan Tai Chi

Cina adalah salah satu peradaban tertua di dunia dan dua dari tradisinya yang sangat populer adalah, Tai chi dan Qigong. Keduanya merupakan seni bela diri internal yang mengarah pada pengembangan Qi, suatu energi kehidupan yang mengalir melalui jalur energi di dalam tubuh semua manusia.

Kedua bentuk seni bela diri ini menggunakan Chi untuk membuat seseorang lebih kuat baik secara fisik maupun mental. Baik itu Tai Chi dan Qigong keduanya sama-sama bertujuan untuk pemurnian tubuh, karakter, pikiran, menyembuhkan penyakit, dan umur panjang. Namun, karena kesamaan antara kedua jenis sistem latihan tersebut, kebanyakan orang masih bingung membedakan antara keduanya. Artikel ini akan menjelaskan secara mudah dipahami perbedaan antara Tai chi dan Qigong.

Tai Chi adalah?

Tai Chi Chuan, atau umum hanya disebut Tai Chi saja, berpusat di sekitar pengembangan Qi, atau Chi dalam tubuh seorang manusia. Tai Chi adalah kekuatan hidup yang menggerakkan semua makhluk hidup dan membentuk dasar dari sistem Pengobatan Tiongkok tradisional yang disebut TCM.

Kekuatan hidup ini mengalir melalui meridian di dalam tubuh, dan setiap kali ada gangguan pada aliran energi ini, tubuh otomatis akan menjadi sakit. Praktek Tai Chi, atau seni bela diri internal seperti telah disebutkan, memastikan bahwa Tai Chi mengalir ke seluruh tubuh praktisi Tai Chi tersebut akan meningkat kesehatannya.

Orang Barat menyebut Tai Chi sebagai seni penyembuhan sedangkan orang China sendiri menyebutnya sebagai cara hidup. Seni bela diri internal ini berasal sekitar dua ribu tahun yang lalu, terdiri dari serangkaian gerakan lambat dan melingkar yang diyakini dapat menghilangkan semua penghalang terhadap pergerakan Chi di dalam tubuh praktisi seni kuno ini. Hal ini termasuk pernapasan sistematis dan postur-postur tertentu seperti yoga India.

Qigong adalah?

Kultivasi kesehatan dengan menguasai Qi atau Chi adalah tujuan akhir dari Qigong seperti halnya Tai Chi. Dalam praktiknya, Qigong termasuk ada gerakan membentuk postur tubuh rumit seperti halnya yang dilakukan para yogi di India. Memfokuskan pikiran sembari membuat postur tersebut bertujuan untuk meningkatkan energi kesehatan dari praktisi.

Arti literal dari Qigong adalah kerja energi kehidupan. Seni bela diri Tiongkok kuno tersebut dimaksudkan untuk memungkinkan praktisi mengendalikan kekuatan hidup dan mendapatkan manfaat secara fisik, mental, spiritual, dan emosional. Qigong adalah bagian dari TCM atau Traditional Chinese medicine, yang pertama kali diterbitkan dalam sebuah kitab China kuno berjudul Yellow Emperor’s Inner Canon . Buku ini dianggap sebagai sumber utama Sistem Pengobatan Tiongkok kuno. Qigong diyakini dapat menyembuhkan penyakit dan juga meningkatkan kesehatan fisik dan mental praktisi. Qigong memiliki tiga bentuk yaitu qigong medis, qigong meditasi, dan qigong bela diri.

Perbedaan antara Tai Chi dan Qigong

• Daya yang dihasilkan di tai Chi padat sedangkan daya di Qigong lebih ringan.

• Gerak badan dan aturan-aturan dalam Tai Chi agak lebih rumit dibandingkan dengan Qigong, yang lebih mudah dan kurang dalam.

• Meditasi di Qigong jauh lebih intens dan kuat dibandingkan dengan Tai Chi.

• Qigong lebih banyak dipraktikkan untuk kekuatan penyembuhannya sementara Tai Chi adalah cara hidup yang dimaksudkan untuk kebugaran pikiran dan tubuh secara keseluruhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here