Beranda Blogging Ini Perbedaan Website dan Blog yang Perlu Kalian Ketahui

Ini Perbedaan Website dan Blog yang Perlu Kalian Ketahui

Perbedaan website dan blog
Perbedaan website dan blog

Baik antara situs web dan Blog memang agak mirip. Ada sedikit perbedaan di antara keduanya, yang bisa kita lihat dan amati. Perbedaan utama antara situs web dan blog adalah blog pada dasarnya lebih interaktif dan dinamis, sedangkan situs web cenderung statis atau tidak aktif.

Selain itu, konten pada blog juga sering diubah atau diperbaruhi, pengunjung yang datang akan selalu disuguhi dengan kontan-konten yang fresh untuk dibaca. Sebaliknya, tidak demikian halnya dengan situs website. Konten di situs website lain (selain situs web informasi) lebih sangat jarang berubah.

Definisi Situs Website

Situs web memiliki halaman web yang terdiri dari teks yang disematkan dengan perpaduan lain seperti tautan, hiperteks, formulir, suara, gambar, dll. Tujuan dibuatnya situs website biasanya lebih ke untuk maksud tujuan khusus. Jadi tidak perlu diupdate secara rutin layaknya blog.

Misalnya, jika seseorang memiliki maksud atau tujuan tertentu untuk menulis buku tentang suatu topik, maka ia dapat membuat website untuk lebih mengenalkan kepada target konsumennya.

Definisi Blog

Secara teknis, blog juga merupakan salah satu dari jenis situs website. Blog dibangun dengan konsep sistem manajemen konten memanfaatkan alat blogging yang berjalan pada sistem hosting. Blog adalah adalah bentuk singkat dari weblog, dapat didefinisikan sebagai jurnal online yang dibagikan melalui internet. Dengan bantuan blog, seseorang dapat memposting entri buku harian terkait dengan pengalaman atau minat pribadinya.

Sebuah blog dibuat dan diedit oleh seorang individu yang dikenal sebagai blogger. Untuk memelihara sebuah blog, seseorang harus fokus menulis dan rutin menerbitkan artikel setiap harinya. Sehingga pengunjung yang datang tidak merasa bosan karena selalu disuguhi dengan konten-konten baru.

Perbedaan Kunci Antara Situs Website dan Blog

Situs website adalah istilah yang lebih umum dibandingkan dengan blog, yang dirancang secara lebih spesifik. Dengan kata lain, semua blog dapat dianggap sebagai situs web, tetapi tidak semua situs web dianggap blog.

Unit dasar dalam sebuah situs web adalah konten, sedangkan, dalam webblog, adalah posting.

Dalam sebuah blog (atau situs web informasi), konten ditempatkan sesuai dengan urutan kronologis tertentu. Sebaliknya, di situs web, tidak ada pengaturan khusus dari konten yang dibuat.

Kolom komentar sebagian besar disediakan di blog, sedangkan untuk situs website tidak harus. Oleh karena itu blog sifatnya lebih interaktif serta dinamis dibandingkan situs web.

Homepage (halaman depan) bisa ada atau tidak ada dalam blog, tetapi di situs web, homepage pasti akan selalu ada.

Kesimpulan

Perbedaan utama antara situs web dan blog terletak pada penyajian informasi dan jenis informasinya. Blog bersifat elaboratif sementara situs web ringkas. Namun secara SEO, keduanya dianggap sama oleh mesin pencari. Mana yang lebih relevan dan bagus kualitas penulisannya akan diunggulkan di hasil pencarian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here