Beranda Pengetahuan Petunjuk Dasar Feng Shui untuk Meningkatkan Energi Positif Rumah

Petunjuk Dasar Feng Shui untuk Meningkatkan Energi Positif Rumah

Bagua Feng Shui
Bagua Feng Shui

Meskipun tidak nampak secara fisik pandangan mata, energi di rumah pengaruhnya sangat besar bagi psikologis penghuni rumah itu sendiri. Rumah adalah tempat kita mengisi ulang daya sebelum menjalani hari atau rutinitas yang dilakukan.

Ketidakseimbangan energi dalam rumah akan berdampak buruk baik secara psikis maupun psikologis. Seperti itulah kira-kira akar dasar pemikiran feng shui, sebuah praktik Timur kuno yang berupaya membimbing hidup kita agar sesuai dengan energi yang ditimbulkan di rumah.

Definisi singkat tentang feng shui: berasal dari Cina sebagai sistem filosofis dalam menyelaraskan keberadaan manusia dengan lingkungan sekitarnya. Dua kata dalam bahasa Mandarin yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “air-angin”.

Feng shui adalah salah satu dari 5 Seni Metafisika Tiongkok, memanfaatkan pengamatan penampilan melalui rumus dan perhitungan. Feng shui bukan semacam praktik mistis yang samar-samar atau klenik; melainkan adalah [seni kuno] sangat berkembang yang menggunakan angka dan pola untuk mengikat kekuatan tak terlihat dari alam semesta, bumi, dan manusia.

Mudah sakit-sakitan, emosi sering tidak terkontrol, dan sering merasa tidak bahagia tanpa sebab, kemungkinan salah satu sebabnya energi dalam rumah Anda tidak harmonis. Berikut ini petunjuk sederhana cara menormalkannya menurut ilmu Fengshui:

Buat Beberapa Ruang Lega

Bersihkan benda-benda yang sudah lama tidak digunakan. Jika sudah ada di rumah Anda selama bertahun-tahun dan sama sekali belum menggunakannya (atau mungkin sudah pernah berpikir untuk membuangnya lebih dari satu kali), maka itu harus segera dilakukan sekarang.

Menurut fengshui, membuang barang-barang bekas yang tidak berguna atau jarang digunakan efeknya sangat bagus untuk kesehatan psikologis. Coba sekarang perhatikan lagi sisi rumah Anda, adakah barang-barang lama tidak digunakan yang sudah menumpuk seperti sampah?. Maka saatnya sekarang untuk bersih-bersih rumah.

Biarkan Cahaya dan Udara Masuk

Keseimbangan energi dalam rumah akan terganggu tanpa kedua elemen ini. Yang kami maksudkan di sini tentu saja adalah cahaya alami dan udara dari alam. Buka tirai lebih sering, buka jendela, atau bahkan bisa juga dengan menanam beberapa tanaman pemurni udara. salah satunya adalah minyak atsiri yang terkenal bagus untuk membersihkan udara di rumah Anda.

Feng Shui “Trinitas”

Saat Anda dalam tahap perencanaan, pastikan untuk memberi perhatian ekstra pada tiga ruang khususnya yang sangat terkait dengan kesehatan penghuni rumah, diantaranya adalah kamar tidur, kamar mandi, dan ruang dapur.

Bagua Feng Shui

Bagua adalah peta energi feng shui rumah yang harus kita cari tahu sendiri. Ada dua metode yang bisa kita gunakan, menurut konvensi tradisional Timur ( BTB), atau bagua Barat. Cara menggunakan papan Bagua secara singkat seperti dijelaskan di bawah ini:

Pegang Bagua feng shui dengan bagian wisdom/career/helpful mengarah ke arah Anda dan berada di posisi sejajar dengan dinding pintu masuk rumah. Sekarang saatnya untuk menentukan. Sebagai contoh, apabila Anda sedang menganalisa sebuah ruangan, pintu masuk berada di kiri atau kanan?. Maksudnya hal ini akan membuat bagian kiri ruangan adalah wisdom area, bagian tengah adalah career area, dan bagian kanan adalah helpful area.

Setelah tahu lokasi-lokasi tersebut berdasarkan dengan area dan elementnya, Anda sekarang sudah bisa menambahkan beberapa benda di tempat tersebut untuk memperkuat energi chi yang ada. Misalnya, taruhlah tanah kuning di daerah kesehatan untuk meningkatkan kesehatan para penghuninya. Atau cat dinding dengan menggunakan warna merah di area Fame wall untuk menarik banyak orang.

Lima Elemen Feng Shui

Lima elemen tersebut adalah Kayu, Api, Bumi, Logam, dan Air, dan mereka masing-masing memiliki warna tersendiri. Manfaatkan kekuatan warna untuk menyeimbangkan kelima elemen ini dalam korespondensi dengan area bagua. Setiap warna memiliki kekuatannya sendiri, seperti misalnya hijau untuk meningkatkan kesehatan di daerah bagua feng shui Timur di rumah Anda.

Elemen Kelahiran Feng Shui

Seseorang dilahirkan pada hari dan tahun tertentu, dan waktu tersebut memiliki elemennya tersendiri. Perlu diketahui, bahwa kalender Cina berbeda dengan Barat (yang biasa kita gunakan), jadi selaraskan “ulang tahun” Anda dengan aturan Timur.

Bagan Fengshui elemen kelahiran
Bagan Fengshui elemen kelahiran

Nomor Kua & Arah Keberuntungan

Nomor dan arah keberuntungan juga memengaruhi energi terbaik yang bisa kita dapatkan. Dengan mengatur posisi arah misalnya tempat tidur atau meja menghadap ke arah tertentu tergantung pada nomor Kua masing-masing orang.

Seseorang bisa memusatkan titik energi untuk kemakmuran tertentu seperti Uang dan Kesuksesan, Kesehatan yang Lebih Baik, Pertumbuhan Rohani, Cinta dan Pernikahan, dan lain sebagainya. Cari tahu nomor Kua Anda, tentukan yang ingin diraih, lalu sesuaikan perabotan di rumah Anda..

Pemusatan Energi

Energi, menurut definisinya, adalah kekuatan yang bergerak. Berlatih feng shui sekali tidak membuat rumah Anda selaras dengan energi secara permanen, jadi berhati-hatilah terhadap lingkungan dan buat penyesuaian yang diperlukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here