Beranda Lokal Pindahkan Ibu Kota Tidak Akan Kurangi Kemacetan Lalu Lintas Jakarta

Pindahkan Ibu Kota Tidak Akan Kurangi Kemacetan Lalu Lintas Jakarta

Kemacetan lalu lintas
Ilustrasi kemacetan lalu lintas

Kemacetan lalu lintas akan terus mengganggu jalan-jalan Jakarta bahkan jika bukan lagi ibu kota Indonesia, Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan dalam menanggapi rencana Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota negara.

Anies mengatakan Pemindahan ibu kota tidak akan secara otomatis mengurangi kemacetan lalu lintas di Jakarta.

“Kemacetan masih akan terjadi di Jakarta karena penyumbang kemacetan adalah kegiatan rumah tangga dan sektor swasta, bukan kegiatan pemerintah,” katanya, Senin.

Dia menambahkan bahwa ada 17 juta kendaraan pribadi yang terdaftar di Jakarta, tetapi kendaraan pemerintah hanya berjumlah 141.000.

“Bahkan jika administrasi pemerintah pusat dipindahkan, tantangan lalu lintas akan tetap ada,” kata mantan menteri pendidikan dan kebudayaan di kabinet Jokowi itu, seraya menambahkan bahwa pegawai negeri sipil menyumbang sekitar 9 persen dari populasi 10 juta penduduk Jakarta.

Pemerintahan Jokowi mengumumkan pada hari Senin bahwa Presiden akan melanjutkan rencana untuk memindahkan ibukota dengan mendirikan pusat pemerintahan baru di luar Jawa.

Rencana tersebut bertujuan untuk memastikan pembangunan yang lebih adil dan mengatasi kelebihan penduduk di pulau terpadat di Indonesia, kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro setelah rapat kabinet terbatas dengan Presiden pada hari Senin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here