Beranda Kecantikan Rambutmu Sehat atau Rusak, Lima Tes Sederhana Ini Akan Menjawabnya

Rambutmu Sehat atau Rusak, Lima Tes Sederhana Ini Akan Menjawabnya

Tes Kesehatan Rambut – Tak perlu pusat perawatan rambut, kamu sebenarnya dapat memeriksa sendiri kekuatan rambut di rumah dengan beberapa tes sederhana yang mudah dilakukan. Setiap wanita tentunya ingin memiliki rambut dan kulit kepala yang sehat. Namun, karena kebiasaan seperti mewarnai, menekuk, meluruskan, membuat rambut mudah rontok, kering dan ujungnya terbelah.

Ingin tahu apakah rambutmu saat ini masih dalam kondisi sehat atau sebenarnya sudah rusak, Berikut adalah 5 tes sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengetahuinya.

Tes Kesehatan Rambut

Tes dengan air

Kesehatan rambut

Pertama, tarik terlebih dahulu rambut di belakang kepala dengan satu tangan. Selanjutnya, taruh rambut di semangkuk berisi air bersih. Jika helai rambutnya tenggelam, itu menunjukkan bahwa rambutmu sangat kering dan keropos, ada banyak lubang kecil di rambut yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. Jika rambut terapung di permukaan air, itu menunjukkan bahwa rambutmu kuat dan tidak memiliki banyak kerusakan. Rambut yang tenggelam ke dasar mangkuk adalah efek dari pewarnaan rambut yang teratur.

Saat mewarnai rambut, epidermis pelindung akan “terkelupas” sehingga lapisan warna bisa menembus. Ini menyebabkan rambut menjadi rusak dan mudah patah. Solusi terbaik yang harus kamu lakukan adalah untuk sementara waktu tidak mewarnai rambut. Di saat yang sama, lakukan perawatan rambut untuk mengembalikan epidermis, agar rambut kembali halus dan berkilau.

Knotting

Kesehatan rambut

Tes ini diawali dengan memilih beberapa helai rambut, jangan ditarik ya, kemudian ikat rambut dengan sedikit longgar. Selanjutnya, letakkan di telapak tangan. Jika bentuk ikatan masih tetap seperti semula dan tidak lepas, rambutmu mungkin sudah rusak parah. Hal ini merupakan kondisi di mana rambut dipoles terlalu banyak bahan kimia, sehingga tidak memiliki elastisitas dan kehalusan alami.

Karena itu, ketika mengalami hal ini, sebaiknya jangan menyisir rambut saat masih basah. Karena, pada kondisi seperti ini rambut akan paling mudah patah. Kamu cukup hanya perlu menggunakan tangan untuk menghaluskan rambut setelah mandi. Biarkan rambut mengering dengan sendirinya, jangan gunakan pengering rambut dan alat penata gaya lainnya.

Gulung rambut di jari-jari tangan

Kesehatan rambut

Cukup gulung sehelai rambut kamu di sekitar jari-jari, jika rambut kembali ke bentuk aslinya, berarti rambutmu memang masih kuat dan elastis. Sebaliknya, jika rambut justru jadi keriting tidak kembali ke bentuk semula, berarti rambutmu lemah dan rusak cukup serius. Pada kondisi ini, gunakanlah sampo herbal untuk mencegah rambut rontok serta melindungi rambut agar lebih kuat.

Menyisir rambut

Kesehatan rambut

Tes kesehatan rambut selanjutnya adalah Letakkan jari-jari di rambut, dari akar sampai ujung. Jika ada beberapa helai rambut yang rontok dan menempel di jari, itu menandakan kulit kepala kering dan tidak sehat. Untuk meningkatkan kesehatannya, wanita harus menghindari mencuci rambut setiap hari. Tambahkan juga kondisioner untuk menguatkan rambut. Bisa pula mencucinya dengan air dan kondisioner saja tanpa perlu menggunakan sampo. Hal ini berguna untuk membantu agar rambut tidak terlalu rusak dan patah.

Tes elastisitas rambut

Kesehatan rambut

Pertama, basahi rambut dan regangkan dengan hati-hati. Jika rambut bisa diregangkan dan menyusut kemudian, maka selamat, rambutmu benar-benar masih kuat. Di sisi lain, jika untaian hanya terulur tanpa menyusut ke panjang aslinya atau justru malah rusak di tengah jalan, berarti rambut sedang kekurangan protein dan kelembabannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here