Beberapa Kerusakan pada Ponsel Realme 3 Pro dan Cara Perbaikinya

Spesifikasi Realme 3 Pro

Kerusakan pada ponsel Realme 3 Pro
Kerusakan pada ponsel Realme 3 Pro

Sebelum kita masuk ke detail pembahasan terkait masalah yang umum terjadi pada ponsel Realme 3 Pro, baiknya kita ketahui terlebih dahulu spesifikasi secara singkat dari ponsel buatan China ini.

Realme 3 Pro adalah ponsel cerdas full HD 6.3 dengan layar dewdrop. Pada layarnya secara default juga sudah dibekali dengan perlindungan Gorilla Glass 5

Smartphone ini ditenagai oleh Snapdragon 710, memiliki dua kamera belakang 16 MP + 5 MP dengan sensor Sony IMX519.

Ponsel ini juga sudah mendukung mode Ultra HD 64 MP, dan kamera selfie sebesar 25 MP. Baterai 4045mAh yang mendukung VOOC Flash charge 3.0.

Untuk OS-nya sudah versi Android 9.0 yang disandingkan dengan ColorOS 6.0 di dalamnya. Ada dua varian di pasaran yang tersedia, yaitu varian 4GB + 64GB, dan varian 6 GB + 128 GB.

Masalah yang umum terjadi pada Realme 3 Pro dan langkah dasar perbaikannya

Masalah kerusakan layar sentuh

Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka mengalami masalah layar sentuh pada smartphone Realme 3 Pro miliknya. Seperti misalnya respon layar sentuh yang tidak teratur (bergerak sendiri), dan aplikasi yang tidak mau kebuka dalam satu ketukan.

Langkah perbaikan dasar

Bisa jadi problem layar sentuh tersebut disebabkan karena pengguna telah mengaktifkan mode AI (artificial intelligence) tanpa diketahui, yang pada saat itu tengah mencoba mengurangi daya ponsel untuk memaksimalkan masa pakai baterai agar lebih lama, sehingga juga memengaruhi kinerja ponsel.

Perbaikan cepatnya adalah dengan menonaktifkan mode AI tadi hingga layar sentuh ponsel bekerja normal kembali.

Koneksi bluetooth sering putus sendiri

Beberapa pengguna juga melaporkan bahwa ponsel Realme 3 Pro miliknya sering terputus dan terhubung kembali ke perangkat Bluetooth.

Langka perbaikan dasar

Realme 3 Pro telah dibekali dengan Bluetooth terbaru versi 5.0, yang cukup stabil dan hemat daya, tetapi jika pengguna masih sering menghadapi masalah pemutusan koneksi semacam ini, solusinya adalah dengan mengatur ulang smartphone ke pengaturan awal pabrik.

Jangan lupa backup data-data penting sebelum melakukan proses reset ponsel.

Kualitas frame turun saat perekaman video Full HD dan 4K

Saat mencoba merekam video full HD atau 4K di Realme 3 Pro, beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka melihat adanya penurunan kualitas frame utama yang menyebabkan hasil rekaman video berombak.

Langkah perbaikan dasar

Jika pengguna tidak mendapatkan hasil rekaman video yang mulus di Realme 3 Pro miliknya, dapat dicoba kembali dengan menonaktifkan EIS (Stabilisasi Gambar Elektronik).

Garis putih lurus muncul di layar

Masalah ini juga bisa ditemukan di ponsel cerdas merek apa pun akibat cacat produksi. Garis putih lurus, atau garis warna apa pun, jika muncul pada layar ponsel cerdas, adalah hasil dari cacat produksi atau sesuatu yang terjadi setelah pemilik menjatuhkan ponselnya pada benda keras seperti lantai.

Langkah perbaikan dasar

Garis putih pada layar atau masalah perangkat keras lainnya tidak dapat diperbaiki tanpa keahlian khusus, termasuk pembaruan perangkat lunak, mengatur ulang ponsel ke pengaturan awal pabrik atau merestartnya.

Perbaikan harus dilakukan oleh tenaga profesional atau jika masih ada garansinya bisa dicoba dengan menukarkannya untuk diganti produk yang baru.

Leave a Comment