Beranda Blogging Perbedaan Redirect 301 dan Redirect 302, Serta Pengaruhnya pada SEO

Perbedaan Redirect 301 dan Redirect 302, Serta Pengaruhnya pada SEO

Perbedaan redirect 301 dan redirect 302
Perbedaan redirect 301 dan redirect 302

Perbedaan Utama: 301 Redirect hanyalah kode untuk memberi tahu browser termasuk bot mesin pencari bahwa situs web telah beralih ke lokasi baru secara permanen. Sedangkan kode 302 Redirect memberitahukan bahwa situs web beralih ke alamat baru hanya bersifat sementara (temporarily).

Di bawah ini akan dijelaskan secara lebih detail perbedaan mendasar antara kode pengalihan 301 dan 302. Termasuk pula pengaruh-pengaruhnya terhadap pengoptimalan mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO)

Kode Status Respons HTTP adalah angka yang diciptakan secara khusus untuk memberi tahu browser dan server apa yang harus dilakukan terhadap suatu URL atau alamat website aktif. Kode yang paling populer adalah 404, atau “Halaman Tidak Ditemukan”. Kode lain seperti 301 dan 302 lebih akrab serta cukup penting dipahami untuk master web dan penggiat SEO.

Respons kode 301 Redirect berarti suatu alamat website tertentu telah dialihkan ke alamat URL lain secara permanen. Apa artinya pengalihan ini? Secara SEO, peringkat halaman serta kekuatan backlink di dalamnya juga ikut ditransfer ke URL baru tersebut.

Hal ini memastikan bahwa situs web tersebut tidak harus memulai dari awal lagi untuk proses pengindekskannya di mesin pencari. Posisi hasil pencarian masih akan tetap sama, cuman hanya alamat URL-nya saja yang berubah. Ini biasanya lebih umum digunakan ketika situs web mengubah nama domainnya karena suatu alasan.

Alasan lain untuk menggunakan pengalihan 301 adalah saat situs web kita mengalami kesalahan (error 404) yang bisa berdampak sangat buruk terhadap SEO. Jadi pengalihan 301 ini adalah jamunya agar peringkat web tidak mengalami pemerosotan.

Sementara, 302 Redirect sifat pengalihannya ini dianggap hanya sementara saja (tidak permanen). Karena bersifat sementara, maka browser dan status URL di pencarian tidak akan diubah. 302 ini biasanya lebih sering digunakan oleh situs web e-commerce yang menjual produk musiman, sehingga setelah tren berubah, alamat akn dikembalikan seperti semula.

Alasan lain penggunaan kode redirect 302 adalah ketika kita sedang melakukan maintenance atau pemeliharaan situs web. Selama proses pemeliharaan atau pembenahan ini, seluruh URL tujuan yang masuk bisa dialihkan ke halaman maintenance sementara waktu.

Jadi intinya jangan sembrono dalam menentukan pilihan kode redirect antara 301 atau 302, karena pemilihan yang kurang tepat juga bisa berdampak buruk dari segi SEO bagi situs website yang bersangkutan. Di sisi lain, jika situs web memiliki banyak jumlah pengalihan 301, dampaknya juga dapat mengakibatkan situs web melambat, menurunkan peringkat kecepatan website, yang merupakan salah satu dari sekian banyak faktor SEO yang dianjurkan oleh Google.

Perbandingan antara Pengalihan 301 dan 302

 

301 Redirect

302 Redirect

Definisi

Mengalihkan alamat situs web dari satu URL ke URL lainnya

Mengalihkan alamat situs web dari satu URL ke URL lainnya

Jenis Pengalihan Server

HTTP code redirect

HTTP code redirect

Jenis Pengalihan

Permanent

Temporary atau hanya sementara

Cara membuat redirect

Menulis kode perintah khusus dalam file .htaccess jika menggunakan server website Apache

Menggunakan Javascript atau meta tag untuk membuat pengalihan 302

Kapan harus menggunakannya?

Biasanya digunakan ketika nama domain diubah secara permanen ke alamat yang baru. Jika situs web sudah berkembang tetapi ingin mengubah perusahaan atau nama situs web, maka untuk mempertahankan pelanggan dan pengguna lawas, kita dapat mengalihkan seluruh situs web ke nama domain baru tanpa khawatir kehilangan peringkat di mesin pencari

Dapat juga digunakan manakala terjadi error pada URL sebelumnya

Paling umum digunakan dalam e-commerce ketika ada produk musiman. Jadi, ketika produk kehabisan stok atau di luar musim, pengalihan sementara dapat dilakukan untuk mengirim pengunjung ke lokasi lain di situs web yang baru

Page Rank & Link Juice

Peringkat Halaman dan link juice dari URL lama ikut juga pindah ke yang baru

Peringkat Halaman dan link juice dari URL lama tidak ikut pindah ke URL yang baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here