Beranda Pengetahuan Rumus dan Cara Menghitung Agar Selamat Saat Berkendara di Jalan

Rumus dan Cara Menghitung Agar Selamat Saat Berkendara di Jalan

Meski segala upaya telah dilakukan, kasus kecelakaan di jalan raya masih terus terjadi hingga detik ini. Sebagian besar kecelakaan tersebut disebabkan karena faktor manusia itu sendiri, seperti mengemudi dengan ugal-ugalan, mengantuk, tidak fokus saat berkendara dan lain sebagainya.

Keselamatan dalam berkendara adalah nomor satu, baik untuk sendiri maupun pengguna jalan lain. Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya ada rumus perhitungan sederhana yang bisa digunakan dan terapkan agar senantiasa selamat saat mengemudi di jalan raya.

Kecelakaan terjadi ketika pengemudi tidak dapat menghentikan kendaraan dengan remnya. Hal ini lantaran pengemudi tersebut tidak mendapatkan WAKTU dan KESEMPATAN yang cukup untuk menghentikan mobil. Jika pengemudi menjaga jarak aman dari mobil di depan, maka pengemudi akan dapat menghentikan mobil dengan rem sebelum menabrak mobil lain.

Jarak yang dibutuhkan akan lebih panjang jika mobil melaju dengan kecepatan lebih tinggi. Angka dalam ilustrasi gambar di bawah ini akan memberi tahu Anda terkait hal tersebut.

Biru = Waktu berpikir, Merah = Jarak Rem, Panjang mobil rata-rata 4 m.

Ada aturan yang disebut Two Second Rule. Menurut aturan ini, jarak 2 DETIK antara dua mobil adalah aman. Sekarang, mari kita lihat bagaimana Cara Menghitung jarak dalam DETIK tersebut.

Aturan jarak Dua Detik

Kita ambil contoh Anda sendiri sedang mengendarai mobil dan mobil lain bergerak di depan Anda. Sekarang Anda harus mengambil objek apa pun seperti tiang atau pohon sebagai tanda. Ketika mobil di depan melewati tanda tersebut, mulailah menghitung waktu segera. Berhentilah menghitung ketika mobil yang Anda kendarai melewati tanda tersebut.

Jika waktu yang Anda hitung lebih dari dua detik, maka mobil Anda berada pada jarak yang aman. Yang berarti ada cukup celah atau kesempatan bagi Anda untuk menghentikan mobil segera jika mobil di depan Anda tersebut berhenti tiba-tiba. Aturan ini dapat membantu Anda tetap aman saat berkendara, berapa pun kecepatan mobilnya saat itu.

Semoga Anda paham dan mengerti ya, terkait aturan Dua Detik ini. Sehingga bisa menghitung keselamatan dan keamanan saat berkendara di jalan. Silakan bagikan artikel ini, agar saudara dan teman-teman Anda semuanya tahu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here