Beranda Kesehatan Sebelum Terlambat, Kenali 7 Gejala Dini Kanker Berbahaya Ini

Sebelum Terlambat, Kenali 7 Gejala Dini Kanker Berbahaya Ini

Tanda kanker kulit
Ilustrasi tanda kanker kulit

Kemarin kita dikagetkan dengan kabar duga meninggalnya aktor dan penyanyi Indonesia Agung Hercules. Siapa sangka, pria bertubuh kekar dan identik dengan barbel tersebut begitu cepat meninggalkan kita semua. Di balik perawakannya yang sangar dan wajahnya yang selalu terlihat ceria, beliau ternyata sedang berjuang keras melawan sakit kanker yang dideritanya.

Seperti kita ketahui, kebanyakan penyakit kanker baru disadari setelah kondisinya sudah terlanjur parah. Pada tahap awal atau gejala dini, orang seringkali tidak menyadari bahwa itu adalah kanker dan menganggapnya sebagai penyakit umum biasa. Menurut medis, kanker sebenarnya relatif mudah di atasi pada tahap perkembangan awal.

Kanker sering dianggap sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam. Namun, penelitian di Inggris baru-baru ini menunjukkan bahwa beberapa kanker memiliki manifestasi yang muncul di kulit. Ketika kanker didiagnosis lebih awal, pengobatannya akan lebih mudah, mematikan siklus perkembangannya, hingga dapat menyebabkan peluang hidup lebih tinggi pada penderitanya.

Berikut adalah beberapa tanda dan gejala awal kanker yang harus kita waspadai:

Pendarahan atau Memar yang Tak Kunjung Sembuh

Salah satu tanda awal leukemia adalah pendarahan atau memar yang tak kunjung sembuh setelah beberapa hari lamanya. Hal ini lantaran sel-sel darah merah tidak dapat lagi berfungsi secara normal, menyebabkan darah membeku.

Perubahan dalam Kuku

Beberapa ahli mengatakan bahwa perubahan pada kuku juga bisa menjadi indikasi adanya hal yang tidak beres dalam tubuh. Salah satu penyakit tersebut adalah kanker paru-paru yang membentuk pembesaran di ujung kuku, kanker kulit yang membentuk noda coklat atau hitam di bagian bawah kuku, dan kanker hati yang menyebabkan kuku putih dan pucat.

Benjolan atau Bengkak

Benjolan atau bengkak adalah beberapa gejala kanker yang paling dikenali dan menjadi momok banyak orang. Apa yang menyebabkan munculnya benjolan tersebut? Beberapa jenis kanker dapat mempengaruhi sistem limfatik. Perubahan ini menyebabkan bengkak dan benjolan terbentuk di bagian tubuh tertentu.

Beberapa ada yang ganas dan ada yang jinak, satu-satunya cara untuk mengetahui benjolan tersebut kanker atau tidak adalah dengan langsung berkonsultasi pada dokter. Seusainya di rumah sakit, biasanya pasien akan menjalani pemeriksaan menyeluruh dan jika perlu, dokter akan menyarankan operasi pengangkatan.

Pembengkakan di Wajah

Salah satu gejala kanker yang paling banyak diabaikan karena sering disalahartikan sebagai reaksi alergi terhadap makanan atau makeup tertentu yang digunakan. Tidak banyak orang tahu bahwa pembengkakan pada wajah dan leher adalah indikasi seseorang menderita kanker paru-paru. Untuk mengetahui apakah pembengkakan tersebut kanker paru-paru atau tidak, berkonsultasilah dengan dokter saat Anda melihat ada beberapa bagian yang bengkak terutama di bagian wajah dan leher.

Pembengkakan pada Payudara

Beberapa tanda awal kanker bisa muncul sebagai luka merah, gatal, dan pembengkakan pada payudara. Meskipun gejala-gejala ini juga bisa mengindikasikan seorang wanita akan mengalami menstruasi atau akibat dari bra terlalu ketat, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda menganggapnya itu tidak wajar.

Perubahan pada Puting

Memperhatikan perubahan yang tidak wajar pada puting juga perlu karena dalam kondisi tertentu bisa menjadi indikasi adanya tahap awal penyakit kanker. Ketika puting payudara nampak terbalik, menyamping, atau pipih, ini bisa menjadi tanda adanya pertumbuhan kanker payudara. Segera periksakan ke dokter sebelum terlambat

Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan yang tidak biasa dan disertai dengan pendarahan adalah indikasi seseorang memiliki salah satu dari jenis kanker kulit berikut: karsinoma sel skuamosa, melanoma, dan karsinoma sel basal.

Sulit untuk memastikan sendiri gejala-gejala kanker karena samar-samar mirip dengan gejala penyakit lain. Kadang-kadang kita menganggap itu normal, dan terkadang kita mengesampingkannya sebagai reaksi alergi terhadap suatu makanan atau zat tertentu yang mengenai kulit.

Tubuh kita sudah didesain dengan begitu canggihnya. Ia akan memberikan sinyal khusus untuk memberitahukan kita jika ada sesuatu yang salah. Jika kita melihat adanya beberapa perubahan yang tidak biasa, sebaiknya jangan lantas dicuekin atau dibiarkan begitu saja. Tapi lakukanlah pengamatan dan penelitian, kemudian berkonsultasi dengan dokter guna membantu memastikan gejala-gejala tersebut berhubungan dengan kanker atau tidak.

Kesalahan umum yang sering dilakukan orang ketika melihat tanda-tanda dan gejala awalnya adalah mereka justru malah berusaha menyembunyikannya dari dokter dan orang lain, menganggap dirinya tidak apa-apa tanpa melakukan pemeriksaan medis. Jangan pernah menduga-duga tanpa dasar logis yang jelas, karena itu adalah awal dari malapetaka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here