Beranda Dunia 5 Stadion Sepak Bola Paling Besar dan Megah di Dunia Saat Ini

5 Stadion Sepak Bola Paling Besar dan Megah di Dunia Saat Ini

Sepak bola adalah rajanya olahraga paling populer di seluruh dunia. Hal ini berkat sering diadakannya pertandingan besar dan megah yang melibatkan peserta dari berbegai Negara dengan hadiah kemenangan yang super fantantis.

Stadion atau lapangan luas untuk media bermain sepak bola adalah salah satu hal penting yang harus dipersiapkan. Agar permainan bola berjalan lancar, maka stadion harus dibuat dengan selayaknya, semisal tanahnya harus benar-benar datar dengan rerumputan halus sebagai pelindung saat pemain terjatuh agar tidak terluka parah.

Banyak negara-negara di dunia saat ini yang telah membangun stadion megahnya untuk mempersiapkan pertandingan-pertandingan sepak bola akbar yang diadakan. Namun dari kesemuanya itu, berikut ini lima diantaranya yang terkenal paling besar dan megah di dunia saat ini.

Stadion The Rungrado 1st of May 

Stadion The Rungrado 1st of May
Stadion The Rungrado 1st of May

Stadion milik Korea Utara itu dianggap sebagai salah satu stadion sepak bola terbesar di dunia saat ini. Meski ada beberapa orang keliru menyebutnya dengan Stadion Kim Thanh yang juga berada di dekatnya, kapasitas Stadion Rungrado 1st of May sebenarnya jauh lebih besar. Stadion raksasa ini tidak hanya sering menjadi tuan rumah kompetisi olahraga secara umum tetapi juga Permainan Massal senam dan tarian tahunan untuk merayakan budaya Korea.

Stadion Sepak Bola Camp Nou

Stadion Camp Nou
Stadion Camp Nou

Buka sejak 1957, Stadion ini merupakan lokasi yang paling sering digunakan baik dalam acara olahraga maupun musik. Camp Nou, yang berarti Kamp Baru itu, telah menerima kepopulerannya sejari dari awal dibangun.

Stadion ini tidak hanya berfungsi sebagai rumah klub sepakbola lokal Barcelona. Tetapi juga sering digunakan untuk upacara pelantikan Piala Dunia FIFA 1982 dan beberapa pertandingan final Liga Champions UEFA serta kompetisi sepak bola di Olimpiade 1992.

Dengan kapasitas 99.354, stadion ini adalah stadion terbesar di Spanyol dan Eropa, serta stadion sepak bola terbesar ketiga di dunia.

Stadion First National Bank (FNB Soccer City)

Stadion First National Bank (FNB Soccer City)
Stadion First National Bank (FNB Soccer City)

Stadion FNB, umumnya dikenal sebagai kota sepak bola dunia, dibangun antara 1986 dan 1989. Stadion ini dapat menampung sekitar 80.000 penonton. Desain unik Stadion FNB diakui secara internasional dan sering disebut sebagai F Cal Calashash atau Afrika setelah direstrukturisasi dengan kucuran dana sebesar R 3,3 miliar (mata uang Afrika Rand) untuk Piala Dunia Afrika pertama di tahun 2010 lalu.

Lebih dikenal sebagai kota Sepak Bola, stadion ini adalah pusat peristiwa bersejarah, dimulai dengan pidato pertama mantan Presiden Nelson Mandela pada tahun 1990, beberapa hari setelah penahanannya, di mana ia bebas setelah di penjara selama 27 tahun.

Tempat ini sering digunakan untuk acara olahraga dan musik terbesar yang pernah disaksikan negara itu, termasuk upacara pembukaan dan penutupan serta Final Piala Dunia FIFA 2010. Final Piala Afrika 2013 juga diadakan di stadion tersebut.

Stadion Rose Bowl

Stadion Rose Bowl
Stadion Rose Bowl

Rose Bowl, juga dikenal sebagai Spieker Field di Rose Bowl, adalah stadion olahraga luar ruangan Amerika, yang terletak di Pasadena, California, pinggiran timur laut Los Angeles. Dibuka pada Oktober 1922, stadion ini diakui sebagai peninggalan bersejarah nasional dan sejarah Teknik sipil bersejarah California.

Stadion Rose Bowl yang terkenal di dunia di Pasadena telah mengadakan lima kali Super Bowl, medali emas untuk dua Olimpiade Musim Panas, dua final Piala Dunia FIFA, konser-konser Super Star, dan sebuah game tahunan bernama Rose Bowl. Sports Illustrated telah menempatkan Stadion Rose Bowl di urutan nomor satu dalam olahraga universitas dan merupakan salah satu dari 20 tempat teratas di abad ke-20.

Stadion Wembley

Stadion Wembley
Stadion Wembley

Stadion Wembley adalah stadion olahraga terbesar dan paling bergengsi di London. Di sini adalah rumah bagi tim sepak bola Inggris, di mana semua kompetisi klub domestik seperti Piala FA yang terkenal di dunia adalah tuan rumah dari Final Liga Champions 2011 dan 2013.

Dibuka pada 2007, bangunan yang mengesankan ini membutuhkan waktu lebih dari 4 tahun untuk diselesaikan dengan biaya lebih dari 790 juta pound sterling dan memiliki lebih dari 90.000 kursi penonton.

Sejak pembukaan Stadion Wembley menjadi tuan rumah pertandingan NFL pertama di luar Amerika Utara, kemudian menjadi acara tahunan dan menggelar final sepakbola di Olimpiade London 2012.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here