Beranda Kesehatan Jangan Sepelekan, Tiga Tanda Di Tubuh Ini Bisa Jadi Awal Kanker

Jangan Sepelekan, Tiga Tanda Di Tubuh Ini Bisa Jadi Awal Kanker

Tanda penyakit kanker
Tanda penyakit kanker

Ngomongin soal kanker, tak sedikit orang yang beranggapan bahwa penyakit ini tidak (belum) ada obatnya. Namun yang jelas adalah, semakin dini penyakit terdeteksi, semakin tinggi tingkat pula kesembuhannya.

Secara khusus, ada 3 gejala abnormal yang muncul dalam tubuh yang bisa menjadi tanda peringatan sel kanker sedang tumbuh berkembang. Jadi, jika Anda atau siapa pun memiliki tanda tidak biasa ini harus segera melakukan tindakan yang tepat untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.

Pembengkakan kelenjar getah bening di kaki

Pembuluh darah dan getah bening adalah dua tempat penting untuk sirkulasi darah dalam tubuh. Jika salah satu dari tempat-tempat ini tersumbat, aliran darah tidak dapat mengalir dengan baik di dalam tubuh.

Pada saat ini, edema limfatik akan terjadi ketika sistem limfatik, terutama kelenjar getah bening di panggul rusak, mempengaruhi sirkulasi cairan getah bening ke kaki.

Edema limfatik juga lebih mungkin terjadi pada orang yang mengalami obesitas atau menderita kanker. Karena itu, jika Anda tiba-tiba mengalami kaki bengkak secara tidak biasa, Anda harus segera melakukan pemeriksaan medis untuk mengetahui apakah itu merupakan tanda dari kemunculan tumor ganas.

Rasa sakit yang tidak biasa di beberapa lokasi tubuh

Sensasi nyeri dianggap sebagai sinyal yang dipancarkan ketika tubuh mengalami trauma fisik atau bahkan mungkin non fisik. Namun, jika tidak mengalami trauma apa pun dan masih merasakan sakit secara kontinyu, mungkin sudah saatnya untuk memeriksakan diri guna mengetahui apakah itu disebabkan adanya sel kanker yang tumbuh atau tidak.

Karena setiap posisi nyeri secara implisit bisa jadi peringatan adanya kanker yang berbeda-beda. Jadi, tindakan terbaik adalah dengan mengambil inisiatif untuk memeriksakan diri ke dokter lebih lanjut.

Tiba-tiba mengalami ganglion

Ketika sel kanker bermetastasis, beberapa limfosit juga akan ikut terpengaruh, sehingga secara implisit menciptakan kelenjar getah bening internal. Dalam hal ini, limfadenopati adalah salah satu fenomena yang terjadi ketika tubuh kita berisiko tinggi terkena kanker.

Benjolan yang muncul ini biasanya hanya nampak sebesar kacang polong pada bagian tubuh tertentu, tersebar di sepanjang pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki atau kaki, ketiak, leher, selangkangan, dll. Benjolan bisa berbentuk oval atau lingkaran, biasanya disertai dengan adanya cairan di dalamnya, ketika ditekan akan terasa agak menyakitkan.

Jika pembesaran kelenjar getah bening muncul atau terjadi di belakang telinga, hal ini secara implisit memperingatkan adanya kanker di kepala, leher, biasanya adalah kanker tiroid.

Orang dengan kanker tiroid akan mengalami limfadenopati, yang secara bertahap meningkat dalam hal ukuran dari waktu ke waktu. Ganglion mungkin awalnya bisa berpindah-pindah kemunculannya, tetapi kemudian akhirnya akan menempel tetap di telinga, menimbulkan rasa sakit dan kaku saat ditekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here