Beranda Hobi Teka Teki Silang, Permaianan Asah Otak Menemukan Kata

Teka Teki Silang, Permaianan Asah Otak Menemukan Kata

Teka-teki silang
Teka-teki silang

Beragam jenis permainan memang ampuh membantu Anda lepas dari kepenatan. Tapi apa jadinya jika permainan yang dimainkan adalah teka teki silang? Kepenatan mungkin akan berganti dengan rasa penasaran karena ingin menaklukkan kotak-kotak tersebut.

Permainan teka teki silang ini memang berbeda dengan jenis permainan yang lain. Kemampuan otak dalam mengolah kata, kemudian memadankan dengan kata-kata yang lain adalah hal utama yang harus dimiliki. Pengetahuan juga menjadi hal yang dipertaruhkan. Sejauh mana kemampuan Anda dalam menguasai berbagai pengetahuan umum dipertaruhkan dalam permainan teka teki silang.

Permainan ini, karena saking biasanya, dianggap sebagai mainan murahan bagi sebagian besar masyarakat. Mengerjakan soal-soal dalam permainan teka-teki silang ini dinilai sebagai salah satu hal yang hanya buang-buang waktu. Memang. Jika, permainan teka-teki silang ini dimainkan saat seharusnya manusia tersebut bekerja.

Permainan ini memang identik dengan “kurang kerjaan”. Nyatanya, permainan teka teki silang memang dimainkan saat waktu luang. Mengisi kekosongan waktu sembari mengasah kemampuan pengetahuan Anda merupakan situasi yang tepat untuk mengisi soal-soal dalam permainan teka-teki silang ini.

Meskipun demikian, jangan sekali-kali menganggap sepele permainan ini. Jika tidak mahir betul, dan kurang memiliki wawasan yang luas, bisa jadi Anda akan dibuat keki olehnya. Dan berakhir pada keputusan untuk menyudahi permainan tersebut.

Apa Itu Teka Teki Silang?

Permainan ini umumnya lebih akrab dengan kaum laki-laki. Bapak-bapak khususnya, memainkan teka teki silang ditengah rutinitasnya yang padat. Mengisi waktu luang serta menambah wawasan bisa jadi merupakan dua alasan yang cukup dilontarkan ketika ditanya mengenai alasan mengapa senang bermain teka teki silang.

Permainan teka- teki silang ini memang sudah sangat marak. Di Indonesia saja, permainan teka teki silang ini sangat mudah ditemui. Anda mungkin tidak asing dengan buku-buku permainan teka teki silang yang banyak beredar di pasaran. Harga yang ditawarkan pun terbilang murah dan terjangkau.

Teka teki silang merupakan permainan yang mengharuskan kita untuk mengisi kolom kosong berbentuk kotak-kotak dengan rangkaian huruf. Rangkaian huruf yang diisikan harus saling terkait antara satu dan yang lainnya. Kolom yang terdapat dalam permainan teka teki silang ini terdiri dari dua warna. Kolom dengan warna putih sebagai tempat untuk mengisi jawaban, dan kotak dengan warna hitam sebagai pembatas antara kotak yang satu dengan kotak yang lain.

Mencocokkan satu kata dengan kata yang lain sehingga dapat mengisi kolom-kolom kosong tersebut dengan benar adalah kerumitan tersendiri yang dimiliki oleh permainan teka teki silang ini. Ketika akan mengisi kolom-kolom tersebut, kita akan diberikan petunjuk berupa kata kunci yang biasanya hanya terdiri dari satu kata. Petunjuk tersebut dibedakan menjadi dua kategori, mendatar dan menurun.

Bentuk dari permainan ini biasanyanya persegi atau persegi panjang. jawaban yang dimasukkan dalam kotak berupa rangkaian huruf dari kiri ke kanan atau atas ke bawah, hal ini disesuaikan dengan pertanyaan dan petunjuk yang dimiliki oleh permainan teka teki silang.

Sejarah Teka Teki Silang

Permainan teka teki silang ini pertama kalinya dikenalkan oleh Arthur Wynne pada tanggal 2 Desember 1913. Pertama kali dikenalkan kepada masyarakat luas, permainan ini dimuat dalam sebuah majalah terbitan New York bernama New York World. Dari awal hingga kini, permainan itu dikenalkan dengan format yang sudah seperti keadaan sekarang dalam permainan teka teki silang.

Permainan yang ia ciptakan menjadi fitur mingguan dari majalah tersebut. Saat itu konten permainan tersebut cukup mendapatkan perhatian yang baik dari masyarakat New York. Beberapa tahun setelah penemuannya tersebut, permainan teka teki silang mulai dibuatkan dalam bentuk buku. Buku itu diciptakan oleh Simon dan Schuster pada tahun 1924. Berkat penemuannya, Arthur Wynne pun dikenal sebagai penemu permainan otak, teka teki silang.

Jenis-Jenis Teka Teki Silang

Dalam istilah permainan teka teki silang dikenal nama grid atau pengertian sederhananya adalah motif kotak atau kolom-kolom yang tersebar. Grid dalam permainan ini memungkinkan permainan berlangsung dengan cukup seru. Dibutuhkan minimal tiga kata dalam permainan teka teki silang.

Grid juga bisa dikatakan sebagai ukuran kesulitan dari sebuah permainan teka teki silang. Grid yang tercipta semakin acak-acakan dan tidak teratur, maka kesulitan dalam menyusun setiap katanya akan menjadi semakin sulit. Otak akan terasah secara lebih ketika kita bermain teka teki silang.

Permainan mengasah otak ini memang sudah terkenal ke banyak negara. Bahkan jika ingin berlebihan, semua negara pasti memainkan teka teki silang ini ketika waktu luang dan kejenuhan melanda. Negara-negara tersebut pun memiliki perbedaan pada motif atau grid teka teki silang.

Teka Teki Silang di Inggris dan Australia

Di Negara Inggris dan Australia, grid pada permainan teka teki silang ini “dikuasai” lebih dominan oleh kolom berwarna putih. Sehingga pertanyaan, petunjuk serta kata yang harus diisikan jauh lebih banyak. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh semua kolom menjadi lebih lama pada jenis permainan teka teki silang tersebut. Grid jenis ini juga banyak dimainkan oleh masyarakat Indonesia penggila teka teki silang.

Teka Teki Silang di Amerika

Tradisi berbeda terjadi di Negara Amerika. Grid pada permainan ini, khususnya grid yang terdapat pada wilayah Amerika Utara memiliki kriteria khusus. Pola grid pada permainan teka teki silang di Amerika Utara harus tercipta dengan rotasi 180 derajat. Pola yang muncul yang akan tetap sama meski pun kertas atau buku diposisikan terbalik merupakan tujuan dari model grid pada jenis teka teki silang ini.

Teka Teki Silang di Swedia

Grid yang dimiliki oleh Negara Swedia lebih aneh lagi. Kolom pada permainan teka teki silang ini tidak memiliki nomor petunjuk. Petunjuk nomor pada permainan teka teki silang khas Swedia diganti menggunakan tanda panah. Panah tersebut menunjuk arah vertikal atau horizontal pada permainan pada aturan negara Swedia dalam bermain teka teki silang.

Teka Teki Silang di Jepang

Tradisi bermain teka teki silang yang ditemukan oleh Bangsa Eropa juga merambah ke Asia. Khususnya bagi masyarakat Jepang yang memang tidak begitu asing dangan permainan marangkai kata dalam kotak seperti ini. Teka teki silang mirip dengan permainan Sudoku yang memang sudah lebih dulu dinikmati sebelum munculnya teka teki silang.

Grid atau model dalam teka teki silang yang terkenal di Jepang memiliki bentuk yang cukup unik. Bentuk tersebut tentu saja berbeda dengan grip-grip yang ada di Eropa. Di Jepang, pojok pada persegi yang berisi kotak-kotak atau kolom-kolom isian berwarna putih. Warna putih tersebutlah yang harus diisi ketika memainkan teka teki silang.

Jenis teka teki silang juga dibedakan atas banyaknya kolom isian. Di Eropa, khususnya teka teki yang terbit di majalah New York Times memiliki perbedaan berdasarkan hari. Jika koran tersebut terbit pada hari kerja, maka kotak isian hanya berjumlah 15 kotak. Namun, jika terbit pada hari libur, kotak isian yang terdapat berjumlah 21 hingga 25 kolom di setiap permainannya. Kesenangan masyarakat New York dikala libur semakin bertambah untuk mengisi kotak-kotak pada permainan teka teki silang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here