Beranda Kesehatan Terlalu Kurus, Ini Cara Cepat Gemuk Tapi Tetap Aman bagi Kesehatan

Terlalu Kurus, Ini Cara Cepat Gemuk Tapi Tetap Aman bagi Kesehatan

Cara menggemukkan badan yang aman
Terlalu kurus juga tidak baik untuk penampilan

Apapun yang tidak seimbang tentu efeknya tidak baik dalam segala hal. Termasuk soal urusan berat badan, terlalu gemuk atau bahkan terlalu kurus juga tidak baik bagi kesehatan. Yang bagus adalah berat tubuh ideal, tidak kurus dan juga tidak gendut.

Di saat banyak orang sibuk mencari informasi dan solusi menurunkan berat badan. Tentu ada pula, sebagian mereka yang bertubuh kurus dan ingin menambah berat badannya. Kali ini, Jegulo bagikan informasinya buat Anda.

Bagaimana cara menambah berat badan dengan cepat?

Menurut para ahli nutrisi, tidak ada obat apapun yang bisa menggantikan makanan alami untuk menyuplai nutrisi bagi tubuh. Cara menaikkan berat badan yang tepat untuk orang kurus adalah dengan selalu memastikan asupan 4 kelompok nutrisi: protein, pati, lemak, vitamin dan mineral. Jika salah satu dari 4 kelompok tersebut hilang atau tidak terpenuhi, kesehatan tubuh kemungkinan akan terganggu dan tentu saja tidak bisa menambah berat badan.

Protein

Protein berguna bagi tubuh untuk mengembangkan otot dan jaringan. Untuk orang kurus, asupan makanan berprotein penting untuk menjaga tubuh tetap bergerak dan masih memiliki energi berlebih untuk menambah berat badan.

Anda juga dapat menyerap protein dari sumber protein hewani (daging, ikan, telur, susu) dan protein nabati (kacang-kacangan dan kedelai).

Glukosa

Menurut para ahli nutrisi, orang kurus perlu makan lebih banyak karbohidrat untuk membantu mendistribusikan energi agar tubuh berfungsi dengan baik. Makanan seperti roti, nasi, kentang, dan sejenisnya adalah sumber pati yang bagus.

Lemak

Banyak orang percaya bahwa konsumsi lemak dapat membantu menambah berat badan dengan cepat. Namun menurut para ahli, informasi ini hanya sebagiannya saja yang benar. Orang kurus tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak lemak dalam tubuh, seharusnya hanya mempertahankan atau menjaga kurang dari 600 g / bulan dan harus memprioritaskan kelompok lemak bersumber dari minyak nabati untuk kesehatan yang baik.

Salmon, alpukat, kacang-kacangan (almond, walnut, kacang mete, chestnut) adalah sumber lemak sehat. Minyak dari kacang-kacangan: bunga matahari, minyak wijen , sangat direkomendasikan oleh para profesional perawatan kesehatan.

Vitamin dan mineral

Semua buah dan sayuran mengandung vitamin serta mineral tingkat tinggi. Jadi kita tidak boleh mengabaikan kelompok makanan ini dalam diet orang kurus agar cepat gemuk. Makanan dengan nilai gizi tinggi seperti kembang kol, sayuran hijau, tauge, semuanya adalah makanan bergizi, baik untuk kesehatan dan membantu menambah berat badan secara alami dan efektif.

Ada kepercayaan yang salah di kalangan masyarakat bahwa jika seseorang ingin menambah berat badan dengan cepat, mereka harus sering makan banyak makanan berminyak. Fakta sesungguhnya, hal tersebut tidak hanya berpengaruh dengan berat badan tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut adalah makanan bergizi dan mudah diserap tubuh yang dapat membantu orang kurus menaikkan berat badannya dengan cepat dan sehat seperti yang telah direkomendasikan oleh ahli gizi:

Keju

Keju terkenal akan kandungan gizinya yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Satu porsi keju mengandung sekitar 69 kalori. Dengan kandungan susu, protein, kalsium, lemak, serta kolesterol baik, mengonsumsi secara teratur makanan ini akan membantu orang kurus bertambah berat badannya. Meskipun keju mengandung nutrisi tinggi, penting untuk diingat bahwa tetap jangan mengonsumsi keju secara berlebihan guna menghindari peningkatan kadar kolesterol.

Sereal

Sereal adalah jenis makanan yang efektif menambah berat badan karena mengandung banyak nutrisi dan karbohidrat. Terutama pada roti dan jelai yang mengandung sejumlah kalori untuk mendukung kenaikan berat badan secara efektif.

Pisang

Pisang juga merupakan makanan penambah berat badan yang sehat. Pisang mengandung banyak pati, protein, vitamin dan mineral ditambah dengan banyak asam amino esensial yang sangat berguna untuk tubuh dan kesehatan.

Pisang tidak hanya kaya akan karbohidrat dan nutrisi tetapi juga merupakan sumber “bahan bakar” yang baik untuk berolahraga. Untuk orang kurus, makan pisang tidak hanya dapat membantu tidur nyenyak, tetapi juga membantu menambah berat badan secara efektif.

Alpukat

Selain membantu orang kurus mencapai berat badan yang sehat, makan alpukat setiap hari juga bisa menambah 10g serat yang baik untuk pencernaan, dan 15g lemak tak jenuh guna membantu mencegah penyakit jantung. Dalam buah alpukat ada juga nutrisi yang dapat membantu mencegah kanker.

Kecambah biji kedelai

Kecambah biji kedelai terbuat dari ekstrak biji kedelai yang telah diinkubasi sekitar 3-4 hari. Kecambah kedelai memiliki efek 100 kali lebih bagus daripada tepung kedelai dari biji yang biasa kita gunakan setiap hari. Konsumsi kecambah biji kedelai adalah metode penambahan berat paling efektif untuk bagi orang kurus yang telah direkomendasikan oleh para ahli gizi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here