Beranda Binatang Ternyata Ini Rahasia Kura-kura Berumur Panjang Hingga 700 Tahun

Ternyata Ini Rahasia Kura-kura Berumur Panjang Hingga 700 Tahun

Kura-kura
Kura-kura

Kura-kura adalah binatang pendiam dan bergerak lambat. Tahukah Anda bahwa dibalik perawakannya yang lelet tersebut mereka bisa berumur sangat panjang hingga ratusan tahun. Fenomena kura-kura ini bahkan sampai telah menarik banyak ilmuwan, yang melakukan banyak penelitian untuk menemukan rahasia umur panjang mereka.

Secara biologis, para ilmuwan telah menemukan bahwa tidak ada perbedaan antara kura-kura yang masih muda dan kura-kura berusia lebih dari 100 tahun. Ketika kura-kura mencapai kematangan penuh, tubuhnya tidak akan bertambah tua. Bahkan kura-kura hampir tidak mengalami penuaan sama sekali . Mereka selamanya sampai mati berada di usia “remaja”.

Kura-kura tertua yang pernah hidup di bumi berusia 700 tahun. Kura-kura adalah binatang yang memiliki rentang usia terpanjang di planet ini.

Rahasia umur panjang kura-kura

Gaya hidup sehat

Kura-kura sebagian besar adalah vegetarian, mereka sering makan sayuran dan tanaman. Menjauhi lemak dan hanya kadang-kadang saja makan beberapa jenis ikan. Kura-kura juga binatang yang sangat lembut. Mereka tidak akan menyerang musuhnya.

Ketika bertemu musuh, mereka hanya bersembunyi di gua atau menyelam ke dalam air, menarik kepalanya ke dalam cangkang untuk bersembunyi. Secara khusus, kura-kura memiliki kemampuan untuk menahan rasa lapar. Karena kebiasaan itulah, kemampuan berburunya juga biasa-biasa saja. Mereka suka berbaring tidak aktif dalam waktu yang lama, meminimalkan kerja metabolisme dalam tubuhnya.

Meskipun kura-kura adalah hewan paling panjang umur di dunia, tidak semua kura-kura bisa hidup lama. Adakalanya mereka mungkin mati karena penyakit, kecelakaan atau faktor lain. Mungkin perilaku kura-kura ini juga bisa ditiru manusia dengan diet makan lebih banyak sayuran dan mengurangi lemak untuk menjauhkan dari dampak penyakit kardiovaskular.

Metabolisme lambat

Kura-kura berumur panjang lantaran metabolismenya yang lambat. Metabolisme adalah proses fisik dan kimia yang terjadi di dalam suatu organisme agar mereka tetap hidup. Metabolisme yang lambat berarti kura-kura hanya membakar sedikit energi, membantu mereka meningkatkan harapan hidup lebih lama.

Kura-kura bisa hidup lama tanpa makanan. Mereka bergerak sangat lambat, sehingga tidak membuang banyak energi.

Pertahanan melawan pemangsa

Berbicara tentang kura-kura, kita tidak bisa tanpa menyebutkan cangkang kerasnya. Kulit kura-kura sangat berguna untuk melindunginya dari serangan pemangsa. Meskipun kura-kura sering hidup di tempat-tempat dimana tidak ada pemangsanya, tetapi ketika dalam bahaya, kura-kura akan dengan cepat menarik kepala, ekor, dan 4 kakinya ke dalam cangkang mereka untuk bersembunyi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here