Beranda Kesehatan Tidur Salah Sebabkan Kematian Dini, Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini

Tidur Salah Sebabkan Kematian Dini, Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini

Kebiasaan tidur yang buruk
Kebiasaan tidur yang buruk

Tak peduli seberapa sibuknya seseorang, kita tetap harus memiliki cukup waktu tidur agar sistem kerja tubuh tidak terganggu. Meski, setiap usia memiliki rentang durasi tidur yang berbeda-beda. Saat istirahat penuh inilah, tubuh akan melakukan proses regenerasi sel-sel yang rusak dan sekaligus untuk pemulihan setelah seharian bekerja.

Namun, masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan tidur yang sering dilakukan secara tidak sengaja dapat merusak kesehatan tubuh perlahan. Berikut ini kami rangkum lima kebiasaan buruk tidur yang sebaiknya segera dihindari, karena berisiko sebabkan kematian dini.

Tidur terlalu sedikit (Kurang tidur)

Meskipun sudah mengetahui efek berbahaya dari kurang tidur, banyak dari kita masih sering tidur larut malam. Tidur terlalu sedikit tidak hanya menyebabkan kenaikan berat badan tetapi juga membuat seseorang menjadi bertambah tua lebih cepat. Secara bertahap, pada kulit akan muncul bercak-bercak hitam, kehilangan elastisitas, dan kerutan akan nampak semakin banyak.

Selain itu, kurang tidur juga bisa merusak jantung dan otak, menyebabkan kehilangan ingatan atau demensia dini. Untuk melindungi kecantikan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, kita harus tidur secara tepat waktu, sebaiknya sebelum jam 11 malam. Anda bisa membaca artikel: Jumlah Jam Tidur Ideal Berbeda Setiap Usia

Terlalu banyak tidur

Menurut para ahli, orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per malam. Jika kita tidur lebih dari 9 jam, tubuh akan terganggu, membuat tubuh jadi terasa capek dan lelah, serta tidak bersemangat. Terlalu banyak tidur juga dapat meningkatkan risiko obesitas karena kurang olahraga.

Penggunaan alkohol atau obat penenang juga dapat membuat kita lebih banyak tidur, yang tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Jam tidur yang tidak teratur, kesiangan (Sleep in)

Jam tidur yang tidak teratur misal larut malam hingga menyebabkan bangun kesiangan akan membalikkan jam biologis tubuh kita. Perubahan jam tidur yang tidak biasa itu akan memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lebih jauh, kebiasaan ini juga akan meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Tidur dengan selimut menutupi kepala

Ini adalah salah satu kebiasaan yang sepertinya banyak dilakukan orang, sebagai cara untuk menghalau kebisingan dan cahaya. Namun, kebiasaan tersebut sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, terutama otak. Kebiasaan ini akan menyebabkan demensia akibat terhalangnya pernapasan hidung kita.

Selain yang jelas, tidur dengan selimut menutupi kepala dapat membuat seseorang mati lemas karena kekurangan oksigen.

Penting juga agar selalu memerhatikan kebersihan bantal yang digunakan. Cuci tempat tidur secara teratur setiap minggu untuk mencegah akumulasi kotoran dan bakteri berbahaya.

Tidur siang hari yang berlebihan

Tidur siang selama lebih dari 90 menit dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala dan kelelahan. Jika kebiasaan ini terus berlangsung, kita akan mudah merasa mengantuk kapan saja di siang hari, dan dapat tertidur di mana saja.

Tidur siang adalah kebiasaan sehat, tetapi pastikan waktu tidurnya tidak lebih dari 20-30 menit, paling banyak 60 menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here