Beranda Kecantikan Vacuum Perut, Rampingkan Tubuh dengan Duduk dan Berbaring

Vacuum Perut, Rampingkan Tubuh dengan Duduk dan Berbaring

Perut ramping
Perut ramping

Bagi orang yang begitu memedulikan penampilan, masalah sekecil apapun yang berkaitan dengan tampilan fisik pasti akan menjadi pusat perhatian. Terlebih soal bentuk badan, perut yang tampak membuncit tidak ideal karena penyaluran lemak yang tidak merata, bisa bikin orang tersebut malu dan tidak percaya diri.

Berbagai cara dan upayapun dilakukan guna mencapai tubuh idaman yang didambakan. Langkah paling umum adalah melakukan diet tertentu. Namun hal itu tidak mudah untuk konsisten melaksanakannya karena dalam menjalani diet kita harus benar-benar membatasi diri atau mengubah perilaku khusus yang sudah biasa dilakukan.

Ada cara baru untuk membuat perut buncit karena adanya akumulasi lemak menjadi ramping kembali, yaitu dengan melakukan olahraga vacuum perut.

Olahraga khusus merampingkan yang sempat viral di dunia maya ini sebenarnya adalah latihan pernapasan yang tidak hanya memperkuat otot terdalam di perut yang disebut transverse abdominis, tetapi juga mengaktifkannya.

Latihan ini cukup sederhana dan mudah dilakukan oleh siapapun: karena fokusnya di sini kita hanya perlu mengencangkan otot di bagian tersebut saja. Jika melakukannya dengan benar, pinggang Anda akan ramping dalam waktu relatif singkat dan sekaligus memeroleh manfaat lainnya, termasuk memperbaiki postur tubuh dan mengurangi nyeri punggung bagian bawah.

Secara mudahnya, vacuum perut adalah latihan yang mengombinasikan antara pernapasan, Pilates dan yoga.

Cara Melakukan Vacuum Perut

Jika Anda masih pemula dan berencana ingin melakukan latihan ini sendiri di rumah, maka bisa memulainya dengan gerakan paling dasar terlebih dahulu yang dikenal sebagai supine stomach vacuum atau vakum perut terlentang. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Ambil posisi berbaring telentang menghadap ke atas.
  2. Tekut kedua lutut dengan posisi telapak kaki rata dengan tanah.
  3. Ambil napas dan buang napas sekuat yang Anda bisa.
  4. Tarik pusar masuk ke dalam sekuat-kuatnya, seolah-olah akan mencapai tulang belakang Anda.
  5. Tahan posisi demikian setidaknya selama 20 detik. Semakin lama semakin bagus, bisa dilakukan secara bertahap.
  6. Boleh bernapas seperti biasa, namun posisi perut tetap ditarik.
  7. Ulangi tiga hingga lima kali.

Beberapa Tips Latihan Vakum Perut

  • Latihan vacuum perut bisa dilakukan di pagi hari saat masih berbaring di tempat tidur.
  • Latihan ini bekerja sangat baik ketika dilakukan secara teratur dalam keadaan perut masih kosong.
  • Berusahalah sangat keras menarik perut dengan intensitas kontraksi sedemikian rupa, sehingga latihan ini akan efektif.
  • Setelah melewati pemula, Anda dapat membuat gerakan lebih sulit lagi. Salah satunya adalah bisa latihan menggunakan kursi. Duduk tegak di kursi yang tidak memiliki sandaran lengan atau punggung. Metode lain adalah melalui penggunaan bola Swiss.

Latihan ini haruslah dilakukan setiap hari guna membantu membentuk tubuh yang didambakan. Pun demikian, kita tidak boleh seratus persen hanya bergantung pada latihan ini saja. Akan tetapi juga perlu diimbangi dengan mengonsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi serta menjalani pola hidup sehat. Perubahan biasanya akan mulai terlihat dalam waktu beberapa minggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here