Ulasan Vivo V17 Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Ponsel VIVO V17
Ponsel VIVO V17

Vivo V17 adalah smartphone android dengan tampilan sangat premium yang diluncurkan pada Desember 2019. Ponsel ini diluncurkan setelah Vivo V17 Pro yang hadir terlebih dahulu pada bulan September, namun dengan desain yang lebih baru.

Pada artikel ini kami akan coba sedikit mengulas secara singkat ponsel Vivo V17 berdasarkan Desain, Layar, Kamera, Kinerja, dan daya tahan Baterai.

Sebelum mengulas Vivo v17 beserta kelebihan dan kekurangannya, mari kita lihat terlebih dahulu spesifikasi yang dimiliki ponsel Vivo V17 berikut ini:

Spesifikasi Vivo V17

Display
Ukuran6.44-inch
Resolusi1080 x 2400 pixels
Performance
Chip-setSnapdragon 675
ProcessorOcta-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver)
GPUAdreno 612
RAM8GB RAM
Penyimpanan
Penyimpanan Internal128GB
SD Card HinggaUp to 256GB
Camera
Kamera Belakang48MP + 8MP + 2MP +2MP
Kamera Depan32MP
Operating System
OSAndroid 9.0 (Pie)
UIFuntouch 9.2
Battery
Kapasitas4500 mAh battery

Review Ponsel Vivo V17

Desain dan Tampilan

Vivo V17 hadir dengan desain yang lumayan sedap dipandang, dengan kamera bertumpuk membentuk huruf L di bagian belakangnya. Bahan bodinya terbuat dari plastik berkualitas istimewa, menawarkan desain yang sangat ergonomis dengan tepi melengkung yang membuatnya nyaman untuk dipegang.

Ponsel ini memiliki layar berukuran 6,44 inci, pengguna dengan tangan kecil mungkin akan merasa agak kesulitan menggunakannya dengan satu tangan. Mendukung port USB Type-C, mikrofon dan jack audio 3,5 mm ditempatkan di bagian bawah.

Dalam urusan Tampilan, Vivo V17 menampilkan layar E3 Super AMOLED 6,44 inci. Layarnya menawarkan resolusi full HD+ (2.400 x 1.080), rasio screen-to-body 84.9%, rasio density 20:9 dan 409 ppi. Tampilannya sangat tajam dan jernih. Warnanya ideal dan tidak membuat mata mudah lelah.

Ponsel ini memang dilengkapi dengan sertifikasi Widevine L1 yang berarti penggunanya dapat melakukan streaming tampilan resolusi HD penuh pada platform seperti Netflix dan video utama Amazon. Penanganan efek cahaya sinar mataharinya juga benar-benar baik, artinya Anda dapat menggunakan perangkat ini di bawah pancaran sinar matahari tanpa mengalami masalah kesulitan membaca.

Kamera

Vivo V17 hadir dengan kamera quad di bagian belakang yang merupakan salah satu USP utama perangkat. Kamera belakang ditempatkan di dalam kotak persegi panjang membentuk L-Shape. Tiga sensor Kamera ditempatkan secara vertikal sedangkan sensor kamera keempat ditempatkan di bawah lampu flash LED.

Kamera quad terdiri dari sensor utama 48 MP yang memiliki lensa sudut lebar, aperture f/1.8 dan PDAF. Kamera kedua memiliki sensor 8MP dengan lensa ultra-wide-angle dan aperture f/2.2. Dilengkapi pula dengan sensor makro 2 MP tersier khusus sedangkan yang keempat adalah sensor kamera dengan kedalaman 2 MP.

Kameranya juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti mode Super night, video ultra stable, mode potret, mode super makro, super night selfie, AI scene recognition serta AI HDR yang membuat fotografi dan merekam video jadi semakin menarik.

Kinerja kameranya juga sangat baik dalam kondisi pencahayaan yang cukup, gambar yang dihasilkan menjadi sangat rinci dengan tampilan yang benar-benar alami seperti aslinya. Anda akan mendapatkan gambar berkualitas bagus dengan efek bokeh dalam kondisi pencahayaan yang baik tetapi jangan berharap gambar dengan kualitas yang sama dalam kondisi pencahayaan rendah.

Lensa sudut lebar bekerja dengan sangat baik dalam hal menangkap area yang luas namun tetap dalam kondisi pencahayaan yang baik. Ketika ingin mengambil gambar dalam kondisi cahaya rendah, bisa memanfaatkan fitur kamera super night mode karena secara drastis dapat mengurangi tingkat noise (gambar bintik-bintik) dan menangkap foto yang lebih terang.

Ngomongin soal kamera depan, sensor 32MP yang disediakan sudah cukup bagus untuk mengambil gambar dengan kualitas prima. Fitur kamera super night selfie juga memungkinkan untuk mengambil gambar selfie di malam hari dalam kondisi cahaya rendah dengan kualitas bagus.

Kinerja dan Perangkat Lunak

Dalam hal Kinerja, Vivo V17 ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 675 SoC dipasangkan bersama dengan Adreno 612 GPU dan 8GB RAM. Dari segi prosesor memang bukan yang terbaru dan hal ini dianggap sebagai salah satu sedikit kelemahannya. Lantaran sebenarnya sudah ada jenis prosesor yang baru seperti Snapdragon 712 SoC atau lebih tinggi.

Ponsel Vivo V17 bisa menangani tugas sehari-hari dengan lancar, kita tidak akan (jarang) mengalami masalah atau lag saat menggunakannya untuk waktu yang lama. Ponsel ini juga dapat dengan mudah menjalankan game seperti PUBG atau Asphalt, pengalaman bermain game sangat lancar dan tidak ada pengalaman lag atau gambar patah-patah saat menggunakannya.

Vivo V17 menerapkan antarmuka Funtouch OS 9.2 berbasis sistem operasi Android 9.0 (pie). Tampilan UI-nya cukup elegan dan penuh warna. Bahkan bisa dibilang sangat mirip dengan iOS, sehingga terkadang seolah merasa menggunakan smartphone iPhone. Kita dapat menggesek ke atas dari bawah untuk mengontrol kecerahan, tingkat volume, dan akses pintas. Sedangkan jika kita gesek ke bawah dari atas akan tampil panel notifikasi.

Funtouch OS hadir dengan beberapa aplikasi yang dimuat default atau bawaan seperti PhonePe, Tomato, Opera, Flipkart, Gaana dan Dailyhunt. Jika kurang suka dengan aplikasi-aplikasi bawaan ini, Anda dapat menghapus semuanya dengan mudah. Sensor pemindai in-display (dalam-tampilan) berkinerja sangat baik dan akurat serta cepat. Buka kunci wajah juga berfungsi dengan sangat baik bahkan dalam kondisi cahaya redup. Kisi-kisi speaker di bagian bawah cukup keras dan menghasilkan audio berkualitas bagus yang sangat mengesankan.

Daya Tahan Baterai

Vivo V17 ditenagai oleh baterai berkapasitas besar mencapai 4500mAh. Baterai ini jelas menyediakan lebih dari cukup sekedar untuk penggunaan sehari-hari walau dengan penggunaan lumayan berat. Ponsel ini mendukung pengisian daya cepat Dual-Engine 18W yang dapat mengisi daya perangkat dari 0 hingga 100 persen dalam waktu sekitar 80-90 menit.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V17

Kelebihan

  • Desain bagus nampak mengkilap dan elegan
  • Tampilan punch-hole yang menarik
  • Daya tahan baterai bagus
  • Performa Kamera bagus

Kekurangan

  • Prosesor bukan versi yang terbaru
  • Desain Body Plastik, bukan Body Kaca
  • Harga sedikit lebih mahal untuk sekelas perangkat dengan snapdragon 675

Leave a Comment