Beranda Blogging Ini Dia Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org

Ini Dia Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org

Wordpress.com vs WordPress.org
WordPress.com vs WordPress.org

Mengetahui perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org mungkin agak sedikit membingungkan bagi mereka yang masih baru mengenal dan belajar ilmu Blogging. Pada dasarnya, keduanya merupakan platform Content Management System (CMS) dari induk yang sama yaitu wordpress. Perbedaan keduanya ada di cara penggunaannya.

Tabel Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan DasarWordPress.comWordPress.org
AnalyticsHanya mendukung analitik bawaan.Pengguna memiliki banyak pilihan dan dapat menggunakan program analitik apa pun.
HostingDisediakan gratis oleh WordPress.com.Pengguna bebas memilih hosting uang ia inginkan
KostumisasiTerbatasSuka-suka Anda
MonetisasiPilihan monetisasi situs terbatas.Bisa dipasang model monetisasi apa pun.
EcommerceTidak cocok, kebijakan masalah jual beli sangat ketat.Memiliki banyak opsi untuk situs pemasaran dan periklanan.
KeamananKeamanan sudah dijamin oleh WordPress.com langsung.
Semata-mata bergantung pada bagaimana pengguna mengoptimalkannya.
ManagementTidak memerlukan manajemen khusus, tinggal pakai saja.Memerlukan perhatian khusus dari pengguna sebelum dari waktu ke waktu.

Definisi WordPress.com

WordPress.com adalah versi WordPress yang memang disediakan oleh pemilik wordpress untuk membangun blog dan situs web. Dalam hal ini pengguna tidak perlu meng-host situsnya sendiri, karena sudah disediakan gratis oleh WordPress.

Memiliki keterbatasan terkait domain yang dipilih, apa pun nama domain yang kita pilih akan terdiri dari nama-domain.wordpress.com. Namun dapat kita upgrade ke nama domain tanpa embel-embel “.wordpress.com” dengan membayar sejumlah uang.

Hosting gratisnya tidak menyediakan banyak pilihan dan dibatasi untuk beberapa jenis layanan saja, tetapi masih tersedia add-on berbayar. WordPress.com pada dasarnyaadalah platform yang bagus untuk pemula yang baru belajar membuat blog.

WordPress.com bebas perawatan pengguna, ada analitik gratis atau upgrade premium, pengaturan dasar, backup, keamanan, ratusan tema yang bisa kita edit CSS-nya tetapi mengupload sendiri tema khusus tidak diperbolehkan.

Definisi WordPress.org

WordPress.org adalah versi WordPress yang di-hosting-sendiri dengan membeli layanan hosting di tempat lain. Pengguna memiliki tanggung jawab penuh atas blog atau situs web yang ia kelola. Pengguna bebas melakukan kostumisasi apa pun yang ia mau asalkan tidak melanggar aturan yang ada.

WordPress.org adalah CMS yang dibuat untuk mencapai fleksibilitas dan kontrol yang lebih besar atas desain dan fungsionalitas situs web atau blog pengguna. Pengguna harus mengatur sendiri terkait komponen situs yang diinginkan seperti misalnya tema, plugin, keamanan, dll. WordPress.org pada intinya menghilangkan keterbatasan WordPress.com dan memberikan kontrol penuh atas manajemen situs web.

Perbedaan Utama Antara WordPress.com dan WordPress.org

  • WordPress.com dilengkapi dengan analitik bawaan, tidak dapat diintegrasikan dengan alat Google jkecuali telah membayar paket premium. Sebaliknya, WordPress.org menawarkan kebebasan untuk menginstal salah satu dari banyak plugin analitik. Meskipun beberapa penyedia hosting biasanya telah menyediakan analitik internal di mana pengguna dapat langsung melihatnya di dasbor kontrol panel hosting.
  • WordPress.com meng-host blog penggunanya di server WordPress sedangkan saat menggunakan WordPress.org, kita harus mengunduh script CMS wordpress dan menghostingnya sendiri di layanan hosting sesuai keinginan.
  • WordPress.org menyediakan kustomisasi lengkap. Sebaliknya, WordPress.com hanya menyediakan kustomisasi terbatas.
  • Di WordPress.org ada banyak cara dan pilihan untuk memonetisasi situs web atau blog kita. Bisa pula diintegrasikan dengan banyak aplikasi e-commerce untuk membuat toko online. Di sisi lain, WordPress.com cara monetisasinya sangat terbatas hanya pada program periklanan “WordAds” untuk paket premium atau bisnis. Tidak cocok dijadikan situs e-commerce atau jual beli online karena memiliki kebijakan masalah jual beli yang ketat.
  • WordPress.com menjamin keamanan situs web atau blog penggunanya, sedangkan dalam kasus WordPress.org, keamanan sangat bergantung pada pengguna dan penyedia hosting yang mereka pilih, dll.
  • WordPress.org membutuhkan aspek teknis untuk manajemen dan pemeliharaan situs. Sedangkan pengguna tidak perlu mengelola dan memelihara blog atau situsnya saat menggunakan WordPress.com.
  • Tidak ada akses untuk optimasi masalah SEO di WordPress.com, jika ingin memiliki domain dengan namanya sendiri pengguna harus membeli paket premium. Sebaliknya, WordPress.org mendukung banyak plugin SEO yang dapat membantu pengguna meningkatkan kualitas SEO blog miliknya.

Kesimpulan

WordPress.com adalah pilihan yang bagus untuk para pemula, pengguna yang hanya ingin meng-host tulisan pribadinya di internet dan tidak mau repot-repot mengelola CMS dan hosting. Di sisi lain, WordPress.org adalah cms wordpress yang dapat disesuaikan sepenuhnya, dengan meng-host-nya di layanan hosting yang mereka inginkan. WordPress.com menyediakan opsi pengelolaan yang terbatas sedangkan WordPress.org menawarkan potensi yang tidak terbatas terkait masalah penyesuaian dan kecocokan yang dikehendaki oleh pengguna (pemilik), yang penting paham cara penggunaannya saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here