Beranda Kesehatan Khasiat Daun Teratai, Turunkan Darah Tinggi Hingga Berat Badan

Khasiat Daun Teratai, Turunkan Darah Tinggi Hingga Berat Badan

Teh daun teratai
Teh daun teratai

Teratai tidak hanya memiliki bunga yang indah tetapi banyak orang tidak menyadari, jika semua bagian dari pohonnya termasuk daun, bunga, akar dan biji dapat digunakan sebagai hidangan atau obat tradisional yang memiliki banyak khasiat.

Menurut pengobatan Oriental, daun lotus (bunga teratai) memiliki rasa pahit dan bersifat netral. Di masa lalu, daun teratai segar adalah obat yang sangat populer di masyarakat, digunakan untuk mengobati penyakit seperti demam, diare, sakit perut. Sedangkan daunnya yang kering atau dibakar dapat digunakan untuk mengobati masalah perdarahan.

Secara ilmu pengetahuan, daun teratai telah diselidiki memiliki khasiat alami seperti: membantu mengurangi lemak darah, hati berlemak, tekanan darah tinggi, infark miokard, aterosklerosis, stroke dan lain-lain. Alasannya adalah karena daun teratai mengandung flavonoid aktif tingkat tinggi. Memiliki efek menangkap radikal bebas hidroksil, menangkap lipid peroksida, secara signifikan memperlambat timbulnya oksidasi peroksida lipida.

Di bawah ini adalah beberapa khasiat daun teratai yang paling utama, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi hingga melangsingkan tubuh:

Menormalkan tekanan darah

Banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa daun teratai dapat membantu menstabilkan tekanan darah dengan sangat efektif. Khasiat utama daun teratai adalah untuk mengurangi lemak darah, menstabilkan gula darah, mengurangi lemak hati. Semua ini juga merupakan penyebab utama hipertensi karena ketika lemak darah tinggi, efeknya akan menghambat sirkulasi darah. Jika memungkinkan, konsumsi daun teratai yang masih segar karena kandungan Flavonnoid & polifenol masih alami.

Bantu tidur lebih baik

Daun lotus juga berkhasiat untuk meningkatkan kualitas tidur lebih baik. Bagi mereka yang menderita insomnia kronis, sulit tidur malam atau gelisah, daun lotus adalah salah satu obat alternatif yang efektif untuk mengatasinya. Daun teratai mengandung zat yang dapat menghambat sel-sel saraf di korteks, membantu meningkatkan kualitas tidur.

Mengobati demam berdarah

Demam berdarah adalah salah satu penyakit paling berbahaya yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti, jika tidak ditangani dengan segera dan benar dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Ketika ada seseorang terkena demam berdarah di rumah, Anda dapat menggunakan daun lotus untuk mempercepat penyembuhan.

Penurunan berat badan

Kandungan dalam daun teratai memiliki efek yang dapat menyehatkan fungsi limpa, mencegah pembentukan lemak melalui metabolisme, sehingga mengurangi lemak di perut. Teh daun teratai biasa digunakan untuk orang yang ingin mengurangi berat badan akibat makan terlalu banyak lemak dan tidak banyak bergerak. Daun teratai membantu mengatur lemak darah untuk mempercepat proses pengurangan lemak berlebih dan kolesterol dalam darah, sangat bermanfaat bagi orang gemuk dan ingin memiliki tubuh yang langsing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here