Beranda Kesehatan 5 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

5 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Kacang-kacangan dan biji-bijian
Sumber makanan dari biji-bijian

Makanan untuk diabetes biasanya jenis makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat sedikit. Secara umum, tidak ada jenis makanan yang dipantang bagi penderita diabetes. Namun, porsi asupannya saja yang dibatasi.

Oleh sebab itu, jangan cepat berputus asa ketika Anda mendapat vonis diabetes. Jangan pula merasa kehidupan ini menjadi pahit ketika Anda mendapat nasihat untuk mengurangi porsi makanan favorit. Memang, kenikmatan duniawi Anda terpaksa harus dikurangi sehubungan dengan dideritanya penyakit ini.

Akan tetapi, itu bukan berarti telah terjadi kiamat pada diri Anda. Pengaturan makanan untuk diabetes, yang harus dijalani memang dimaksudkan untuk mengendalikan kadar gula darah Anda.   

Makanan untuk Diabetes

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan makanan yang baik dikonsumsi penderita penyakit diabetes.

1. Sayur-mayur

Selain kaya serat, semua jenis sayuran memiliki kalori rendah. Jenis makanan yang kaya serat akan membuat perut Anda cepat merasa kenyang hingga bisa mengurangi asupan nasi.

2. Buah-buahan

Buah-buahan memiliki banyak kesamaan dengan sayur. Buah-buahan banyak mengandung serat, rendah lemak, dan rendah kalori. Selain itu, buah-buahan mengandung gula alami yang tidak akan membuat gula darah Anda melonjak naik dengan cepat. Namun, ada beberapa jenis buah yang tidak baik dikonsumsi penderita diabetes, misalnya durian.

3. Biji-bijian

Biji kacang kedelai atau kacang polong memiliki kadar serat yang akan membantu Anda merasa kenyang dalam waktu yang relatif lebih lama. Sementara itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber protein dan sumber lemak nabati yang berguna untuk kesehatan jantung.

Lemak nabati telah terbukti mampu mengurangi resistensi insulin. Dengan demikian, gula darah bisa lebih mudah dikontrol. Kacang-kacangan juga mengandung vitamin E dan magnesium. Keduanya dapat membantu mengatur gula darah Anda dan mengandung suatu antioksidan yang mampu melindungi sel-sel mata.

4. Olive Oil

Kandungan lemak yang dimiliki olive oil dipercaya sanggup membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi resistensi insulin hingga bisa membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

4. Sereal atau Oatmeal

Sereal atau oatmeal bisa digunakan sebagai menu sarapan sehat dan enak. Sereal juga mengandung serat tinggi yang baik dan bisa dijadikan sebagai sumber energi. Sereal atau oatmeal ini, selain menjadi makanan baik bagi penderita diabetes, cukup baik untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan sumber protein dan mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 terbukti baik untuk kesehatan jantung dan membantu menghindarkan diri dari kolesterol jahat.

Lazimnya, seseorang yang menderita penyakit diabetes akan memiliki kadar HDL (kolesterol baik) dalam jumlah yang sedikit. Mengonsumsi ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3, akan membantu mengurangi kolesterol jahat pada tubuhnya.

Meskipun demikian, olah raga teratur juga merupakan hal penting yang harus tetap dilakukan oleh tiap penderita diabetes. Setidaknya, biasakan untuk jalan-jalan pagi selama 1 atau 2 jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here