Beranda Lokal Minuman Bebas Alkohol Asli Indonesia yang Segar dan Menghangatkan

Minuman Bebas Alkohol Asli Indonesia yang Segar dan Menghangatkan

Minuman bebas alkohol
Ilustrasi minuman bebas alkohol

Di kalangan kaum sosialita, keberadaan minuman alkohol sudah seperti menjadi gaya hidup. Ketika salah satu bagian dari kaum sosialita tersebut mengonsumsi minuman bebas alkohol, kemungkinan untuk dianggap cupu oleh kalangannya akan sangat besar.

Minuman alkohol memang identik dengan kehidupan bebas. Terutama dalam hal pergaulan. Bagi orang-orang dengan gaya hidup seperti itu, minuman non alkohol ibarat minuman anak TK yang tidak pantas ada di tengah-tengah komunitas mereka. Terutama ketika berbicara tentang komunitas sosialita di bumi bagian barat.

Pernyataan ini sepertinya cukup diamini oleh beberapa orang. Terutama mereka yang memang “bermain” di wilayah itu. Entah kenapa, minuman alkohol memiliki nilai sosial yang jauh berada di bawan minuman non alkohol. Minuman alkohol seperti sudah secara otomatis menyiratkan ketidakbaikan pada siapapun yang mengonsumsinya.

Kesan buruk melekat pada siapapun yang secara sengaja mengonsumsi minuman beralkohol. Meskipun demikian, hal tersebut tidak lantas mengubah orang-orang tersebut untuk berhenti mengonsumsi minuman alkohol dan berpindah ke minuman non alkohol yang jelas-jelas jauh lebih menyehatkan. Minuman beralkohol sudah seperti gaya hidup.

Tapi tahukah Anda mengapa minuman alkohol sangat akrab dengan kehidupan masyarakat barat dibanding dengan minuman non alkohol? Di negara-negara barat, minuman alkohol populer sebenarnya karena didukung iklim yang dingin. Minuman alkohol dipercaya dapat menghangatkan badan.

Minuman Non Alkohol Khas Indonesia yang juga Menghangatkan

Lalu bagaimana dengan minuman alkohol di Indonesia? Di Indonesia, selain minuman alkohol tidak sesuai dengan iklim tropis, juga dilarang oleh agama. Iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia sebenarnya sangat cocok untuk minuman non alkohol. Seperti jus buah.

Di lapangan, keberadaan minuman alkohol nyatanya tetap marak, dan minuman non alkohol akan menjadi minuman yang “sangat biasa”. Alasannya hampir sama dengan orang-orang bule sana, untuk menghangatkan badan katanya. Tapi sadarkah Anda bahwa suhu di Indonesia tidak terlalu dingin dan masih bisa diatasi meskipun tidak dengan minuman beralkohol? 

Jika memang untuk menghangatkan tubuh, minuman non alkohol khas Indonesia juga bisa meng-cover hal tersebut. Tetapi akan berbeda jika alasan mengonsumsi minuman beralkohol karena ingin terlihat gaya atau gaul. Sebaiknya pikirkan kembali.

Minuman non alkohol khas Indonesia yang memiliki fungsi hampir sama dengan minuman alkohol juga cukup banyak. Minuman jenis ini akan menghangatkan tubuh saat udara dingin sekaligus menyehatkan. Selain itu, mengonsumsi minuman non alkohol khas Indonesia akan turut serta melestarikian budaya kuliner Indonesia. Dan yang pasti tidak akan menimbulkan efek samping selain ketagihan.

Aneka Minuman Non Alkohol Tradisional

Beberapa minuman non alkohol tradisional sangat populer di masyarakat Indonesia. Minuman-minuman tersebut sering disajikan dalam acara-acara resmi maupun acara santai.

Keberadaan minuman non alkohol khas Indonesia ini merupakan gambaran kekayaan kuliner khas Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara manapun. Ketika bahan-bahan untuk membuat minuman non alkohol ini mudah ditemui di luar negeri, bisa jadi keberadaan minuman alkohol mulai ditinggalkan ya? Selain berperan untuk menghangatkan, minuman non alkohol khas Indonesia ini juga ada yang menyegarkan.

1. Minuman Non Alkohol Menghangatkan Khas Indonesia – Bajigur

Bajigur adalah minuman non alkohol dari Jawa Barat yang bisa dijadikan pilihan saat udara tengah dingin. Rasanya manis dan legit karena dibuat dari gula aren dan santan. Sering pula ditambahkan kopi, garam, serta bubuk vanili. Di Bandung dan daerah Jawa Barat lainnya, bajigur sering dijual oleh pedagang menggunakan gerobak dorong.

Gerobak dilengkapi kompor sehingga minuman non alkohol dengan citarasa khas ini dapat selalu tersaji dalam keadaan hangat. Bajigur biasanya dijajakan dengan penganan lain, seperti pisang rebus, kacang rebus, ubi rebus dan getuk.

2. Minuman Non Alkohol Menghangatkan Khas Indonesia – Bandrek

Minuman non alkohol lain yang berasal dari Jawa Barat dan juga menghangatkan adalah bandrek. Minuman yang cocok dikonsumsi saat udara dingin ini terbuat dari jahe dan gula merah, serta tambahan rempah-rempah,seperti serai, merica, dan daun pandan.

Bandrek juga bisa dicampur dengan telur ayam kampung atau susu. Minuman non alkohol ini dipercaya dapat meredakan masalah di tenggorokan selain untuk menghangatkan badan. Paduan rempah-rempah yang pas dan khas menjadi kekuatan utama dari minuman yang satu ini.

3. Minuman Non Alkohol Menghangatkan Khas Indonesia – Wedang Jahe

Wedang berasal dari bahasa Jawa yang artinya ‘minuman hangat’. Maka dari itu, banyak varian wedang yang serupa tetapi tidak sama. Wedang jahe yang agak mirip dengan bandrek, misalnya. Sesuai namanya, wedang jahe terbuat dari jahe serta gula merah, gula pasir, kapulaga, cengkih, serai, dan merica hitam. Minuman non alkohol yang berasal dari tanah Jawa ini biasanya, ditambah daun pandan agar aromanya lebih nikmat.

4. Minuman Non Alkohol Menghangatkan Khas Indonesia – Wedang Ronde

Ada juga wedang ronde yang hampir sama dengan wedang jahe, namun ada bulatan kenyal warna-warni dari tepung ketan serta tambahan kacang tanah goreng. Minuman non alkohol menghangatkan ini biasanya dijual di gerobak, khas dengan mangkuknya yang terbuat dari porselen keramik motif bunga.

5. Minuman Non Alkohol Menghangatkan Khas Indonesia – Wedang Uwuh

Sementara wedang uwuh, terbuat dari serutan kayu secang kering, gula batu, jahe, daun kayu manis, daun dan batang cengkeh, daun pala, yang direbus dengan air. Selain itu, ada aneka wedang lain, seperti wedang secang, wedang tahu, wedang sereh, dan masih banyak minuman non alkohol lainnya yang menghangatkan.

6. Minuman Non Alkohol Menghangatkan Khas Indonesia – Bir Pletok

Meskipun namanya bir pletok, minuman khas Betawi ini termasuk dalam minuman non alkohol. Bahan dasarnya terdiri dari berbagai rempah-rempah, seperti jahe, daun pandan, serai, dan kayu secang untuk memberi warna merah. Semua bahan tersebut diseduh dengan air panas.

Minuman non alkohol yang satu ini sangat cocok diminum pada malam hari untuk menghangatkan badan. Nama pletok juga unik asal muasalnya. Pada masa penjajahan Belanda dan Jepang, tentara penjajah sering terlihat minum bir di pos penjagaannya.

Orang bertawi tidak mau kalah. Mereka membuat bir sendiri yang dimasukkan ke dalam bumbung bambu serta dicampur es batu. Ketika minuman dalam bumbung bambu dikocok dengan cara menggoyang-goyangnkan bambu, akan terdengan bunyi pletok-pletok sehingga minuman non alkohol tersebut dinamai bir pletok.

7. Minuman Non Alkohol Menyegarkan Khas Indonesia – Cendol

Indonesia tidak hanya memiliki minuman non alkohol yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh, tetapi juga menyegarkan tubuh. Adalah cendol sebagai salah satu minuman non alkohol yang menyegarkan.

Minuman non alkohol yang satu ini terbuat dari tepung beras, santan, gula dan es serut. Rasanya yang manis serta sensasi dingin yang menyegarkan menjadi keunggulan dari minuman yang satu ini. Sangat pas dikonsumsi saat cuaca sedang panas.

8. Minuman Non Alkohol Menyegarkan Khas Indonesia – Es Campur

Mendengar nama minuman non alkohol yang satu ini semua pasti sudah bisa membayangkan bagaimana bentuknya. Minuman non alkohol yang menyegarkan ini terbuat dari berbagai campuran bahan seperti kolang-kaling, agar, potongan buah alpukat, roti dan tape. Semua bahan tersebut dicampur dengan air gula, susu, serta es batu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here