Turunkan Berat Badan Cepat dengan Makan pada Waktu yang Tepat

Makan pada waktu yang tepat
Makan pada waktu yang tepat
Selain makan dan minum, manajemen stres atau berolahraga secara teratur, waktu makan juga memiliki pengaruh yang besar terhadap tubuh. Ada saat-saat yang dinamakan 'jam emas' untuk waktu makan agar tidak memengaruhi kenaikan berat badan. Jika hal ini dijadikan rutinitas kebiasaan sehari-hari, maka manfaatnya dapat mempertahankan berat tubuh ideal dan membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Sarapan: Dari jam 7 - 8 pagi

Setelah bangun tidur, Anda harus minum 1 gelas air untuk membersihkan tubuh, lalu makan sarapan selama sekitar 30 menit selanjutnya. Jam ini adalah waktu terbaik karena baru bangun tidur sepanjang malam, sistem pencernaan sedang sangat "lapar" dan akan mudah dalam menyerap makanan, membantu memiliki energi aktif sepanjang hari.

Secara paralel, Anda juga harus menghindari makan setelah jam 10 pagi. Karena pada saat ini, makanan akan berubah menjadi lemak, menumpuk, menyebabkan bertambahnya kenaikan berat badan. Makanan ideal untuk pagi hari adalah roti, oatmeal, pho dan sedikit makanan penutup dengan buah-buahan seperti apel, pisang, anggur.

Makan siang: jam 12 - 14

Makan siang hendaknya berselang sekitar 4 jam dari sarapan, dan paling cocok antara pukul 12:30 dan 14:00. Makan terlalu dini akan membuat perut terasa kembung, tidak terlalu enak dan akan cepat lapar nantinya. Perlu diperhatikan juga bahwa seseorang tidak boleh makan setelah jam 16.00. Jika lapar karena berolahraga, cukup isis perut dengan makanan ringan seperti ubi, sereal, pisang sebelum latihan sekitar 30 menit berikutnya.

Makan malam: 18:30 hingga 19:30

Makan malam yang ideal adalah sekitar pukul 18:30, tetapi jika mungkin Anda sibuk, bisa makan sedikit kemudian, tetapi pastikan tetap sebelum jam 9 malam. Sebaiknya, jangan makan malam terlalu larut karena setelah itu biasanya sudah waktunya tidur, sistem pencernaan tidak lagi bekerja secara efektif, yang justru dapat membuat tubuh mudah menumpuk lemak, menyebabkan penambahan berat badan. Idealnya, Anda harus makan malam sekitar 3 jam sebelum tidur. Jika tidak, banyak makanan yang dimakan akan diubah jadi lemak tubuh.

Menurut para ahli, saat makan malam, sebaiknya kita tidak mengonsumsi makanan berminyak. Sebagai gantinya, bisa meningkatkan asupan sayuran hijau yang kaya serat, umbi-umbian, dan buah-buahan. Sumber makanan tersebut sangat bagus untuk Anda yang ingin menjaga berat ideal dan menurunkan berat badan karena membantu secara aktif mendukung metabolisme tubuh di dalam.

Jangan Lewatkan


Tulis Komentar Sembunyikan Komentar

Disqus Comments