Beranda Kesehatan Cara Mengetahui Gejala Dini Penyakit Jantung dengan Es Batu

Cara Mengetahui Gejala Dini Penyakit Jantung dengan Es Batu

Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting peranannya tetapi justru yang jarang dirawat atau diperhatikan kesehatannya. Karena itu, banyak orang yang memiliki masalah di sekitar area jantung seringkali menganggapnya remeh,enggan memeriksakan keadaannya.

Jika ingin tahu apakah jantung Anda masih dalam kondisi sehat atau tidak, cobalah untuk mengikuti eksperimen singkat di bawah ini.

Langkah pertama untuk mengidentifikasi penyakit terkait masalah kardiovaskular atau jantung adalah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Ambil baskom yang cukup besar agar pas dengan kedua tangan saat mencelupkannya ke air dingin. Boleh ditambahkan sebanyak es batu yang dibutuhkan untuk hasil yang lebih baik.

Tes kesehatan jantung
Memasukkan es batu ke baskom

Langkah kedua mengetahui kemungkinan penyakit jantung yang dialami. Masukkan tangan Anda ke dalam air dengan es batu tadi selama 30 detik. Proses ini berguna untuk membantu mengetahui bagaimana darah Anda merespons air dingin.

Tes kesehatan jantung
Mencelupkan tangan ke baskom berisi air dingin

Hasil dari Pengujian Es Batu

Jari merah

Tes kesehatan jantung
Jari-jari berwarna merah

Jika jari Anda merah, itu merupakan kabar baik. Hal demikian berarti Anda tidak memiliki masalah terkait dengan oksigen dalam darah. Darah mengalir dengan mulus serta lancar di antara pembuluh darah dan juga jantung.

Jari-jari pucat dan sianosis

Tes kesehatan jantung
Jari-jari tangan berwarna kebiruan

Jika ujung jari menjadi tampak pucat atau sianosis (warna kebiruan), Anda mungkin mengalami masalah sirkulasi darah. Ini terjadi ketika sel darah merah memiliki kadar oksigen rendah, atau memiliki masalah ketika darah membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Dalam hal ini, Anda dapat menghangatkan atau memijat area tersebut sehingga kembali normal. Jika memungkinkan, kunjungi pusat medis yang kompeten untuk memastikan kesehatan Anda. Selain itu, juga harus segera memanggil layanan darurat jika tangan Anda berwarna kebiru-biruan disertai dengan tanda-tanda berikut:

  • Nafas terengah-engah
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Sakit dada
  • Keringat berlebihan
  • Mati rasa di lengan, kaki, jari tangan atau kaki
  • Pusing atau bahkan pingsan

Makanan alami baik untuk jantung

Beberapa makanan di bawah ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh ketika Anda mengalami hipoksia dalam darah:

  • Bawang putih: Mengurangi tekanan darah dan mengurangi vasokonstriksi
  • Coklat hitam: Seimbangkan tekanan darah dan melawan peradangan
  • Kayu Manis: Melawan penyakit jantung dan aterosklerosis
  • Alpukat: Mengurangi kadar kolesterol jahat dan membantu membersihkan arteri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here