Beranda Kesehatan Mau Panjang Umur dan Awet Muda? Cukup Praktekkan 9 Kebiasaan Ini

Mau Panjang Umur dan Awet Muda? Cukup Praktekkan 9 Kebiasaan Ini

Rahasia awet muda
Titiek Puspa masih kelihatan awet muda meski secara usia jelas sudah tua (Foto: Viva.co.id)

Rahasia Panjang Umur dan Awet Muda – Secara kodrati semua manusia yang hidup pasti akan mengalami penuaan pada usia-usia tertentu, tetapi intensitas penuaan tersebut bisa dihindari atau diperlambat. Misalnya wanita dikatakan memiliki hidup rata-rata hingga 81 tahun dan ini bahkan masih dapat diperpanjang dengan melakoni gaya hidup sehat melawan penyakit, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Penyakit kronis tidak hanya berakibat fatal, tetapi juga dapat mempercepat proses penuaan seseorang. Kamu bisa hidup lebih lama dan awet muda jika konsisten mempraktekkan beberapa kebiasaan baik yang bertujuan untuk membantu tubuh tetap sehat. Berikut sembilan cara tersebut diantaranya:

Tetap Aktif

Olahraga adalah kunci kesehatan yang universal. Jangan biasakan bermalas-malasan duduk diam menonton tv seharian. Berolahraga dan bergeraklah setiap hari. Kamu tidak harus menjadi penggemar olahraga atau menjadi atlet untuk menuai manfaatnya. Kegiatan sederhana, seperti jogging dan berjalan rutin di pagi hari sudah cukup untuk membantu menjaga kesehatan dan memperpanjang usia.

Berdiri

Pekerjaan yang kamu lakukan mungkin saja mengharuskan untuk tetap berada di depan komputer selama delapan jam sehari. Tidak disarankan seseorang duduk enam jam setiap hari karena ini dapat menyebabkan risiko kematian dini karena sebab apa pun. Turunkan risiko tersebut hingga 40% dengan berdiri dari duduk setiap tiga jam atau kurang.

Minumlah Satu Gelas Anggur Sehari

Alkohol tidak terlalu buruk seperti yang dibayangkan, asalkan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang atau tidak berlebihan. Satu gelas anggur dikatakan dapat menurunkan risiko kematian dini.

Berhenti Merokok

Meskipun kamu dapat minum segelas anggur setiap hari, merokok adalah sesuatu hal yang harus dihindari. Berhentilah sebelum kamu berusia 40 tahun untuk bisa hidup sekitar 10 tahun lebih lama daripada mereka yang memiliki kebiasaan merokok dalam hidupnya.

Makan Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang bisa membantu mengurangi peluang terkena penyakit jantung, paru-paru, kanker, dan diabetes. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa mengubah makan kacang menjadi kebiasaan sehari-hari dapat mengurangi risiko kematian dini hingga 20%.

Makan Sushi

Pernah bertanya-tanya mengapa wanita Jepang hidup lebih lama daripada orang lain di dunia? Para ahli berpikir ini bisa jadi karena bersumber dari apa yang mereka makan. Sushi adalah masakan favorit orang Jepang secara umum. Rata-rata kandungan makanan dalam sushi memiliki asam lemak omega-3 dan dapat menurunkan risiko kematian.

Makan Coklat Hitam

Jika kamu suka makan cokelat hitam, maka beruntunglah. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung. Sama seperti anggur, kamu cukup hanya makan cokelat hitam dalam jumlah sedang saja, sekitar dua porsi setiap minggunya.

Minum Teh Hijau Lebih Banyak

Minuman ini dikatakan sebagai salah satu yang paling sehat di dunia. Minum teh hijau tawar dikatakan dapat membantu menurunkan badan dan menjaga tubuh tetap sehat. Teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate, merupakan antioksidan yang dapat menghilangkan sekitar tiga pon dalam waktu 12 minggu.

Bersenang-senanglah

Lupakan stres di tempat kerja dan bahkan di rumah. Tersenyumlah lebih banyak dan lebih optimis. Menjadi bahagia adalah rahasia orang yang hidup lebih lama dibandingkan mereka yang selalu berpikiran negatif.

Meskipun penuaan adalah proses yang kompleks dan merupakan bagian dari kehidupan, kita sebenarnya dapat memperlambat proses tersebut melalui kebiasaan sehat yang disebutkan di atas. Semoga bermanfaat dan salam panjang umur…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here