Beranda Kesehatan Menu Makanan yang Baik untuk Diet, Dijamin Menyehatkan

Menu Makanan yang Baik untuk Diet, Dijamin Menyehatkan

Diet Pisang
Pisang matang buat diet

Ketika ingin berdiet, Ada kalanya kita bingung dengan menu makanan diet apa yang layak disantap. Jika demikian, maka Anda perlu membaca artikel berikut karena berbagai pilihan menu makanan diet di bawah ini tidak akan mengganggu program diet yang tengah Anda jalankan. Bahkan, patut dicoba karena juga menyehatkan.

Menu Sarapan

1. Pisang

Satu atau dua buah pisang sebagai sarapan sudah cukup mengenyangkan. Pisang juga mampu memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh. Kandungan potasium di dalam pisang dapat membuat detak jantung menjadi normal serta mengatur kadar air dalam tubuh agar seimbang.

Menyantap pisang di pagi hari juga sangat berguna untuk kelancaran buang air besar, karena mengandung banyak serat. Agar tidak bosan memakan pisang secara langsung, variasikan penyajian dengan mengiris pisang menjadi potongan yang kecil-kecil dan taburkan di atas sereal atau salad. Dijamin lebih nikmat dan menyehatkan.

2. Oat

Oat mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat, di antaranya serat, sumber karbohidrat kompleks yang mampu menyediakan cadangan energi dalam waktu lama, dan zat lain yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Jika bosan dengan oat yang diseduh dalam susu, buat saja oat yang ditaburi cookies rendah lemak. Bisa untuk sarapan dan juga bisa sebagai camilan sehat.

3. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk memperlancar sirkulasi darah. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan asupan gizi yang merata ke seluruh tubuh.

Menu Makan Siang

1. Nasi Merah

Nasi merah sedang booming. Banyak orang beramai-ramai mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah. Karena dibandingkan nasi putih, nasi merah mengandung lebih banyak serat, mengandung vitamin B yang lebih lengkap dan sifat karbohidratnya lebih lambat diserap. Akibatnya metabolisme tubuh akan lebih lancar dan Anda akan merasa kenyang lebih lama.

2. Steak

Kandungan protein dalam daging steak mampu menstabilkan kemampuan otot dalam membakar lemak. Santap steak bersama sayuran segar yang direbus, seperti wortel, buncis, dan brokoli.

3. Sambal

Sambal mengandung zat capsaicin yang mampu melepas hormon adrenalin yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar kalori. Untuk manfaat maksimal, pilihlah sambal asli ketimbang sambal yang dikemas dalam botol.

Menu Makan Malam

1. Ikan

Ikan merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang mampu memperkuat sistem peredaran darah. Masaklah ikan dengan cara merebusnya atau digoreng dengan olive oil yang baik untuk jantung.

2. Sayuran Hijau

Sayur bayam atau brokoli yang dikukus sangat baik untuk pelaku diet. Sayuran hijau ini kaya akan serat dan mengandung tak lebih dari 60 kalori dan bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.

Diet memang identik dengan upaya untuk menurunkan berat badan. Padahal arti diet tak sebatas hanya itu. Diet adalah upaya mengatur asupan nutrisi makanan agar tubuh menjadi sehat. Bonusnya memang berat badan berkurang. Itulah mengapa diet identik dengan menurunkan berat badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here