Beranda Kesehatan Makanan Ini Mengandung Kolesterol Tinggi, Bahaya Jika Berlebihan

Makanan Ini Mengandung Kolesterol Tinggi, Bahaya Jika Berlebihan

Makanan berkolesterol
Goreng-gorengan

Saat ini pengidap kolesterol tinggi terbilang cukup banyak akibat gaya hidup dan jenis makanan yang dikonsumsi. Kita ditawarkan oleh ragam makanan berlemak tinggi yang tersedia dimana-mana dan mudah mendapatkannya. Namun makanan yang berlemak sangat rentan mengandung kolesterol tinggi. Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol dapat berdampak mengidap penyakit jantung.

Banyaknya orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, baik tua maupun muda, membuat sebuah lembaga kesehatan di Amerika, National Cholesterol Education Program rajin melancarkan kampanye antikolesterol khususnya di kalangan muda. Kolesterol dapat dikendalikan dengan mudah tanpa obat-obatan, asal Anda mengurangi makanan-makanan berikut ini.

1. Gorengan

Ngemil gorengan memang asyik. Tapi hati-hati, gorengan biasanya dimasak pada suhu tinggi dalam jangka waktu yang lama, juga menggunakan minyak yang sudah dipakai berkali-kali.

Kondisi ini dapat meningkatkan kadar asam lemak trans di dalam gorengan tersebut. Buah-buahan segar bisa dijadikan camilan pengganti gorengan atau keripik buah yang tak kalah nikmat dengan gorengan.

2. Daging Merah

Daging merah termasuk produk makanan tinggi lemak. Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Yang termasuk daging merah adalah daging sapi, kambing, dan unggas. Dianjurkan mengganti daging merah dengan daging putih atau ikan yang minim lemak dan mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Daging Olahan

Daging olahan mengandung lemak jenuh. Apalagi kebanyakan dikemas dalam bentuk kaleng yang pastinya diberi pengawet. Sama seperti daging merah, daging olahan jika dikonsumsi dalam kadar yang banyak dan sering, bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Yang termasuk daging olahan adalah kornet, nugget, sosis dan lain-lain.

4. Susu

Hindari susu kental yang biasanya sudah ditambah dengan pemanis buatan. Susu seperti ini disebut susu full cream yang mengandung tinggi lemak jenuh. Susu beserta produk olahannya seperti es krim dan keju mengandung kolesterol tinggi. Usahakan mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu alami seperti susu kedelai.

Jika Anda sudah mengurangi makanan-makanan seperti disebut di atas, sebaiknya Anda juga membiasakan diri mengkonsumsi makanan antikolesterol seperti di bawah ini.

1. Bumbu Kari

Kandungan jinten, ketumbar dan jahe pada bumbu kari akan menghambat pembentukan lemak jenuh di dalam darah.

2. Minyak Zaitun

Olesan minyak zaitun pada roti tawar lebih baik daripada mengoles margarin yang mengandung lemak jenuh. Minyak zaitun mengandung zat penting yang mampu menurunkan kadar kolesterol.

3. Cabai

Di dalam cabai mengandung zat capcaisin yang mampu menurunkan tekanan darah sekaligus memangkas kadar kolesterol dalam darah.

4. Bawang Putih

Konsumsi bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 14% bila dikonsumsi teratur minimal selama 6 bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here