Organ Dalam Tubuh Manusia Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Organ tubuh manusia
Organ tubuh manusia

Tubuh kita terdiri dari triliunan makhluk hidup kecil yang disebut sel. Mereka bergabung membentuk jaringan, termasuk otot dan saraf. Kelompok-kelompok jaringan ini bekerja bersama membuat organ, seperti otak dan jantung Anda.

Pusat kendali (Otak)

Manusia perlu otak untuk bergerak dan berpikir. Tanpa itu, seluruh tubuh kita tidak bisa melakukan apa-apa sama sekali. Ibaratnya, otak adalah diri kita sendiri yang sedang mengendarai mobil.

Kerongkongan

Ketika udara dari napas melewati laring (atau kotak suara) kita, membran-membran di dalamnya akan bergetar. Hal ini akan menyebabkan timbulnya suara, sehingga kita dapat berbicara sesuai yang kita inginkan.

Napas dalam (Paru-paru)

Ketika kita menarik napas, paru-paru akan mengambil oksigen dari udara luar. Ketika kita mengeluarkan nafas, tubuh akan membuang gas limbah yang tidak kita butuhkan.

Memompa darah (Jantung)

Jantung adalah pompa utama yang mengirim darah ke seluruh tubuh kita dalam satu arah. Jantung senantiasa berdetak siang dan malam tanpa henti sedetik pun.

Pengolah Makanan (Hati)

Hati kita diibaratkan seperti pabrik mini: Mengambil makanan yang kita makan, memisahkan bagian yang baik dari yang buruk-buruk, kemudian mengirimkannya ke bagian tubuh yang benar.

Kita memiliki jumlah rambut yang hampir sama di tubuh milik simpanse.

Tahukah Kamu?

Pengumpul makanan (Lambung)

Perut diibaratkan adalah sebuah tas yang terbuat dari otot. Lapisan perut memproduksi bahan kimia yang dapat memecah makanan yang kita makan, sehingga tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Tabung kecil panjang melingkar (Usus)

Usus kecil kita mengambil sumber kebaikan dari makanan yang kita makan dan memasukkannya ke dalam darah sehingga dapat menyebar ke seluruh tubuh dengan lancar.

Pembuangan limbah (Kandung kemih)

Kandung kemih kita menyimpan urine, mengandung limbah yang harus dibuang oleh tubuh secara teratur. Kandung kemih ini akan semakin besar saat diisi, dan akan langsung dikosongkan saat kita pergi ke toilet.

Melihat lebih dekat sel

Sel lemak
Sel lemak yang sudah diperbesar 250 kali

Sel adalah materi mikroskopis (berukuran sangat kecil). Meski demikian, tanpa adanya sel, kita sendiri tak akan pernah ada. Ada banyak jenis sel yang membentuk bagian tubuh, seperti darah, tulang, otot, dan lemak. Sel lemak diperbesar 250 kali ukurannya dan terlihat berwarna ungu.

Leave a Comment