Beranda Kesehatan 10 Macam Penyakit yang Disebabkan Kelainan Genetik pada Manusia

10 Macam Penyakit yang Disebabkan Kelainan Genetik pada Manusia

Penyakit hipotiroid
Ilustrasi penderita penyakit hipotiroid

Setiap orang ingin memiliki tubuh yang sehat dan tidak terserang penyakit. Namun keinginan tersebut terkadang tidak tercapai lantara ada beberapa penyakit kelainan genetik pada manusia. Penyakit kelainan genetik? Ya, penyakit turunan dari orang tua kepada anaknya. Penyakit ini mau tidak mau kadang terkena pada keturunan.

Apakah Anda ingin tahu aneka penyakit kelainan genetik pada manusia? Artikel ini akan membeberkannya. Penulis akan mencantumkan persentasi seseorang bisa terkena penyakit kelainan genetik alias penyakit turunan. Bagaimana bisa terjadi? Gen dari orang tua hanya berperan sebagai pembawa sifat saja, namun penyakit tersebut bakal menampakkan diri pasca dipicu lingkungan dan gaya hidup (life style) seseorang.

Aneka Jenis Penyakit Kelainan Genetik

Ada banyak jenis penyakit kelainan genetik pada manusia. Di dalam artikel ini penulis paparkan 10 jenis saja.

Alergi

Hasil penelitian ilmiah menyatakan bahwa penyebab penyakit alergi, sebagian besarnya, berdasarkan faktor gen atau keturunan. Artinya, jika orang tua memiliki penyakit alergi, maka kemungkinan besar akan tertular kepada anaknya. Ada bermacam-macam reaksi dari penyakit alergi ini. Konon, kabarnya, beberapa reaksi penyakit alergi ini bisa mengancam hidup.
Pemicu munculnya alergi oleh alergan dapat berbentuk alergen hirup, makanan dan alergen suntikan. Namun yang biasa terjadi di masyarakat, ciri-ciri alerginya dengan cara bersin terus menerus tidak berhenti-henti, batuk-batuk, gatal-gatal dan lain sebagainya.

Kegemukan

Kegemukan atau yang biasa disebut dengan obesitas terjadi lantaran adanya penimbunan lemak pada diri seseorang secara berlebihan. Penderita obesitas sulit sekali mengontrol makannya. Dalam analisis penelitian ilmiah dihasilkan bahwa salah satu penyebab obesitas adalah faktor genitas atau keturunan. Ketika gen menurun maka akan menyebabakn fungsi penahan nafsu tidak mampu bekerja dengan baik.

Asma

Telah banyak terjadi bahwa asma adalah penyakit turunan yang membuat saluran pernapasan menyempit. Penyempitan saluran pernapasan tersebut memang sifatnya sementara dan penyebab utamanya adalah adanya peradangan pada saluran pernapasan. Paradangan tersebut yang menjadi penyebab saluran pernapasan beraksi dengan hiperaktivitas terhadap suatu rangsangan, misalnya debu, asap, polusi, udara dingin dan bulu binatang.

Dalam penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para pakar di Indonesia, bahwa 30% penderita asma disebabkan oleh faktor keturunan. Bahkan faktor ibu yang menderita penyakit asma lebih mudah tertular ke anak ketimbang faktor ayah yang menderita asma.

Buta Warna

Buta warna juga termasuk penyakit turunan. Penyakit buta warna adalah penyakit yang menyebabkan abnormal yang terjadi pada penglihatan seseorang. Hal ini disebabkan karena adanya sel-sel kerucut mata yang rusak, sehingga tidak dapat menangkap satu jenis warna tertentu. Salah satu penyebab penyakit buta warna adalah faktor keturunan atau gen.

Kanker Payudara

Meski penyakit kanker payudara ini lebih sering terdengar dan terjadi pada wanita, namun ada juga laki-laki yang terkena penyakit kanker payudara. Gejala penderit penyakit kanker payudara adalah kulit ataupun putting di payudara warnanya kemerah-merahan, bersisik dan terkadang menebal.

Tak hanya itu, di puting payudara akan keluar cairan. Bagi wanita, cairan tersebut bukan seperti ASI putihnya. Dan ciri yang paling kentara lagi terdapat benjolan di sekitar payudara. Untuk memastikan apakah itu kanker payudara atau bukan, maka bertanyalah lebih pasti kepada dokter.
Salah satu penyebab munculnya kanker payudara bisa terjadi karena kelainan genetik atau penyakit turunan.

Dalam dunia medis, kanker payudara terjadi karena adanya perubahan atau mutasi tertentu yang terjadi pada DNA sel payudara.

Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga termasuk sebagai salah satu penyakit kelainan genetik atau keturunan. Penyakit yang tekanan darah berada di atas normal ini sering tidak disadari gejalanya. Untuk mengetahuinya hanya dengan pengukuran tekanan darah. Penyakit ini tergolong berbahaya bila tidak cepat diobati. Ia bisa meningkat bisa menjadi penyakit stroke atau jantung.

Berdasarkan penelitian para ahli, hipertensi termasuk jenis penyakit kelainan genetik atau keturunan. Jika orang tua menderita hipertensi, maka kemungkinan anak juga bakal menderita. Meski persentase anak menderita penyakit hipertensi turunan tersebut hanya berkisah 15%.

Diabetes

Hampir setiap orang tahu, bahwa penyakit diabetes adalah penyakit turunan. Meski katanya, persentase anak menderita penyakit diabetes bila orang tuanya menderita penyakit yang sama hanya 15%-70%, namun kenyataan yang terjadi penyakit diabetes adalah penyakit turunan.
Bila si ibu atau si bapak saja yang terkena penyakit diabetes, maka hanya 15% seorang anak bisa terkena penyakit diabetes. Tapi bila kedua orang tua terkena penyakit diabetes maka 70% anak terkena penyakit diabetes.

Selain faktor penyakit kelainan genetik atau turunan, faktor lain yang menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes adalah kegemukan, malas berolahraga, dan pola makan yang tidak sehat.

Albino

Pernahkah Anda melihat sesorang yang memiliki kulit putih sekali, tapi bukan putih biasanya atau putihnya tidak wajar. Penyakit ini terjadi lantaran tidak ada atau hilangnya pigmen pada rambut, mata dan kulit penderita albino. Pigmen adalah zat warna yang dimiliki manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Dalam kajian para ahli, penyakit pigmen adalah penyakit yang disebabkan adanya kelainan genetik atau penyakit turunan dari orang tua. Dalam bahasa sederhana, anak yang menderita penyakit albino disebabkan lahir dari orang tua yang terganggu dalam hal produksi melaminnya. Namun seseorang bisa jadi tidak terkena penyakit albino, jika gen yang diturunkan oleh orang tuana hanya sebagai pembawa sifat.

Hipotiroid

Hipotiroid ini adalah penyakit turunan atau kelainan pada genetik. Ini terjadi di saat tubuh tidak mampu menghasilkan cukup hormon tiroksin. Penyakit ini lebih sering menyarang anak perempuan. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit hipotiroid ini terjadi kelelahan dan penurunan berat badan.
Bila ada ayah atau ibu yang terkena penyakit hipotiroid ini, maka anak bakal terkena penyakit ini juga dan bahkan lebih parah. Makanya, bila anak terindeksi penyakit ini dari sejak kecil masih bisa disembuhkan. Tapi bila sudah dewasa maka akan sulit.

Gangguan Bipolar

Penyakit gangguan bipolar adalah penyakit yang dipicu oleh stress. Adanya ketidakseimbangan zat kimia di otak atau bisa juga disebabkan keturunan. 15 % orang tua yang mengalami penyakit gangguan bipolar akan menular pada anaknya. Kondisi si anak sedang stress sama dengan kondisi orang tuanya.

Inilah aneka penyakit kelainan genetik pada manusia yang terjadi secara umum. Pada dasarnya, semua penyakit ini hampir dapat dipastikan tidak menjadi turunan bila olahraga secara rutin, makanan bergizi dan sehat. Hanya saja, terkadang manusia suka lupa bila sudah menjalani hidup ini. Bila ada uang suka lupa dengan kesehatan dengan memakan segala jenis makanan.

Bila sudah sibuk bekerja suka lupa dengan apa yang mesti dikonsumsi, lantaran lapar semua jenis makanan di makan. Inilah yang menyebabkan timbulnya penyakit. Semoga dengan ulasan kali, Anda bisa lebih mewaspdai dan lebih berhati-hati terhadap penyakit kelainan genetik ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here